Merapi Park di Yogyakarta (@chandraant)

Liburan ke luar negeri menjadi idaman banyak orang, apalagi jika liburannya ke negara-negara Eropa yang terkenal romantis dan indah. Bagi masyarakat Indonesia, liburan ke Eropa bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk diwujudkan karena biaya yang dikeluarkan bisa sangat menguras isi tabungan. Semurah-murahnya biaya perjalanan ala backpacker ke negera-negara Eropa, totalnya bisa menyamai biaya membeli sepeda motor keluaran terbaru. Ibarat peribahasa ‘Tak ada rotan, akar pun jadi’, di Indonesia ternyata ada spotspot wisata yang sengaja dibuat dengan suasana dan design yang mirip dengan destinasi liburan di negara-negara Eropa loh JB’ers. Jadi kalau dana yang kamu kumpulkan masih belum cukup untuk membiayai liburan ke Eropa, kamu bisa datang dulu ke sini!

1. Kota Mini di Lembang

Kota Mini di Lembang (@ichifirdaus)

Spot wisata ala Eropa yang pertama adalah Kota Mini yang berlokasi di kawasan Floating Market, Lembang-Bandung. Kota Mini sengaja didesain mirip dengan kota-kota yang ada di negara Eropa lengkap dengan perumahan, pemadam kebakaran, rumah sakit, kafe, dan lain sebagainya. Untuk dapat merasakan sensasi liburan ala Eropa, kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 saja untuk weekdays dan Rp 20.000 untuk weekend atau hari libur. Sementara untuk menyewa kostum tradisional Eropa, kamu harus merogoh kocek Rp 75.000 per jamnya. Kota Mini Lembang buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

2. Little Venice di Cipanas

Little Venice di Puncak (@meilia_indah)

Pernah mendambakan liburan di kota air Venesia yang ada di Italia? Venesia dikenal sebagai kota di atas air yang keberadaannya selalu masuk dalam daftar list salah satu kota berlibur terfavorit di Eropa. JB’ers tak perlu jauh-jauh ke Venesia untuk merasakan keliling kota naik perahu dengan suasana romantis, karena kamu juga bisa berkeliling kota naik perahu di Little Venice Cipanas. Lokasi wisata ini masih berada di Kota Bunga yang beralamat di Jalan Hanjawar Pacet, Desa Batulawang, Cipanas-Jawa Barat. Tiket masuk yang harus kamu keluarkan hanya Rp 25.000 saja. Tapi jika kamu ingin naik perahu gondola, kamu harus menyewanya Rp 15.000 per orang.

3. Museum Angkut di Batu

Museum Angkut (Merna Arini)

Ingin keliling Eropa sambil melihat koleksi mobil-mobil keren? Kamu bisa datang ke Museum Angkut yang berlokasi di Kota Wisata Batu, Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kota Batu-Jawa Timur. Di Museum Angkut, kamu tak hanya bisa melihat koleksi berbagai macam kendaraan di dunia, tapi kamu juga akan diajak berkeliling Eropa seperti Perancis, Italia, hingga Inggris. Tempat terfavorit di sini adalah Buckingham Palace yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Untuk dapat berlibur di Museum Angkut, tiket masuk yang dikenakan seharga Rp 70.000 pada weekdays dan Rp 80.000 pada saat weekend. Wisata ini dibuka mulai pukul 12.00 hingga 20.00.

4. Merapi Park di Yogyakarta

Merapi Park Yogyakarta (@outdoor.people.adventure)

Ingin merasakan rasanya keliling dunia dalam waktu satu hari? Kamu bisa mampir ke Merapi Park yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 22, Hargobinangun, Sleman-Yogyakarta. Di sini kamu bisa merasakan seperti sedang liburan di negara-negara Eropa karena ada macam-macam miniatur yang menjadi ikon negara Eropa seperti Menara Eiffel, Big Ben, kincir angin Molen De Gooyer, hingga Menara Pisa. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 saja, kamu sudah bisa mengitari tempat wisata ini. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00 hingga 16.30 setiap hari, tapi hari Selasa tutup.

5. Little Europe di Lampung

Little Europe di Lampung (@santisilviana)

Liburan ala Eropa tak hanya bisa kamu jumpai di kota-kota yang ada di Pulau Jawa saja, tapi juga bisa kamu jumpai di bagian selatan Pulau  Sumatera, tepatnya di Lampung. Ada sebuah spot wisata unik ala Eropa yang tak kalah menariknya untuk kamu kunjungi. Spot wisata tersebut bernama Little Europe yang ada di area Citra Garden yang beralamat di Jalan Walter Mongonsidi, Teluk Betung-Lampung. Sesuai dengan namanya, Little Europe menawarkan suasana wisata ala negara-negara Eropa yang sengaja dibuat dengan bentuk mini. Tidak ada harga tiket masuk yang dikenakan, hanya saja, kamu harus membeli makanan atau minuman yang ada di gerai kuliner di sana ya JB’ers!

Kelima tempat wisata di atas, nggak kalah kerennya bukan dengan tempat wisata yang ada di negara-negara Eropa? (jow)