Event Tahun Baru di Indonesia (hotel.indonesia-tourism.com)

Pergantian tahun menjadi momen yang paling dinanti-nantikan karena kamu akan meninggalkan kenangan-kenangan lama dan menyambut tahun yang baru dengan resolusi hidup yang baru. Momen pergantian tahun selalu semarak di berbagai negara dan kebanyakan selalu dirayakan bersama-sama, baik itu dengan pacar, sahabat, kerabat dekat, maupun keluarga. Sebelum menjelang pergantian tahun pada tanggal 31 Desember 2017, biasanya orang akan mengambil cuti atau rehat dari kegiatan sehari-hari untuk pergi berlibur. Tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk merayakan tahun baru yang meriah karena di Indonesia, ada lima event akhir tahun terkeren yang digelar oleh kota-kota wisata terpopuler di Indonesia, yaitu:

1. Borobudur Nite

Borobudur Nite (blog.reservasi.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Candi Borobudur menjadi candi terbesar yang ada di dunia. Tak heran jika candi ini selalu padat dipenuhi pengunjung lokal maupun mancanegara yang penasaran seperti apa bentuk dan rupa candi yang fenomenal ini. Setiap tahunnya, pihak pengelola candi selalu mengadakan event akhir tahun yang diberinama Borobudur Nite. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Borobudur Nite menyajikan pagelaran musik, seni dan budaya, serta pastinya penerbangan ribuan lampion yang spektakuler. Pemandangan cahaya-cahaya lampion yang diterbangkan bisa membuat momen tahun baru kamu akan terasa sangat istimewa.

2. Denpasar Festival

Denpasar Festival (triptrus.com)

Pulau Dewata memang tak akan pernah mengecewakan para traveler dengan beragam tempat wisata, kuliner, dan adat budayanya. Setiap akhir tahun, Bali selalu mengadakan event Denpasar Festival yang sangat meriah. Pada pergantian tahun 2018, Denpasar Festival yang akan digelar di Kawasan Catur Muka, Jalan Gajah Mada ini akan menyajikan beragam kegiatan menarik seperti parade, pameran, pertunjukan seni dan budaya, hingga bazar kuliner. Nggak kebayang khan JB’ers meriahnya seperti apa. Denpasar Festival dilaksanakan mulai tanggal 28-31 Desember 2017.

3. Festival Semarak Tahun Baru Raja Ampat

Festival Semarak Tahun Baru Raja Ampat (lensatimur.com)

Berwisata ke Raja Ampat menjadi idaman masyarakat Indonesia karena tempat ini memiliki pemandangan laut yang super indah. Acara tahun baru yang diadakan pemerintah Raja Ampat memang sudah masuk dalam agenda event menarik tahunan Raja Ampat selama tahun 2017, mulai dari Wisata Bahari, Festival Suling Tambur, dan masih banyak lagi. Pada pergantian tahun 2016 yang lalu, acara tahun baru di Raja Ampat sempat dimeriahkan oleh kedatangan Bapak Presiden Joko Widodo. Kalau untuk tahun ini, masih belum diberitahu siapakah tokoh nasional yang akan datang. Event Festival Semarak Tahun Baru Raja Ampat ini digelar mulai tanggal 30-31 Desember 2017.

4. Pesta Kembang Api Jembatan Ampera

Pesta Kembang Api Jembatan Ampera (flickr.com)

Tahun baru sangat identik dengan pesta kembang api. Hal inilah yang membuat pemerintah kota Palembang selalu mengadakan pesta kembang api yang dilakukan tepat di atas Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota pempek tersebut. Event tahunan ini sangat cocok untuk didatangi bersama dengan pasangan karena suasananya sangat romantis sekali. Bagi kamu yang baru sekali datang ke pesta kembang api di Jembatan Ampera ini, disarankan untuk memarkir kendaraan agak jauh dari lokasi dan berjalan kaki menuju lokasi karena antusias masyarakat yang tinggi sehingga kamu pasti akan kesulitan untuk pulang dari tempat tersebut jika memarkir kendaraan di dekat Jembatan Ampera.

5. Lovely December Toraja

Lovely December Toraja (jelajahtoraja.blogspot.co.id)

Lovely Toraja atau yang lebih dikenal dengan nama Lovely December Toraja merupakan event tahunan yang diadakan pemerintah Toraja dalam rangka menyambut pergantian tahun. Tahun ini, event Lovely December diadakan mulai tanggal 26-30 Desember 2017 di Toraja Utara. Dengan mengangkat tema ‘Unforgetable Heavenly Experience’, kamu bisa menikmati festival seni dan budaya, festival kerbau, karnaval budaya, hingga festival kembang api untuk menutup pergantian tahun.

Semoga nantinya momen liburan akhir tahun kamu jadi lebih istimewa dengan mengunjungi salah satu event di atas. (jow)