Foto di pantai (Wikimedia)

Berlibur ke pantai memang menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin menenangkan diri, apalagi jika pantai tujuanmu masih belum ramai. Selain bisa menenangkan diri, kamu juga bisa eksis di media sosial Instagram dengan foto-fotomu saat berada di pantai. Masalahnya, nggak semua bisa membuat foto saat berada di pantainya terlihat keren, dan malah nggak cocok dipajang di Instagram kamu. Sebelum kamu foto-foto di pantai, lebih baik ketahui dulu 5 trik foto di pantai berikut ini.

1. Jangan pakai baju putih

Siluet di pantai (Pixabay)

Jangan mengenakan pakaian dengan warna terang ketika kamu ingin berfoto di pantai waktu sunset atau sunrise. Dengan kata lain, hindari warna putih dan disarankan mengenakan pakaian berwarna gelap agar nanti fotomu terlihat seperti sebuah siluet yang sempurna.

2. Atur shutter speed

Foto ombak di pantai (Pixabay)

Agar foto lebih maksimal, kamu bisa gunakan teknik low speed untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika kamu menggunakan teknik ini, foto pun akan terlihat sangat dramatis dan bahkan terkesan hasil editan. Padahal, para fotografer hanya menggunakan teknik yang satu ini untuk mendapatkan hasil yang luar biasa tersebut. Teknik ini cocok digunakan ketika langit tengah merah atau kekuningan di waktu menuju senja.

3. Pakai baju berwarna terang

Gadis berbaju merah di pantai (Pixabay)

Kalau kamu nggak mau bikin foto siluet saat sunset atau sunrise, kamu bisa kenakan berbagai pakaian dengan warna terang, seperti merah atau kuning. Kenapa direkomendasikan kedua warna tersebut? Alasannya adalah kedua warna tersebut kontras dengan warna birunya laut. Kamu akan tampil sangat menyala dan tentunya akan menghasilkan foto yang sangat menarik dengan berfokus pada dirimu.

4. Jangan ambil foto saat top light

Foto pantai (Pixabay)

Top light di sini maksudnya adalah jangan mengambil foto ketika cahaya yang ada di pantai tengah berlebih. Kenapa? Karena cahaya yang berlebih akan membuat langit tampak putih dan laut yang tampak pucat. Waktu paling tepat untuk memotret pantai adalah ketika langit masih biru dan itu ada di di sekitaran sebelum pukul 9 pagi. Bisa juga setelah jam 4 sore ketika matahari sedang menuju ke persinggahannya.

5. Pakai tripod

Tripod kamera (Pixabay)

Untuk yang satu ini mungkin kamu sudah tahu. Jika kamu merasa tangan saja tidak cukup membuat fotomu tidak goyang ataupun kabur, kamu bisa gunakan tripod biar fotomu aman. Terlebih angin yang berhembus di pantai cukup kencang sehingga dapat membuat fotomu bergoyang. Namun perhatikan juga tripodmu agar jangan sampai jatuh tertiup angin kencang.

Itu dia trik saat berfoto di pantai. Dengan melakukan trik-trik di atas, dijamin foto pantaimu akan menjadi lebih sempurna dan tentunya feed Instagram kamu juga bakalan menjadi semakin kece. (tom)