Eling Bening (Instagram)

Tak banyak tempat di Indonesia yang memiliki bentang alam sangat beragam seperti Semarang. Berada di pesisir utara provinsi Jawa Tengah, panorama laut yang indah bukanlah satu-satunya pesona alam yang memikat para pengunjung. Cara paling asyik untuk menikmati setiap sudut Semarang yang keren itu salah satunya lewat tempat-tempat makan atau kafe dengan view terbaik. Berikut ini adalah kafe atau restoran dengan pemandangan yang bikin kamu lupa pulang.

1. Joglo Agung Resto and Gallery

Joglo Agung Resto and Gallery (Instagram)

Apabila kamu sudah mulai jenuh dengan kebisingan di pusat kota, maka tempat yang satu ini sangat pas untuk sejenak bersantai sekaligus memuaskan hasrat kuliner kamu. Lokasi favorit pengunjung yang datang ke resto ini adalah area outdoor yang teduh di bawah naungan pohon cemara dengan pemandangan alam bebas yang menyejukkan. Alamat dari tempat makan ini adalah di Jl. Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang.

2. Eling Bening

Eling Bening (Instagram)

Daya tarik utama dari kawasan wisata yang sedang naik daun ini adalah karunia alam nan memesona sejauh mata memandang, berupa pepohonan rindang, hamparan sawah, perkebunan kopi, deretan pegunungan yang memanjakan mata, serta telaga Rawa Pening yang melegenda. Selain pesona alam yang memikat, kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kolam renang, area outbound, bumi perkemahan, playground anak, meeting room, hill tracking area, archery area, flying fox, serta kafe dan restoran. Alamatnya ada di Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

3. Lind’s Ice Cream Café & Resto

Lind’s Ice Cream Café & Resto (Instagram)

Suasana di dalam restoran yang terdiri dari 3 lantai ini terasa begitu romantis, jadi sangat cocok buat kamu yang hendak melewati malam berduaan dengan si dia. Apalagi begitu melangkahkan kaki keluar dari lift ke lantai 3, kamu akan langsung disambut oleh indahnya gemerlap lampu malam perkotaan Semarang dan langit yang bertabur bintang. Menu spesial di sini sudah pasti es krim homemade yang begitu lembut dan creamy. Mau? Langsung saja datang ke tempat yang beralamat di Jl. Papandayan No. 99, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah ini.

4. Kampung Laut Semarang

Kampung Laut Semarang (Instagram)

Sebagai kota yang berada di tepi laut, tentu kamu tak ingin melewatkan menyantap hidangan seafood yang segar sambil merasakan hembusan angin laut ketika liburan ke Semarang. Dengan bangunan yang didominasi dari unsur kayu beratapkan ilalang, saat makan di sini kamu seolah dibawa ke sebuah perkampungan nelayan tradisional, lengkap dengan dermaga dan perahu. Alamat tempat ini adalah di Komplek Puri Maerokoco, PRPP Jawa Tengah, Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pondok Kopi Umbul Sidomukti (Instagram)

Tempat nongkrong asyik ini terletak di lereng gunung, di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Rasanya seperti negeri di atas awan! Perpaduan antara hangat dan harumnya aroma kopi dengan udara pegunungan yang bersih dan sejuk tentu membuat segalanya tambah nikmat.Ada tiga area tempat duduk yang terdapat di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, yaitu di dalam ruangan, di teras, serta di halaman yang terbuka. Meskipun bernama pondok kopi, namun opsi minuman yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari bajigur hingga wedang jahe. Langsung saja datang ke pondok yang beralamat di Desa Sidomukti-Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.