Star Wars (Flickr)

Film “Star Wars: The Last Jedi” yang merupakan episode ke-8 dari franchise “Star Wars” telah tayang di bioskop Indonesia belum lama ini. Bagi para penggemar film ini tentu saja bisa menikmatinya tanpa kendala, namun bagaimana dengan orang yang baru saja menonton film ini tanpa menonton episode-episode sebelumnya? Bisa jadi mereka kebingungan, karena banyak istilah-istilah yang dipakai khusus dalam film “Star Wars”. Biar nggak bingung, sebaiknya kamu ketahui dulu istilah-istilahnya berikut ini.

1. The Force

Adegan Star Wars The Last Jedi (Vimeo)

The Force adalah energi yang berada dimana saja dan bisa digunakan sebagai kekuatan. The Force ini memungkinkan seseorang melakukan hal-hal supernatural seperti mengendalikan benda. Lebih gampangnya, The Force itu adalah kekuatan.

2. Jedi

Qui Gon Jinn dan Obi Wan Kenobi (Wikipedia)

Dalam film Star Wars, Jedi adalah para anggota sebuah organisasi biarawan kuno dan luhur. Mereka memiliki kemampuan atau bakat dalam menggunakan dan menghormati The Force dalam hal kebaikan. Ada beberapa karakter Jedi yang terkenal di film ini, antara lain Yoda, Qui-Gon Jinn, Obi-Wan Kenobi dan Luke Skywalker.

3. Sith

Darth Vader (Flickr)

Sith ini adalah kebalikan dari Jedi. Sith adalah antagonis utama yang dipimpin oleh orang-orang yang merebut kekuasaan melalui kekuatan atau kelicikan.Sith menggunakan The Force untuk menguasai galaksi. Tokoh Sith yang terkenal yaitu Darth Vader dan Darth Sidious.

4. Lightsaber

Lightsaber (Wikimedia)

Film “Star Wars” tanpa kehadian Lightsaber bagaikan sayur tanpa garam. Lightsaber sudah menjadi ikon dari film ini. Bentuknya seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 30 cm yang mempunyai tombol. Tombol ini bisa mengeluarkan energi cahaya panjang menyerupai pedang ketika ditekan. Lightsaber ini biasanya berwarna biru, hijau, dan merah.

5. Millennium Falcon

Millennium Falcon (Flickr)

Millennium Falcon adalah kendaraan legendaris dalam film “Star Wars”, karena pesawat antariksa ini memainkan peran dalam beberapa kemenangan terbesar atas kekaisaran Rebel Alliance. Meski di permukaan Falcon terlihat seperti besi rongsokan, namun lambung pesawat ini menyimpan banyak rahasia kuat.

6. Stormtrooper

Stormtrooper (Flickr)

Sama seperti Lightsaber, Stormtrooper sudah menjadi semacam maskot film “Star Wars”. Stormtrooper adalah prajurit elit kekaisaran Galactic. Mereka beraksi di bawah pimpinan kekuatan gelap Darth Sidious.

7. R2D2 dan C3PO

C3PO dan R2D2 (Flickr)

Mereka adalah dua karakter yang selalu ada dalam semua serial film “Star Wars”. R2D2 adalah astro-droid yang berbentuk mirip tong sampah berjalan. Ia hanya bisa membuat bunyi-bunyi yang unik dan melengking. Sedangkan C3PO adalah protocol-droid berwarna emas yang bisa menguasai tiga juta bahasa. Sejak episode ke-7, yaitu “Star Wars: The Force Awakens”, muncul lagi satu robot lucu yaitu BB-8.

Itulah istilah-istilah umum yang ada di film “Star Wars”. Semoga JB’ers nggak bingung lagi yah. (tom)