Kisah inspiratif (FotoJet)

Hampir sepanjang 2017, pemberitaan, khususnya di Jakarta, diramaikan oleh berita korupsi hingga berita penuh sentimen agama yang memecah belah masyarakat. Padahal, masih banyak kisah inspiratif lain, yang lebih tepat untuk dijadikan refleksi untuk menutup akhir tahun ini. Berikut ini 5 kisah inspiratif sepanjang tahun 2017 yang sempat jadi berita.

1. Kisah Sanita yang menentang pernikahan dini

Sanita (Instagram)

Sanita adalah seorang gadis yang tinggal di Jawa Tengah. Di usianya yang baru 13 tahun kala itu, dia sempat ingin dinikahkan oleh orang tuanya untuk meringankan beban ekonomi keluarga. Namun, Sanita menolak. Dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya hingga pendidikan tinggi. Satu dekade kemudian, Sanita dikenal sebagai seorang perempuan yang terus menyuarakan dan menentang pernikahan dini. Dia berhasil menekan pemerintah desanya untuk membuat aturan yang melarang pernikahan dini. Kisahnya pun sempat dituliskan oleh beberapa media internasional, salah satunya The Huffington Post.

2. Reuni bapak dan anak lewat ojek online

Salma bertemu ayahnya yang terpisah lama (Instagram)

Dewi Salma Zuhara mengaku tak menyangka bisa bertemu ayahnya sendiri yang telah berpisah 10 tahun usai bercerai dengan ibunya. Yang lebih mengharukan, pertemuan itu justru terjadi secara tak sengaja. Pertemuan ini terjadi saat Salma memesan ojek online. “Order Grab, dapetnya papahku sendiri. Aku baru tau ternyata papahku sekarang kerja Grab,” tulis Salma dalam Instastory.

3. Foto anak memeluk ayahnya yang tua

Foto anak peluk hangat ayahnya (Facebook)

Sebuah foto yang merekam aktivitas penumpang kereta api mengundang keharuan dan kekaguman pengguna jejaring sosial Facebook pada Oktober 2017 lalu. Sesungguhnya foto ini sederhana, namun menampilkan dua aktivitas yang berbeda dalam satu bingkai foto. Yang mengharukan adalah dalam salah satu kursi penumpang itu terlihat seorang pria sedang memeluk ‘hangat’ seorang pria yang sudah renta. Banyak yang terharu melihat foto ini, karena memperlihatkan kasih sayang anak pada orangtuanya. Foto ini juga mengajarkan kita agar jangan sampai lupa pada jasa orangtua yang telah membesarkan kita.

4. Dzoel, fotografer difabel yang handal dan mendunia

Bang Dzoel (Viva)

Achmad Zulkarnain alias Dzoel dilahirkan tanpa lengan dan kaki. Namun, keterbatasan tubuh tak akan pernah menghentikan obsesinya untuk menjadi seorang fotografer andal. Dia berhasil membangun bisnis fotografi yang berkembang pesat setelah ia menekuni minatnya pada bidang tersebut beberapa tahun yang lalu. Kisahnya ini kemudian disorot media internasional Al Jazeera yang menceritakan kisah kehidupannya.

5. Kisah wanita memakai helm di bus

Wanita pakai helm pink (Tribunnews)

Beberapa waktu lalu, sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita berjaket pink mengenakan helm pink di dalam bus sempat viral. Dalam foto itu sang wanita tampak cuek dengan nggak mempedulikan orang-orang yang melihatnya dengan tatapan aneh. Saat itu, wanita yang bernama Mouzza itu ternyata berdiri gara-gara memberikan tempat duduknya untuk ibu yang sedang menggendong anaknya. Ia pun mengunggah beberapa foto dan tulisan dengan maksud agar setiap orang terutama laki-laki agar lebih peduli kepada anak-anak, orangtua, dan difabel, serta ibu hamil yang berada di dalam transportasi umum.

Itulah 5 kisah inspiratif yang terjadi sepanjang tahun 2017 ini. Semoga makin banyak orang yang memberikan kisah inspiratif pada orang lain, agar bangsa Indonesia ini menjadi lebih baik. (tom)