Wisata pantai memang selalu menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan atau traveler. Pemandangan pasir pantai yang sangat lembut, hembusan angin laut semilir, dan keeksotisan birunya air laut pantai selalu mampu menjadi penenang dan pelepas beban pikiran para traveler yang sedang berlibur. Terutama bagi wisatawan yang ingin melepaskan diri dari kepenatan dan mencari hiburan untuk menyegarkan kembali badan serta fikiran, maka pantai merupakan tempat yang cocok untuk bersantai.

Salah satu kota tempat tujuan wisata pantai terkenal di Indonesia adalah di daerah Yogyakarta (Jogja). Meski ada berbagai rekomendasi tempat wisata hits, Jogja juga menyimpan banyak wisata pantai, setidaknya lebih dari sembilan wisata pantai yang tersebar di berbagai kota. Bila Anda sedang berlibur di kota Gudeg ini, berikut beberapa rekomendasi wisata pantai Jogja yang wajib.

1. Pantai Nglambor

Nglambor

Rekomendasi tempat wisata pantai Jogja yang pertama adalah pantai Nglambor yang sangat cocok dijadikan tempat berenang serta menikmati beberapa keindahan alam bawah laut. Ya, tempat ini memang merupakan tempat yang paling cocok untuk aktivitas snorkeling, dengan pemandangan terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang indah. Selain bermain air di laut, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner di sepanjang pantai yang menawarkan banyak kedai aneka masakan laut untuk dicoba. Terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, tempat ini merupakan destinasi terbaik bagi para traveler yang ingin melihat keindahan wisata alam Jogja. Saat masuk ke kawasan pantai, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan bila Anda ingin menyewa peralatan snorkeling, harganya berkisar mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

2. Pantai Jogan

Pantai Jogan

Daya tarik utama pantai Jogan adalah adanya air terjun yang mengalir di pinggir pantai. Air terjun tersebut berasal dari sungai yang langsung menuju ke laut. Destinasi wisata Jogja ini dikelilingi oleh bebatuan karst serta tanaman hijau yang masih segar alami, menambah keindahan pantai. Ombak di pantai yang cukup besar memang melarang para pengunjung untuk berenang, namun untuk sekedar bermain air di bawah air terjun masih diperbolehkan. Pantai Jogan berada di kecamatan Tepus, Gunungkidul. Membutuhkan perjalanan selama 2 jam Jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja. Biaya masuk pantai ini adalah Rp 5.000 per orang.

3. Pantai Drini

Pantai Drini

Beralih ke tempat wisata jogja lain yang masih berada di kawasan kecamatan Tepus, Gunungkidul. Daya tarik pantai Drini terdapat pada pulau karang kecil dengan tanaman hijau yang tumbuh di atasnya. Keindahan pulau tersebut menambah keeksotisan pantai yang memiliki bibir pantai yang luas. Jika Anda melakukan perjalanan travel ke Jogja, terlebih di daerah Gunungkidul, pastikan untuk menyempatkan waktu pergi ke pantai ini karena sensasi kombinasi sempurna dari coklat pasir pantai, biru air laut dan hijaunya alam akan Anda dapatkan lengkap. Sangat disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan panduan dari aplikasi Google Maps dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima karena jalan menuju kawasan pantai di Gunungkidul memang lumayan berliku dan curam. Harga tiket yang dikenakan kepada pengunjung adalah Rp 5.000 per orang.

4. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Meski termasuk dalam salah satu wisata pantai Jogja, Anda tidak akan dapat bermain air dan juga pasir, karena pantai Kesirat bisa dinikmati hanya dengan berada di atas bukit. Meski demikian, bukit di pinggir pantai memiliki bidang yang datar dan luas, sehingga sering digunakan oleh para pecinta alam untuk berkemah di pinggir pantai. Selain itu, tempat ini juga merupakan surga bagi para pecinta pemandangan matahari tenggelam, karena keindahan laut serta warna jingga matahari akan senantiasa menghibur setiap pengunjugn yang datang. Tempat ini juga sangat cocok bagi pecinta fotografi karena kombinasi alam yang sangat indah. Biaya masuk pantai adalah Rp 5.000 per orang, dan diperlukan perjalanan selama 2 jam dari pusat kota Jogja menuju ke pantai Kesirat, melalui jalan Wonosari menuju ke Gunungkidul.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang termasuk dalam sembilan wisata pantai yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Sadranan. Pantai ini juga sangat cocok untuk penikmati olahraga bawah laut, snorkeling. Pantai Sadranan yang berada di Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, ini sangat populer untuk destinasi wisata menyelam. Meskipun terumbu karang dan aneka jenis ikan yang ada disini tidak selengkap seperti yang ada di lautan Raja Ampat, namun sudah banyak sekali pengelola travel Jogja yang memasukkan pantai Sadranan sebagai salah satu destinasi dalam paket wisata Jogja yang mereka sediakan sehinga tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bagi para pengunjung yang sekedar ingin bersantai juga dapat berteduh di gazebo yang tersedia dan menikmati aneka hidangan laut yang disediakan di kedai di pinggir pantai. Harga tiket adalah Rp 5.000 per orang.

6. Pantai Baru

Pantai Baru

Beralih dari kabupaten Gunungkidul ke kabupaten Bantul. Disini ada salah satu wisata pantai Jogja yang juga menjadi trending di sosial media. Tempat ini dikenal dengan nama pantai Baru. Seperti namanya, pantai ini merupakan pantai yang baru ditemukan oleh para warga lokal pada tahun 2000-an. Daya tarik pantai baru terletak pada rindangnya bibir pantai yang ditumbuhi oleh banyaknya tanaman pantai, serta adanya hutan pinus di samping bibir pantai. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga karena Anda dapat menikmati berkeliling pantai dengan ATV, atau bersantai di bawah pohon pinus dengan hammock. Jadi tidak salah bahwa sebagian besar pengunjung pantai ini adalah keluarga besar yang menginginkan wisata anak di Jogja dan sekitarnya. Rute menuju pantai ini cukup mudah karena Anda tidak perlu menaiki gunung, dan dari pusat kota Jogja cukup menuju ke arah Jalan Bantul. Biaya masuk pantai Rp 3.000 per orang.

7. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Di kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, pantai Krakal sangat populer di kalangan wisatawan karena memiliki daya tarik batuan karang yang ada di pinggir pantai. Adanya batu karang (reef) di sepanjang pinggir pantai memang membuat berbahaya untuk berenang di tepi pantai, namun pengunjung masih dapat bermain pasir pantai atau tracking di sepanjang pantai. Bila Anda melihat ke dalam karang-karang di pinggir pantai tersebut, Anda dapat melihat aneka jenis ikan yang berenang di luang karang, seperti ikan kepe-kepe, atau ikan damselfish. Harga tiket masuk per orangnya cuma Rp 10.000, dan Anda perlu 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja menuju ke tempat wisata pantai jogja ini.

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini sangat cocok bagi para wisatawan atau traveler yang ingin bersantai di pinggir pantai sambil menikmati hidangan aneka masakan laut yang diolah dengan bumbu lokal. Bila Anda datang di siang hari, mungkin akan terasa panas di sepanjang bibir pantai, karena jauh dari pepohonan. Namun Anda dapat bersantai di gazebo yang diseduakan, dan berselfie dengan latar belakang pantai yang dikelilingi oleh tebing karst berwarna coklat dan hijau tersebut. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang saat masuk kawasan pantai.

9. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Saat menyebut tempat wisata pantai Jogja tentu yang pertama kali diingat adalah pantai Parangtritis di Bantul. Kenapa? Karena pantai ini sudah sangat terkenal hingga ke berbagai daerah sebagai destinasi wisata Jogja yang paling wajib dikunjungi. Perjalanan ke pantai ini juga terbilang mudah, dari pusat kota Anda tinggal mengikuti sepanjang jalan Parangtritis. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di sepanjang pantai, mulai dari berkuda, berfoto di gumuk pasir yang merupakan gurun pasir di pinggir pantai, menaiki ATV, atau sekedar berselfie dengan latar belakang matahari terbenam. Dengan membayar Rp 5.000 sebagai biaya masuk kawasan pantai, bila Anda datang di hari yang tepat, Anda dapat melihat pemandangan penduduk lokal yang melarung sesajen ke laut sebagai bentuk budaya dan warisan yang masih dilestarikan dan dilakukan oleh warga Jogja terutama oleh keluarga Keraton. (jow)