Membuang Waktu yang Sia-sia (www.yurtopic.com)

Waktu selalu berjalan dengan cepat, terkadang kita tidak menyadarinya. Ketika sudah menyadari, kita akan merasa kalau ternyata waktu yang sudah kita lalui tersebut telah terbuang sia-sia tanpa ada satu pun pencapaian yang telah kita lakukan. Meski kita merasa kalau selama ini kita selalu sibuk mengerjakan sesuatu, tapi dengan tidak adanya pencapaian yang berarti, ini menjadi salah satu tanda kalau kita telah menghabiskan waktu dengan cara yang salah. Memanfaatkan waktu dengan baik dan cerdas bisa berdampak pada kesuksesan diri kita nantinya karena kebanyakan orang-orang sukses selalu bisa memanfaatkan waktu mereka dengan benar. Jika kamu merasa waktu yang kamu jalani telah terbuang sia-sia begitu saja, segera ambil langkah-langkah ini untuk memperbaikinya!

1. Mengorganisir Pekerjaan dengan Rapi

Mengorganisir Pekerjaan (biocareers.com)

Bagi kamu yang sudah bekerja, pernahkah kamu merasa kebingungan ingin mengerjakan apa terlebih dahulu saat sudah sampai di kantor? Atau bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, saat pulang ke rumah, kamu bingung ingin mengerjakan apa dulu. Pemikiran seperti ini bisa membawa kamu untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia karena nantinya kamu akan kelupaan dengan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan. Mulai sekarang, cobalah untuk mengorganisir pekerjaan dengan cara menuliskannya pada sticker note dan tempelkan di dinding atau tempat yang mudah terlihat olehmu. Urutkan pekerjaan mulai dari yang terpenting.

2. Cari Prioritas yang Paling Utama

Prioritas Pekerjaan (www.mytimemanagement.com)

Kita tak hanya memiliki satu pekerjaan yang akan dilakukan. Setidaknya dalam satu hari, ada lebih dari sepuluh pekerjaan yang harusnya kamu kerjakan. Tapi ingat ya JB’ers kalau dari sekian banyak pekerjaan yang akan kamu lakukan, pastinya ada beberapa yang menjadi prioritas utama. Lalu bagaimana membedakannya? Pekerjaan yang menjadi prioritas adalah pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera sehingga pengerjaannya tidak bisa kamu tunda-tunda hingga besok atau lusa. Jadi, usahakan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut terlebih dahulu.

3. Berikan Estimasi Tenggat Waktu

Timer di Ponsel (www.imore.com)

Pernahkah kamu memberikan tenggat waktu atas pekerjaan yang akan kamu lakukan? Dengan memberikan estimasi tenggat waktu, pekerjaan kamu akan lebih terarah dan kamu akan semakin termotivasi serta bersemangat untuk segera menyelesaikan. Misalkan saja kamu harus mengerjakan tugas kuliah hingga pukul 12.00 siang, otomatis kamu akan mengelola waktu setiap detiknya dengan lebih efisien agar tugas yang kerjakan bisa kelar tepat waktu. Kamu bisa mencantumkan estimasi waktu pengerjaan ini pada sticker note yang sudah ada tulisan daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan.

4. Stop Menunda-nunda!

Menunda Pekerjaan (journal.sociolla.com)

Sebagai manusia normal pada umumnya, rasa malas kerap kali melanda ketika kamu akan mengerjakan sesuatu. Tapi tahukah kamu kalau rasa malas tersebut sebenarnya adalah perwujudan dari sikap ingin melarikan diri dari tanggung jawab pekerjaan yang telah menanti. Kita memang tidak menyadarinya, tapi rasa malas dan suka menunda-nunda pekerjaan menjadi bukti kalau kita tidak ingin berhadapan dengan kenyataan yang sudah ada di depan mata. Oleh karena itu, stop untuk menunda-nunda pekerjaan lagi!

5. Mengeliminasi Hal-hal yang Menggangu

Teman Mengajak Ngobrol Saat Mengerjakan Tugas (picdn.net)

Ketika sedang mengerjakan sesuatu, godaan memang kerap kali datang tanda diundang. Misalkan saja, tiba-tiba ada pesan chat di whatssapp dari sahabatmu, teman kantor yang tiba-tiba mengajak ngobrol, ada notification dari sosial mediamu, hingga datangnya email masuk dari online shop yang menawarkan diskon menarik. Selama kamu belum menyelesaikan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, jangan sampai kamu tergoda dan segera mengeliminasi hal-hal yang bisa menggangu pekerjaan kamu tersebut. Kalau kamu sudah selesai, kamu baru bisa mengerjakan hal-hal lainnya.

Sudah jelas belum JB’ers bagaimana caranya agar waktu yang kamu miliki tak lagi terbuang sia-sia. Perlu kamu ingat kalau waktu yang sudah terbuang tak akan bisa dikembalikan sehingga pergunakan waktumu sebaik mungkin ya JB’ers! (jow)