Resolusi Tahun 2017 (maristpoll.marist.edu)

Dalam hitungan beberapa hari, kita akan memasuki tahun baru 2018. Selain berlibur, biasanya hal yang dilakukan adalah membuat resolusi yang akan dicapai pada satu tahun mendatang. Tapi ada banyak kasus yang terjadi kalau resolusi yang telah kamu buat hanya berakhir begitu saja alias tak tercapai. Lalu apa JB’ers tidak bosan dengan keadaan seperti itu setiap tahunnya? Kalau kamu ingin mengubah hidup di tahun 2018 dengan resolusi yang baru dan lebih baik, berikut jadiBerita paparkan 5 kiatnya:

1. Bulatkan Tekad yang Kuat

Bulatkan Tekad yang Kuat (freepik.com)

Saat menetapkan resolusi yang akan kamu capai, bulatkan terlebih dahulu tekad kamu agar nantinya kamu tidak berhenti di tengah jalan. Pastikan hal tersebut adalah hal yang benar-benar ingin kamu inginkan. Jangan sampai kamu membuat resolusi karena mengikuti teman saja. Ingat kalau kamu membuat resolusi untuk tahun depan agar nantinya kehidupan yang kamu jalani bisa lebih baik lagi dari kehidupan yang saat ini.

2. Fokus Pada Tujuan Utama

Fokus Pada Tujuan Utama (valleyfairdental.com)

Ini harus digarisbawahi dengan benar ya JB’ers! Sudah menjadi sifat manusia kalau terkadang kamu merasa serakah, saat menentukan resolusi untuk tahun depan, bisa jadi nantinya kamu akan menginginkan banyak hal. Misalkan saja ingin masuk perguruan tinggi negeri, mendapat pacar satu kampus, berlibur ke luar negeri, hingga membeli pocket kamera keluaran terbaru untuk traveling. Di antara semuanya, kamu harus tentukan mana yang harus menjadi prioritas, sehingga akan membuat kamu fokus pada tujuan utama. Misalkan saja ketika resolusi utama kamu adalah masuk perguruan tinggi, maka fokus kamu ada pada hal tersebut. Jika sudah tercapai, kamu baru bisa memikirkan resolusi yang lainnya.

3. Konsisten dan Berkomitmen

Konsisten Melakukan Olahraga Yoga (@unionyoga)

Kamu tak akan bisa konsisten jika belum menentukan fokus utama, jadi kalau sudah menentukan fokus utama dari resolusimu, maka kamu baru bisa bersikap konsisten dan berkomitmen pada diri sendiri. Jika nantinya di pertengahan tahun kamu mendapati dirimu tidak berkomitmen dengan apa yang kamu janjikan pada diri sendiri, maka hal yang harus kamu lakukan adalah coba untuk berusaha dengan lebih keras dua kali lipat. Jangan pernah ragu pada apa yang kamu rencanakan karena dengan begitu, kamu bisa menyemangati diri sendiri agar resolusimu bisa tercapai.

4. Catat Setiap Kemajuan yang Kamu Lakukan

Mencatat Perubahan (alarab.co.uk)

Setiap bulan, catat selalu kemajuan serta perkembangan yang telah kamu lakukan. Hal ini dilakukan untuk memonitor dirimu supaya nantinya ketika kamu salah jalan, kamu bisa dengan segera membenahinya. Misalkan saja ketika resolusi di tahun depan, kamu ingin menurunkan berat badan. Ternyata pada bulan ketiga alias bulan Maret, berat badan kamu sama sekali belum turun 1 kg juga. Nah, kalau sudah begini kamu bisa mencermati apa yang selama ini kamu lakukan untuk berdiet. Apa caranya sudah benar?

5. Jangan Lakukan Kesalahan yang Sama

Jangan Lakukan Kesalahan yang Sama (www.yummymummyclub.ca)

Siapa yang lebih mengenal kita selain diri kita sendiri. Kamu tentunya tahu apa yang membuat resolusi kamu di tahun 2017 tidak tercapai atau tidak berjalan dengan baik. Jadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran yang tidak akan kamu ulangi lagi di tahun 2018. Dengan begitu, tak hanya resolusi kamu yang bisa tercapai, kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Setelah mengetahui kelima kiat-kiat di atas, jangan lupa untuk mempraktekkannya dengan segera ya JB’ers!

(rei)