Ilustrasi persiapan nikah (Pxhere)

Mempersiapkan segala sesuatu untuk pernikahan kamu dan pasangan kamu selain menyita waktu, juga membutuhkan biaya yang nggak sedikit, mulai dari menyewa wedding venue, catering makanan, biaya pembuatan undangan, souvenir, make-up, biaya sewa gaun pengantin hingga sewa band penghibur dan masih banyak lagi. Nah, buat kamu yang berencana ingin menikah tahun depan namun masih bingung mengenai anggarannya, sebaiknya ikuti cara ini agar persiapan kamu bisa selesai selama setahun.

1. Memisahkan gaji kamu dan pasanganmu

Ilustrasi pisahkan gaji (Harianpilar)

Jika kamu dan pasangan kamu dua-duanya bekerja, jangan lupa untuk menyisihkan gaji untuk pernikahan kalian berdua. Jangan lupa juga untuk memisahkan antara gajimu dan gaji pasangan kamu. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk membagi tugas antara kamu dan pasanganmu, seperti contoh uang gajianmu disisihkan untuk cicil anggaran sewa wedding venue, sementara gaji pasanganmu disisihkan untuk katering makanan.

2. Sisihkan Rp 100 ribu per bulan untuk biaya sewa gaun pengantin

Ilustrasi menyisihkan gaji (Ibu-zahraa)

Sebenarnya menyisihkan uang sebesar Rp.100 ribu perbulan memang agak sulit apalagi jika kamu memang memiliki kebutuhan bulanan rutin seperti kebutuhan pokok dan lain-lain. Tapi dengan menyisihkan uang minimal Rp.100 ribu tiap bulannya tentunya akan ada hal menguntungkan bagi kamu. Salah satunya adalah agar kamu bisa mencicil biaya sewa gaun pengantin, yang nantinya dapat kamu gunakan saat acara resepsi pernikahanmu.

3. Alokasikan dana untuk pre-wedding

Pre-wedding Raisa dan Hamish (Instagram)

Jika punya uang lebih, sebaiknya jangan digunakan untuk jalan-jalan atau kencan berdua, yang biasanya dilakukan di restoran, kafe atau mal, yang semuanya bisa menghabiskan uang kamu. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering kencan agar uang yang tadi digunakan untuk kencan dapat dialihkan untuk ditabung dan menjadi anggaran pre-wedding kamu dengan pasanganmu.

4. Sisihkan uang untuk seserahan

Seserahan (Thehouseofseserahan)

Membeli seserahan untuk resepsi pernikahan nggak harus dibeli sekaligus. Cara cerdas yang dapat kamu lakukan adalah membeli satu jenis barang tiap bulannya. Nantinya dalam dua belas bulan atau satu tahun sudah ada dua belas jenis barang seserahan yang kalian punya. Tinggal dibungkus dan dihias sedemikian rupa, maka barang yang kamu beli itu sudah jadi seserahan buat resepsi pernikahan kalian.

5. Cari uang tambahan

Ilustrasi kerja sampingan (Pixabay)

Untuk mencukupi biaya nikah, kamu dan pasangan akan butuh uang tambahan. Ada beberapa cara sebenarnya agar kamu bisa menambah penghasilanmu diantaranya dengan berwiraswasta atau berjualan suatu produk baik itu dengan media offline maupun online, atau mencoba bekerja dengan keterampilan yang kamu miliki di luar pekerjaan tetapmu.

Itulah 5 cara agar kamu bisa persiapkan pernikahan dalam setahun. Buat kamu yang mau nikah tahun depan, semoga keinginan itu bisa tercapai. (tom)