Karier Cemerlang (Pexels)

JB’ers sebentar lagi wisuda, lulus kuliah tapi bingung mau kerja ke mana agar bisa jadi orang sukses. Atau mungkin kamu sudah kerja tapi belum dapat posisi yang cemerlang sesuai yang diharapkan? Intinya, kamu harus kembangkan kemampuan softskill dan hardskill kamu. Dan sebelum menguasai keahlian-keahlian tersebut kamu juga perlu perhatikan beberapa tips berikut ini agar meraih karier cemerlang ala zaman now.

1. Harus punya visi Misi

Visi Misi (Pexels)

Memasuki usia yang sudah terbilang dewasa, kamu mesti tentukan visi dan misi untuk diri kamu pribadi. Kamu mau jadi apa, kamu mau berbuat apa, kamu ingin pekerjaan yang seperti apa. Misalnya, kamu bercita-cita dan mempunyai visi dan misi ingin membantu banyak orang, yang tidak mampu atau anak-anak yang membutuhkan pendidikan tapi tak punya biaya. Atau mungkin kamu ingin menduduki posisi tertinggi di sebuah perusahaan BUMN. Buatlah visi dan misi setinggi mungkin ya JB’ers.

 

2. Temukan passion yang tepat dalam diri

Karier Cemerlang (Pexels)

Beriring dengan visi misi, kamu juga sambil bertanya pada diri sendiri, apa passion kamu. Kamu sukanya di bidang apa? Kamu kemampuannya lebih ke bidang yang mana? Kamu merasa nyaman dan bisa kerja kalau ada di bidang apa. Misal kamu adalah seorang yang menyukai anak-anak, maka ada baiknya kamu bekerja di bidang pendidikan dan pengembangan diri anak misalnya. Mengajar sekolah TK atau mengembangkan sebuah lembaga sosial khusus anak-anak.

 

3. Punya strategi buat menuju visi tersebut

Strategi berkarier (Pexels)

Nah, jika kamu sudah tetapkan apa visi misi kamu, dan apa passion kamu. Sekarang waktunya, kamu tentukan strategi untuk merealisasikan cita-cita kamu JB’ers. Jika kamu bercita-cita membantu orang banyak. Maka langkah paling jitu dan realistis untuk mewujudkannya adalah dengan berkecimpung di perusahaan sosial. Atau mungkin kamu bisa kejar posisi bidang CSR (Corporate Social Responbility) di perusahaan swasta atau BUMN.

 

4. Kepribadian positif

Berpikir positif (Pexels)

Untuk bisa mewujudkan visi misi dan dapat kerjaan sesuai passion kamu, ada hal lain yang harus kamu perhatikan. Yakni jaga good attitude, kepribadian yang positif, serta kecerdasan emosi yang baik. Setiap orang pasti akan mendapat berbagai tantangan dan masalah dalam setiap tugas dan pekerjaannya. Nah di sini lah, kamu diuji, apakah kamu akan tetap menjadi orang yang menjalankan kerjaan dengan baik dan tetap berpikir positif karena kamu punya kecerdasan emosi yang baik. Jika kamu tetap positif, artinya tantangan dan masalah di kerjaan kamu bisa selesai, dan target kerjaanmu berhasil. Jika tidak menjalankan dengan positif, emosi yang tidak terkontrol, maka kerjaanmu malah akan kacau. Camkan hal ini ya, JB’ers 🙂

 

5. Social Skill yang Baik

Social skill (Pexels)

Nah, jika pengetahuan, emosi, dan skill personal kamu sudah baik. Ada satu lagi yang harus kamu kembangkan dalam diri kamu, yakni menjalin jaringan sebanyak-sebanyaknya. Mencari teman sebanyak mungkin, karena itu peluang bagi kamu untuk melebarkan sayap karirmu. Jalinlah persahabatan dengan banyak orang, bukan memperbanyak musuh. Ada pepatah bilang, “1 musuh terlalu banyak, 1.000 teman terasa kurang.”

So, jika kelima hal di atas, sudah ditanamkan di diri JB’ers, dijamin karier kamu bisa cemerlang. Terus berusaha dan berusaha. Karena masa depanmu, kamu sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Masa depan milik mereka yang bermimpi tinggi dan mewujudkannya dengan kerja keras.

(rei)