Kacamata (Pxhere)

Di zaman seperti sekarang dimana gadget menjadi kebutuhan tiap orang, sepertinya sebagian besar orang sudah menggunakan kacamata karena matanya nggak berfungsi dengan sempurna. Mata minus lazim dialami oleh orang-orang yang sering melihat layar gadget sehingga kemampuan mata melihat objek yang jauh jadi berkurang. Nah, buat JB’ers yang memiliki mata normal dan nggak mau pakai kacamata, lebih baik lakukan 5 tips berikut ini untuk mencegah mata minus.

1. Atur jarak pandang antara mata dan layar gadget

Pakai gadget (Freegreatpicture)

Salah satu penyebab mata minus adalah karena kamu sering melihat objek dengan jarak yang sangat dekat. Kalau sering begitu, lensa matamu akan terbiasa dengan objek jarak dekat sehingga ketika melihat objek yang jauh jadi nggak maksimal. Atur jarak pandangmu terutama terhadap layar gadget. Usahakan objek berada minimal dua jengkal dari batang hidungmu.

2. Istirahatkan mata selama 15 menit

Ilustrasi istirahatkan mata (Insto)

Kalau setiap harinya kamu harus bekerja di depan layar komputer dan berjam-jam, ada baiknya kamu selalu sisihkan waktu sekitar 15 menit setiap jamnya untuk mengistirahatkan mata. Kamu bisa memejamkan mata atau melihat hal-hal lain selain layar gadget seperti melihat ke luar jendela, atau jalan-jalan di sekitar rumah kamu untuk melihat keadaan. Lakukan ini secara rutin agar kamu nggak harus pakai kacamata minus.

3. Lakukan senam mata

Mata (YouTube)

Agar nggak mudah lelah, kamu bisa melakukan senam mata untuk melatih otot mata kamu. Caranya adalah sebagai berikut.

– Menatap lurus ke depan.
– Arahkan pandangan ke atas secara perlahan dan pertahankan selama 10 detik.
– Arahkan kembali bola matamu ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
– Lakukan poin kedua dan ketiga untuk arah bawah, kanan, dan kiri.
– Setelah selesai semua, lakukan gerakan memutar bola matamu 360 derajat searah jarum jam sebanyak 2 kali.
– Arahkan bola matamu ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
– Kembali lakukan gerakan memutar bola matamu 360 derajat dengan arah sebaliknya.
– Istirahatkan dengan menutup mata dengan telapak tangan yang hangat.
– Lakukan secara rutin pagi dan sore hari.

4. Sering-sering melihat objek jauh dan berwarna hijau

Lihat pemandangan hijau (Ngadem)

Agar matamu nggak penat, cobalah untuk sering-sering melihat objek yang berwarna hijau alami seperti pepohonan, pemandangan alam, atau taman. Biasakan juga untuk melihat objek yang jauh untuk melatih otot mata. Setiap bulan sekali atau dua kali, kamu bisa luangkan waktu untuk pergi melihat pemandangan hijau itu. Lebih bagus lagi jika pemandangan hijau itu berada di dekat rumah kamu.

5. Latih mata dengan objek bergerak

Mobil-mobil di jalanan (Prepalband)

Melihat objek yang bergerak bisa melatih otot matamu dan membuatmu terhindar dari mata minus. Kamu bisa memandang kendaraan yang lalu lalang di jalan raya, melihat bola pingpong yang memantul-mantul, atau melihat pagelaran tari atau dance show secara langsung. Sambil menghibur diri, kamu juga bisa mencegah mata minus.

Mata minus bisa dihindari dan memang lebih baik apabila kamu menjaga kesehatan matamu mumpung masih muda biar nggak bergantung pada alat bantu seperti kacamata. Selamat mencoba! (tom)