Wisata bawah laut (Wisatajakarta)

Pulau Jawa tidak hanya terkenal dengan objek wisata pegunungannya. Di pulau ini juga terdapat beberapa pulau dan pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah bak kepingan surga. Nah, buat kamu yang mau liburan akhir tahun, bisa nih langsung ke sini, tanpa perlu jauh-jauh ke Bunaken atau Wakatobi.

1. Kepulauan Seribu

Pemandangan bawah laut Kepulauan Seribu (Travelingyuk)

Selain pulau-pulau yang eksotis dengan hamparan pasir pantai yang berpadu dengan air laut yang jernih, pemandangan bawah lautnya nggak kalah memukau. Pemandangan bawah laut di Kepulauan Seribu ini dipenuhi terumbu karang dan hewan-hewan laut berwarna-warni. Beberapa pulau yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah yaitu Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Pemandangan bawah laut Ujung Kulon (Imgaram)

Tidak hanya menjadi rumah bagi Badak Jawa yang langka, Taman Nasional Ujung Kulon memiliki beberapa pulau dengan pemandangan bawah laut yang indah. Di Taman Nasional ini kamu tidak hanya dapat mengamati kehidupan satwa liar, menyusuri hutan dan pantai serta menyusuri sungai dengan kano, tapi kamu juga dapat snorkeling dan diving di beberapa pulau yaitu Pulau Peucang, Pulau Panaitan dan Pulau Bandul.

3. Kepulauan Karimun Jawa

Pemandangan bawah laut Kepulauan Karimun Jawa (Karimunjawatour)

Kepulauan yang berada di laut Jawa ini sudah terkenal keindahannya hingga mancanegara. Kepulauan ini bahkan sering disebut Maladewa-nya Indonesia. Snorkeling dan diving adalah hal yang pasti tidak dilewatkan para wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa. Beberapa spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Karimun Jawa yaitu Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Kecil dan Pulau Menjangan Kecil.

4. Pantai Tiga Warna

Pemandangan bawah laut Pantai Tiga Warna (Piknikasik)

Tidak hanya Banyuwangi, Malang juga memiliki pantai yang menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, jika dipandang pantai ini terlihat memiliki tiga warna. Selain keunikan tersebut, Pantai Tiga Warna memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis. Air laut yang jernih, ombak yang tenang serta terumbu karang yang masih alami dan terjaga membuat pantai ini menjadi tempat snorkeling dan diving yang menyenangkan.

5. Teluk Biru

Pemandangan bawah laut Teluk Biru (Asliindonesia)

Sesuai dengan namanya, teluk ini menyajikan indahnya pemandangan air laut yang biru jernih dengan ombaknya yang tenang. Pemandangan bawah lautnya tak kalah indah dengan biota laut yang beranekaragam. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi dan masih jarang dikunjungi menjadikan teluk ini sebagai salah satu surga tersembunyi di Banyuwangi.

Jadi, kapan kita ke 5 tempat di atas? (tom)