Lagi Diet Tapi Pengen Ngemil? Kamu Bisa Coba 5 Cemilan Sehat Ini

Ilustrasi diet (Flickr)

Salah satu hal yang terberat ketika sedang menjalani program diet adalah menahan diri untuk nggak ngemil. Biasanya keinginan ngemil sedang kuat-kuatnya pada waktu sore hari. Rasanya mulut ingin mengunyah sesuatu, tapi takut berat badan jadi naik. Namun kamu nggak usah khawatir. Sekarang ini sudah semakin banyak bermunculan makanan-makanan sehat yang nggak hanya kaya akan nutrisi untuk tubuh tapi juga nggak akan memengaruhi berat badanmu saat dikonsumsi. Apa saja makanannya?

1. Acai Bowl

Acai bowl (Flickr)

Acai bowl sering disebut juga dengan smoothie bowl karena terbuat dari smoothie yang padat tapi bertekstur lembut seperti es krim, dan dilengkapi dengan tambahan buah-buahan berry, kacang-kacangan, chia seeds dan oats. Semangkuk acai bowl ini sangat menyegarkan saat dikonsumsi dan juga bisa bikin perutmu kenyang. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung dalam acai bowl sangat sehat dan bernutrisi, serta pastinya nggak akan membuat berat badanmu bertambah.

2. Granola

Granola (Pixabay)

Camilan lainnya yang juga nggak menggemukkan adalah granola. Granola adalah campuran dari kacang-kacangan, oats, dan buah-buahan kering. Kamu bisa memakannya secara langsung, ditambahkan madu sebagai pemanis, atau bisa juga ditambahkan susu rendah lemak agar lebih mengenyangkan. Karena granola terdiri dari oat dan kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi, makanan ini pun bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaanmu dan membuatmu kenyang lebih lama, sehingga baik untuk kamu yang sedang diet.

3. Yoghurt

Yoghurt (Wikimedia)

Yoghurt adalah camilan yang sangat baik untuk menjaga berat badan, karena rendah kalori dan dapat melancarkan pencernaan. Saat ini sudah terdapat berbagai macam pilihan yoghurt yang rasanya enak dan dilengkapi dengan buah-buahan. Tapi jika takut gemuk, pilihlah yoghurt plain yang bebas dari gula.

4. Keripik sayur

Keripik sayur (Urbanina)

Keripik bisa jadi cemilan yang bisa menaikkan berat badanmu. Tapi keripik yang satu ini, yaitu keripik sayur, dapat kamu jadikan camilan tanpa harus merasa bersalah saat mengkonsumsinya. Kamu bisa membuat keripik sayur ini sendiri agar kamu dapat mengurangi kadar garamnya dan mengganti minyak goreng dengan olive oil yang lebih sehat. Atau kamu juga bisa membeli keripik sayuran yang sudah jadi, tapi pilihlah yang rendah kalori dan lemak. Beberapa pilihan sayuran yang dapat dijadikan keripik adalah bayam, kangkung, dan brokoli.

5. Agar-agar

Agar-agar (Flickr)

Camilan yang satu ini terkenal akan kandungan seratnya yang sangat tinggi dan rendah kalori, sehingga merupakan camilan yang sangat baik untuk diet. Saat masuk ke dalam perut, agar-agar dapat menyerap lemak jenuh yang dibuang bersama ampas makanan, sehingga pencernaanmu pun menjadi lancar dan mencegah sembelit.

Diet nggak selalu harus menyiksa diri. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi tapi rendah kalori seperti di atas, kamu tetap bisa menikmati enaknya ngemil sambil terus menjalankan program diet kamu. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 YouTuber Cilik dengan Konten yang Berfaedah, Wajib Subscribe!

5 Destinasi Wisata Bawah Laut di Pulau Jawa dengan Keindahan Bak Negeri Dongeng