Mau Melamar Kekasih Hati? Ketahui Dulu Urutan Prosesi Lamaran Biar Nggak Bingung

Sebelum menuju proses pernikahan, tentunya tiap pasangan harus melalui tahap lamaran terlebih dulu. Tentunya, kamu yang cowok sudah mengutarakan isi hati lebih dulu kepada pasangan yang kamu pilih untuk menjadi istrimu kelak. Jika dia mengiyakan, maka prosesi lamaran secara formal dengan mempertemukan kedua keluarga adalah acara yang selanjutnya digelar. Nah, buat kamu yang akan menuju prosesi lamaran namun bingung seperti apa urutannya, tenang, karena jadiBerita bakal berikan urutan-urutannya berikut ini.

1. kedatangan rombongan keluarga pihak pria ke rumah pihak wanita

Gibran diantar keluarga dan kerabat (Dream)

Prosesi lamaran diawali dengan kedatangan rombongan keluarga pria ke rumah pihak wanita. Keluarga pria tidak hanya datang dengan tangan hampa. Biasanya keluarga pria membawa seserahan untuk diberikan kepada pihak keluarga wanita sebagai pelengkap di hari pernikahan

2. Masing-masing keluarga duduk berhadapan

Kedua keluarga duduk berhadapan (Thebridedept)

Berikutnya, keluarga pihak pria duduk dengan posisi saling berhadapan dengan keluarga pihak wanita di mana calon mempelai masing-masing duduk di baris paling depan dengan diapit kedua orang tua.

3. penyampaian maksud kedatangan dari perwakilan keluarga pihak pria

Pengutaraan maksud kedatangan dari pihak pria (Ariziaa)

Pengutaraan maksud dan tujuan kedatangan rombongan keluarga pria biasanya dilakukan oleh wakil dari keluarga yang sudah ditunjuk. Sebagai formalitas, pihak keluarga pria juga menanyakan kesediaan mempelai wanita untuk menerima atau menolak lamaran.

4. Sambutan dari pihak keluarga wanita sebagai tanda penerimaan lamaran

Sambutan dari pihak wanita (Thebridedept)

Jika calon mempelai wanita menerima, maka dari pihak keluarga wanita akan memberikan sambutan penerimaan sebagai tanda bahwa pihak keluarga menyambut baik rencana lamaran dari pihak pria. Sambutan ini juga dilakukan oleh wakil keluarga yang sudah ditunjuk sebelumnya.

5. penyerahan secara simbolis Seserahan yang dibawa dari pihak pria

Penyerahan seserahan (Thebridedept)

Proses ini dilakukan dari Ibu sang pria kepada Ibu sang wanita. Setelah itu, sebagai tanda betapa besar cinta kasih keluarga wanita kepada calon mempelai pria, maka diserahkan pula seserahan atau hantaran balasan yang bisa berupa seperangkat pakaian pria atau jenis lain sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

6. Sesi pemasangan cincin

Pemasangan cincin (Shalyhasny)

Jika akan diadakan acara pemasangan cincin maka ibu sang pria akan memasangkan cincin kepada wanita dan sebaliknya, dari ibu sang wanita kepada pria. Acara ini dapat dihilangkan jika kamu menginginkan pemasangan cincin langsung dilakukan pada waktu acara akad nikah.

7. acara perkenalan masing-masing keluarga

Perkenalan masing-masing keluarga (Ariziaa)

Selanjutnya adalah acara perkenalan untuk kedua keluarga yang kelak akan dipersatukan pada hari pernikahan. Acara ini bisa dibilang sebagai acara ‘istirahat’ setelah sedikit formal pada rangkaian acara sebelumnya. Biasanya sesi ini adalah yang paling seru, karena biasanya banyak cerita yang bisa didapat dari masing-masing keluarga, sekaligus mendekatkan diri pada masing-masing keluarga. Pihak pria adalah yang lebih dulu memulai memperkenalkan diri dan kemudian dilanjutkan oleh pihak keluarga wanita.

8. Penutupan dengan doa

Acara doa saat prosesi lamaran (Duniadyndha)

Acara terakhir adalah penutupan dengan doa, dengan tujuan agar semua berjalan lancar hingga hari pernikahan berlangsung. Saat inilah yang terkadang sangat menguras emosi khususnya bagi mempelai wanita yang akan meninggalkan rumah untuk mengikuti calon suaminya.

9. Sesi foto-foto

Foto-foto (Thebridedept)

Kurang lengkap rasanya jika seluruh keluarga yang berkumpul nggak foto-foto, karena selain untuk dokumentasi, hal ini juga berguna untuk mendekatkan kedua keluarga. Pastikan semua anggota keluarga masuk ke dalam dokumentasi acara lamaranmu.

10. Makan-makan

Makan-makan (Inyiminyimanyimoo)

Terakhir, makan-makan menjadi bagian yang nggak boleh dilewatkan. Momen ini juga jadi acara yang bisa mengakrabkan kedua keluarga yang akan menjadi satu ketika akad nikah nanti digelar.

Nah, seperti itulah susunan prosesi lamaran yang lazim dilakukan. Semoga tulisan ini bisa jadi gambaranmu mengenai seperti apa acara lamaran yang akan kamu lakukan nanti. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...