Ilustrasi introvert (Pixabay)

Introvert adalah sifat dari seseorang yang cenderung pendiam, suka menyendiri dan kurang dalam berinteraksi dengan lingkungan luar. Meski demikian, belum tentu seorang introvert tak bisa mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa orang introvert yang juga bisa memiliki pekerjaan. Seseorang yang introvert lebih suka mengerjakan segala sesuatu sendiri. Ketika diberikan waktu untuk mengerjakan sesuatu maka mereka akan menyelesaikannya dengan baik tanpa banyak bantuan dari orang lain. Berikut ini adalah 5 pekerjaan yang cocok buat kamu seorang introvert.

1. Programmer

Ilustrasi programmer (Flickr)

Komputer ataupun laptop tentu sudah menjadi sahabat sejati bagi seorang programmer. Mereka bekerja dengan senang hati bersama mereka. Programmer kalau sudah sibuk dengan komputer bisa lupa dengan orang lain atau lingkungannya, tapi hasil pekerjaan mereka nggak usah diragukan lagi. Seorang yang introvert cocok bekerja sebagai programmer.

2. Translator

Translator (Flickr)

Menerjemahkan sesuatu tentu membutuhkan konsentrasi tinggi tanpa campur tangan dari banyak orang. Karena itu seorang translator lebih nyaman bekerja sendiri. Makanya translator ini bisa jadi pilihan profesi buat kamu yang introvert.

3. Desainer grafis

Desainer grafis (Flickr)

Biasanya desainer grafis juga sibuk dengan perangkat gambar mereka seperti alat tulis, komputer ataupun laptop. Mereka butuh suasana yang tenang tanpa banyak orang supaya bisa menghasilkan suatu gambar dengan baik. Interaksi mereka dengan orang lain menjadi sedikit. Nggak heran kalau seorang yang introvert bisa mengambil pekerjaan ini.

4. Penulis

Andrea Hirata (Wikimedia)

Seorang penulis biasanya melakukan pekerjaannya di tempat yang tenang, dan nggak banyak orang di dalamnya. Hal ini tentu saja supaya bisa berkonsentrasi untuk mendapatkan inspirasi tulisan. Jadi seorang penulis nggak membutuhkan banyak orang untuk menyelesaikan tulisannya. Si introvert sangatlah cocok dengan profesi penulis.

5. Editor buku

Ilustrasi editor (Pxhere)

Editor buku juga cocok untuk seorang introvert. Seorang editor terbiasa bekerja sendiri. Pekerjaan mengedit lebih baik jika fokus dikerjakan sendiri tanpa ada gangguan dari orang lain agar hasilnya memuaskan.

Dari kelima profesi di atas, mana yang cocok dengan minat kamu? (tom)