Joker - The Dark Knight

Antagonis adalah lawan main dari protagonis. Yang jahat dilawan oleh yang baik. Ini terlihat biasa dalam sebuah cerita. Dan di dalam sebuah film, karakter antagonis begitu vital. Suatu material dasar yang umumnya ada di hampir semua film. Dan di sebagian besar film, somehow, sisi positif selalu bisa mengalahkan sisi negatif. Hal ini selalu jadi inti dari film. Namun, karakter ini selalu jadi pembeda antara film yg satu dengan yang lain.

Kadang lawan yang terlihat jelas, kadang teman yang berkhianat. Atau mungkin bisa juga yang lain. Inilah salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh peran antagonis. Peran yang di-anak emaskan. Maka boleh dibilang mereka yang bisa memainkan peran antagonis haruslah mereka yang memiliki kapabilitas memadai, tergantung kriteria cerita. Tapi, selalu saja ada peran antagonis yang berkesan. Ada saja mereka yang membuat emosi penonton jadi tak menentu. Ini yang hebat! Ada beberapa karakter antagonis yang menarik, yang menurut kami berperan lebih besar dibanding karakter protagonis itu sendiri.

Walaupun masih sedikit, selalu ada peran antagonis yang bisa memberi pengaruh besar dan mungkin masih diingat olehmu sampai sekarang. Berikut kami berikan beberapa contoh peran antagonis yang menurut kami memberikan pengaruh besar dalam film yang dimainkannya. Kami ambil dari film-film Hollywood saja karena mungkin film-film ini yang paling sering kamu tonton dewasa ini dan paling mudah dicari.

1. John Doe – Se7en

John Doe - Se7en
John Doe – Se7en

Ia berhasil membawa nilai-nilai essensial dalam agama serta kemanusiaan menjadi hal-hal yang terlihat kejam. Sebuah anti-klimaks dari fanatisme yang berlebihan membuat tokoh antagonis yang satu ini larut dalam dosa yang telah diketahuinya sebagai suatu hal yang fatal namun harus dijalaninya dengan sungguh-sungguh.

2. Keyser Soze – A Usual Suspects

Keyser Soze - A Usual Suspects
Keyser Soze – A Usual Suspects

Diceritakan di dalam filmnya, bahwa dialah otak dari segala kriminal di dunia. Ia merupakan sosok bengis dan kejam yang mampu melampiaskan amarahnya dengan luar biasa karena rasa dendam yang membara. Namun di akhir cerita, narasi memang bisa menjadi raja.

3. Darth Vader – Star Wars

Darth Vader - Star Wars
Darth Vader – Star Wars

Ketegangan dunia galaksi merupakan hal baru dalam suatu film pada saat itu. Dia adalah pemimpin yang menguasai imperium kegelapan. Sistem politik dari kudeta sampai aplikasi kebijakan yang diterapkan oleh “rakyat” dalam film ini merupakan konflik politik yang luar biasa.

4. Hannibal Lecter – The Silence of The Lambs

Hannibal Lecter - The Silence of The Lambs
Hannibal Lecter – The Silence of The Lambs

Dialah psikopat yang paling sukses diceritakan dalam suatu film. Jenius sekaligus brilian. Entah bagaimana mengambarkan kengerian sekaligus kejeniusan mengenai dirinya di dalam film ini. Yang pasti, Hannibal “the cannibal”  Lecter ini hanya tampil kurang lebih 17 menit dari durasi film yang mencapai 118 menit. Namun, efek kehadirannya selalu menyelimuti pemikiran penonton saat menyaksikan film ini.

5. Joker – The Dark Knight

Joker - The Dark Knight
Joker – The Dark Knight

Yup! Siapa lagi yang bisa membuat superhero menangis sampai-sampai merasa tertekan untuk ingin pensiun dini serta membuat satu negara bagian ketakutan? Hanya Joker seorang. Dia juga malah berhasil menciptakan karakter antagonis baru dalam film tersebut. Akting serta dialognya begitu seru untuk diperbincangkan, bahkan sampai sekarang.

Itulah beberapa contoh dari karakter antagonis yang menurut kami sukses memainkan emosi serta memberi pengaruh dalam suatu film. Jika kamu memiliki contoh karakter antagonis yang menurutmu bagus, silakan berbagi. Intinya, selamat mencoba menikmati film dari sudut pandang yang lain, sudut pandang kejahatan. 🙂