Don't be Captious

Nggak Harus Langsung Kerja, Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Ini Setelah Lulus Kuliah untuk Bekal Masa Depan

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Dunia kerja memang nggak seindah dunia perkuliahan. Namun, setelah lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, memasuki dunia kerja adalah kewajiban yang nggak bisa kamu abaikan begitu saja. Tapi, bukan berarti kamu harus buru-buru mencari pekerjaan begitu lulus kuliah. Ada baiknya kamu melakukan 5 hal ini sebelum memasuki dunia kerja, untuk bekal masa depanmu sendiri.

1. Traveling keliling Indonesia

Ilustrasi keliling Indonesia (Lihat)

Ada baiknya saat kamu udah lulus kuliah, kamu puas-puasin untuk jalan-jalan keliling indonesia. Kamu bisa lihat dunia yang selama ini nggak pernah kamu kunjungi, dan perhatikan betapa indahnya alam Indonesia ini. Selain kamu bisa melihat luasnya dunia dan belajar untuk bersyukur, mentalmu akan semakin tangguh sebelum memasuki dunia kerja yang baru. Mumpung masih belum kerja, sebaiknya gunakan waktu ini sebaik-baiknya, karena jika sudah kerja belum tentu memiliki waktu untuk traveling.

2. Temui teman-teman lama

Ilustrasi teman lama (Newbostonpost)

Menghubungi teman-teman lamamu dan kembali menjalin silaturahmi adalah hal yang sangat menarik. Selain bisa mengobati rindu, kamu juga bisa bernostalgia tentang masa-masa dulu. Bonusnya, kalian bisa saling diskusi dan sharing dengan pengalaman masing-masing. Siapa tahu hal ini justru membukakan jalan rezekimu untuk bertemu jodoh ataupun mendapatkan pekerjaan yang kamu sukai.

3. Rajin ikut seminar

Seminar (Edvanmkautsar)

Banyak seminar-seminar pengembangan diri tentang leadership yang bisa kamu coba ikuti. Dari mulai tentang bisnis, kuliner, entertaiment, dan lain-lain. Ini sebenarnya bisa menjadi modal usaha kamu untuk lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya. Selain itu bisa nambah-nambah pengalaman kamu di CV juga. Dan semakin banyak kegiatan positif yang kamu lakukan, makin terbuka lebar kesempatan mendapat pekerjaan yang kamu impikan.

4. Coba-coba buka usaha

Ilustrasi buka usaha online (Marketeers)

Kamu tahu Bob Sadino? Dia adalah seorang pengusaha sukses kebanggaan indonesia. Saat beliau lulus sekolah, beliau langsung memulai karir sebagai pedagang, dan sekarang beliau termasuk orang sukses di Indonesia karena kegigihannya dalam berdagang. Nah, buat kamu yang baru lulus kuliah, bisa mulai memikirkan mau buka usaha apa. Nggak perlu yang besar, cukup kecil-kecilan saja. Siapa tahu dari kecil itu bisa tumbuh menjadi besar. Bukan nggak mungkin kamu bisa lebih dulu sukses daripada teman-temanmu sesama fresh graduate.

5. Nikmati momen bersama keluarga

Kumpul keluarga (Nelyauliaa)

Keluarga adalah bagian terpenting dalam hidup kita. Tanpa kamu sadari saat kamu sedang asik kuliah kamu mengabaikan mereka yang setiap hari selalu setia mendoakanmu, sedangkan kamu hanya sibuk dengan perkuliahan. Nah, inilah saatnya kamu meluangkan waktu bersama mereka. Berikan waktu terbaikmu kepada mereka sebelum kamu masuk dunia kerja dan jadi semakin sibuk nantinya.

Nah, itulah yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah sebelum memasuki dunia kerja. Siapa tahu dengan melakukan itu justru karier kamu malah jadi semakin mudah dijalani. Sukses terus ya untuk JB’ers. (tom)

Latest article