Scuba Diving (scubadiverlife.com)

Diving menjadi salah satu kegiatan dalam air yang paling banyak dilakukan saat sedang berwisata ke laut. Berbeda dengan snorkeling yang hanya sebatas melihat pemandangan di atas permukaan air laut sekitar tiga hingga lima meter, diving merupakan kegiatan menyelam ke dalam laut yang bisa mencapai hingga sepuluh meter lebih sehingga kamu membutuhkan tabung oksigen serta berbagai macam perlengkapan diving yang lengkap. Untuk dapat melakukan diving memang tak bisa sembarangan karena biasanya ada pemandu yang akan membantu kamu menyelam. Sebelum melakukan diving, ada lima isyarat tangan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa memahami dan memberi isyarat kepada pemandu. Yuk, langsung lihat ada isyarat tangan apa saja yang penting untuk kamu ketahui!

1. Menyatukan Ibu Jari dan Telunjuk

Membentuk Huruf O (www.visitastypalea.com)

Isyarat yang satu ini paling sering digunakan oleh para pemandu dan juga penyelam. Kamu cukup menyatukan ibu jari dengan telunjuk seolah membentuk huruf O. Pemandu atau instruktur akan menggunakan tanda ini untuk memberitahu situasi di dalam air kepada penyelam apakah aman untuk menyelam atau tidak. Sementara bagi penyelam, isyarat ini digunakan untuk memberitahu instruktur kalau kamu dalam keadaan baik-baik saja sehingga kegiatan diving bisa terus dilanjutkan.

2. Mengepalkan Tangan dan Mengacungkan Ibu Jari

Mengacungkan Ibu Jari (www.scubalibrevaradero.co)

Isyarat ini sering disalahartikan oleh para penyelam. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memahami isyarat mengepalkan tangan dan mengacungkan ibu jari ini. Untuk isyarat ini terbagi menjadi dua, yakni mengepalkan tangan dan mengacungkan ibu jari ke atas yang menandakan kalau penyelam harus segera naik ke atas permukaan air karena keadaan sedang tidak baik. Sementara jika tangan mengepal dan mengacungkan ibu jari ke bawah, maka tandanya kamu bisa menyelam untuk lebih dalam lagi. Biasanya ada alam bawah laut yang lebih banyak untuk dieksplore.

3. Meletakkan Telapak Tangan Vertikal di Bawah Telapak Tangan Horizontal

Meletakkan Telapak Tangan Vertikal (shuttershock.com)

Bila instruktur kamu memberikan tanda dengan meletakkan telapak tangan secara vertikal di bawah telapak tangan lainnya yang diletakkan secara horizontal, itu tandanya kamu harus berhenti sebentar untuk mengikuti arahan dari instruktur. Biasanya isyarat ini sering diikuti dengan isyarat tangan lainnya yang menyuruh kamu untuk berhenti menyelam lebih dalam dan naik ke atas permukaan.

4. Menggerakkan Telapak Tangan di Leher

Menggerakkan Telapak Tangan di Leher (shuttershock.com)

Isyarat tangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena ketika oksigen yang kamu bawa ketika menyelam ternyata habis, maka kamu harus segera memberikan tanda dengan menggerakkan telapak tangan di leher secara berulang-ulang kepada teman menyelam atau instruktur kamu. Setelah melihat isyarat ini, biasanya mereka akan memberikan selang oksigen sementara untuk kamu hirup sebentar dan membantu kamu untuk naik ke atas permukaan air dengan cepat karena akan berbahaya jika kamu terus berada di dalam air.

5. Memeluk Tubuh dengan Kedua Tangan

Memeluk Badan (blog.reservasi.com)

Terakhir ada isyarat tangan dengan cara memeluk tubuh dengan kedua tangan atau meletakkan kedua lengan secara bertumpuk di atas dada. Ini tandanya kalau tubuh kamu mulai kedinginan karena semakin dalam kamu menyelam, maka suhu udara di bawah air akan semakin dingin. Ada beberapa orang yang tahan untuk berlama-lama dengan suhu yang dingin dan ada yang tidak. Jika kamu merasa tubuh kamu sudah mulai dingin, maka langsung berikan isyarat ini pada instruktur atau teman menyelammu.

Sekarang kamu sudah tahu khan JB’ers isyarat-isyarat tangan apa saja yang harus kamu pelajari ketika akan melakukan diving. Selamat diving JB’ers! (jow)