Museum kece Jakarta (Fotojet)

Siapa bilang kalau museum atau hal-hal berbau seni itu ketinggalan zaman? Justru sebaliknya, kini banyak anak muda mulai mengenali dunia seni. Buktinya, beberapa museum di Jakarta kini mulai ramai dikunjungi anak-anak muda. Nah, buat kamu yang bingung ingin menghabiskan liburan kamu ke mana, bisa mencoba datang ke museum yang kece dan kekinian berikut ini.

1. Art:1 New Museum

Museum Art:1 (Kiostix)

Didirikan pada 1983 dengan nama Galeri Seni Mon Decor, galeri ini memiliki lebih dari 2.500 karya. Galeri ini menerima penghargaan sebagai “The Best Gallery of The Year” pada tahun 2010. Museum ini sendiri terbagi jadi dua bagian, yaitu Art:1 New Museum dan Art Space. Art:1 New Museum memiliki koleksi dari para seniman yang namanya sudah diperhitungkan, sementara Art Space adalah tempat bagi para seniman untuk memamerkan karyanya. New Museum menyimpan beragam koleksi lukisan, patung hingga karya instalasi. Sementara di Art Space selain lukisan juga bisa dijumpai instalasi, video art hingga karya fotografi. Museum ini terletak di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

2. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya (Indonesiakaya)

Buat kamu yang ingin mempelajari budaya Indonesia lebih dalam, wajib berkunjung ke galeri yang berada di dalam Grand Indonesia ini. Di museum ini terdapat auditorium yang biasa digunakan untuk penampilan musik atau teater. Jadi, kalau ada pertunjukan, kamu juga bisa ikut menyaksikannya. Saat nggak ada pertunjukan yang berlangsung, pengunjung masih dapat menikmati menari tarian daerah dengan Fantasi Tari Indonesia. Beberapa tarian khas nusantara yang dikemas virtual membuat pengunjung dapat seakan-akan menari bersama dengan mereka.

3. Biasa Artspace

Biasa Art Space (Biasaart)

Art space yang terletak di kawasan Kemang ini terletak di lantai 2 gedung BIASA. Pengunjung yang datang biasanya akan langsung merasakan hal-hal unik dan pengalaman yang berbeda saat memasuki dunia BIASA ArtSpace. Tersedia juga butik yang berada dalam satu atap. Awalnya, galeri yang didirikan pada 2005 ini ada untuk mempertemukan para seniman Jawa dan Bali. Seiring berjalannya waktu, para seniman di sana saling berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain, hingga dengan pemerintah dan mancanegara.

4. Museum Macan

Museum Macan (Instagram)

Ini dia, museum yang sedang hits dan banyak digandrungi para remaja. Terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, museum ini punya satu spot berisi lampu kerlap kerlip indah atau yang dikenal dengan infinity spot. Saking ramainya, waktu untuk berfoto di sini dibatasi 45 detik saja. Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Di dalamnya terdapat 90 karya seni dari sekitar 800 buah koleksi yang dipamerkan di sebuah ruangan seluas 4 ribu meter persegi.

5. Dia.Lo.Gue

Dia.Lo.Gue (Instagram)

Museum ini merupakan sebuah galeri mini yang terletak di kawasan Kemang. Museum ini menampilkan berbagai merchandise hasil karya rumahan ditampilkan untuk dijual di Dia.Lo.Gue. Beberapa produknya terbatas dan unik, tidak mudah ditemukan di tempat lain, seperti peralatan kantor dan alat tulis, aksesoris rumah, karya seni, mainan dan banyak lagi. Dia.Lo.Gue juga memiliki sebuah mini restoran atau kafe yang asyik buat nongkrong. Satu hal yang paling dikenal adalah tangganya yang seolah-olah melayang.

Anggapan bahwa museum sudah ketinggalan zaman terbukti keliru setelah mengunjungi museum di atas. Buat kamu pecinta seni, sudah pasti tempat-tempat di atas wajib kamu kunjungi. Sambil menikmati karya seni, kamu juga bisa foto-foto di sana. (tom)