Singapura (Pixabay)

Mendekati akhir tahun, biasanya yang dilakukan oleh anak-anak muda adalah bepergian alias traveling. Ada yang traveling di dalam negeri, ada juga yang malah ke luar negeri dan menikmati tahun baru di negara lain. Salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit anak muda adalah Singapura. Tak sedikit yang menganggap bahwa traveling ke Singapura memakan biaya yang besar. Hal inilah yang membuat mereka enggan untuk traveling ke Singapura. Padahal, ada cara untuk bisa traveling ke Singapura dengan budget Rp 2 jutaan. Penasaran? Begini caranya.

Tiket murah ke Singapura (Liburmulu)

Yang pertama dan utama tentu saja mencari tiket pesawat murah. Karena Singapura adalah salah satu tujuan luar negeri populer dari Indonesia, jadi ada cukup banyak maskapai yang memberikan tarif tiket promo untuk terbang ke Singapura. Kamu bisa mencari tiket pesawatnya di bulan-bulan termurah, bukan nggak mungkin kalian bisa mendapatkan tiket promo ke Singapura seharga sekitar Rp 700 ribuan. Malah kalau beruntung kamu bisa dapat tiket promo kursi gratis dari salah satu maskapai di Indonesia.

Hotel kapsul (Wikimedia)

Kedua adalah masalah tempat menginap atau hotel. Jika kalian jeli dalam mencari, ada banyak penginapan, hotel atau bahkan hostel dengan harga murah di Singapura. Biasanya hostel murah ini berada di China Town, atau Little India. Jangan malas juga untuk membandingkan harga hotel di setiap online travel agent yang sekarang ini kian menjamur. Kalau jeli, pasti kalian bisa dapat penginapan, hotel atau hostel dengan harga termurah di Singapura. Kamu bisa juga menginap di hotel kapsul, yang tentunya lebih murah dibandingkan hotel biasa.

Singapore Tourist Pass (Instagram)

Sesampainya di Singapura, kamu bisa menggunakan Singapore Tourist Pass. Di Singapura itu transportasi umum sudah berjalan dengan sangat baik. Jadi untuk keliling Singapura dengan harga yang murah itu bukan menjadi masalah. Biaya perjalanan berkeliling Singapura dengan naik MRT itu adalah sekitar SGD 0.78 hingga SGD 2.28 (sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu) jika menggunakan EZ Link Card.

Makanan Singapura (Liburmulu)

Selain jalan-jalan, tentunya kamu juga butuh makan di Singapura. Meski Singapura ini dibilang negara mahal, untuk urusan makan-makan, harganya sebelas-dua-belas dengan Jakarta. Harga makanan disini berkisar antara SGD 2 sampai SGD 10 (sekitar Rp 18 ribu sampai Rp 90 ribu) untuk harga makanan di foodcourt. Biasanya makanan India adalah pemegang rekor dengan harga termurah. Kalau beruntung kalian bisa mencicipi Masala dengan harga SGD 2 atau kurang dari Rp 20 ribu dengan porsi yang besar. Di Jakarta, sekali makan kalian bisa habis Rp 50 ribu.

Orchard Road (Liburmulu)

Mengenai tempat wisata, memang sebagian besar tujuan wisata di Singapura adalah berbayar, namun bukan tidak mungkin ada wisata gratis di Singapura. Kamu berjalan kaki di sepanjang Orchard Road, berkunjung ke Singapore Botanical Garden, atau menikmati pertunjukan laser malam hari di Marina Bay. Selain tempat gratis, sesekali kamu bisa mengunjungi tempat wisata berbayar, asal budget tetap cukup.

Oleh-oleh dari Singapura (Liburmulu)

Terakhir, biasanya saat kamu bepergian, ada saja yang minta oleh-oleh, atau kamu inisiatif untuk membeli oleh-oleh buat orang tercinta. Sebenarnya hal ini nggak wajib, namun jika kamu ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa belanja di China Town, Bugis atau Mustafa Centre yang ada di dekat Little India. Di sana, kamu bisa beli kaos atau gantungan kunci yang murah-meriah seharga sekitar SGD 10 atau sekitar Rp 90 ribu untuk 3 kaos atau satu set gantungan kunci. Maksimal budget untuk oleh-oleh bisa kamu sisihkan sekitar Rp 500 ribu.

Jika semua biaya di atas ditotal, kurang lebih totalnya adalah Rp 1.950.000, atau kurang dari Rp 2 juta. Nominal itu bisa saja bertambah, tergantung kebutuhan kamu, namun tetap saja angka itu nggak akan jauh berbeda. Jadi, bukan nggak mungkin jika kamu bisa traveling ke Singapura dengan budget Rp 2 juta, dengan catatan kamu liburan di Singapura selama 3 hari 2 malam. Selamat berlibur JB’ers! (tom)