Musisi Indonesia (Fotojet)

Dengan kemudahan akses internet seperti sekarang ini, anak-anak muda zaman sekarang atau istilahnya kids zaman now bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka cari, termasuk untuk mendengarkan lagu. Untuk bisa mendengarkan lagu, mereka cukup membuka YouTube, atau mendengarkan lewat situs streaming lagu seperti Spotify. Berbicara mengenai lagu, ada beberapa lagu Indonesia yang sempat menjadi perbincangan dan banyak dinyanyikan masyarakat selama tahun 2017 ini. Berikut ini 5 lagu terpopuler sepanjang tahun 2017.

1. Nella Kharisma – Jaran Goyang

Hampir sebagian besar orang Indonesia tentu sangat familiar dengan lagu percintaan ini. Lagu yang dinyanyikan pedangdut yang sedang naik daun Nella Kharisma ini telah meraup 114 juta lebih viewers YouTube. Nggak hanya itu, lagu “Jaran Goyang” ini juga telah banyak di-cover baik oleh pedangdut atau pun penyanyi lainnya.

2. Via Vallen – Sayang

Selain Nella Kharisma, penyanyi dangdut muda cantik yang juga sedang naik daun adalah Via Vallen, dengan lagunya yang berjudul “Sayang”. Lagu dangdut berbahasa Jawa yang populer hingga sekarang ini menduduki posisi keenam lagu yang paling dicari di Google. Di YouTube sendiri, lebih dari 115 juta orang telah menonton video klip lagu Via Vallen ini. Nggak sedikit pula yang meng-cover lagu ini menjadi beragam versi. Kesuksesan lagu ini mengantarkan Via Vallen meraih penghargaan Penyanyi Dangdut Tersosmed ajang penghargaan Anugerah Dangdut Indonesia 2017, mengalahkan Ayu Ting Ting.

3. Virgoun – Surat Cinta untuk Starla

Boleh jadi Virgoun termasuk jajaran penyanyi pop yang paling dibicarakan tahun ini. Mantan vokalis Last Child itu sukses menelurkan lagu-lagu yang diminati banyak orang Indonesia. Single pertama yang dirilis olehnya adalah “Surat Cinta untuk Starla”, yang kemudian langsung booming, Bahkan di YouTube, video lirik dari lagu ini telah disaksikan lebih dari 188 juta orang. Menyusul kesuksesan lagu ini, Virgoun lalu merilis single keduanya yang berjudul “Bukti”. Lagu ini juga menuai sukses, dan mendapatkan lebih dari 88 juta view di YouTube.

4. Armada – Asal Kau Bahagia

Lagu Armada yang satu ini sudah nggak bisa dipungkiri lagi menjadi yang paling dicari. Sebab di awal kemunculannya saja lagu ini sudah meraih perhatian dan banyak dinyanyikan khalayak ramai. Nggak heran jika video liriknya di YouTube sudah menyentuh angka 199 juta view. Jika disuruh menyanyikan lagu ini, nggak mungkin anak muda nggak tahu lagunya, paling nggak bagian reff-nya saja.

5. Payung Teduh – Akad

Terakhir ada lagu bertema pernikahan berjudul “Akad” dari Payung Teduh. Banyaknya orang yang menonton video klip lagu dan beberapa cover dari penyanyi lainnya menjadi bukti bahwa lagu ini sangat disukai oleh khalayak. Video klipnya sendiri telah memiliki jumlah view sebanyak lebih dari 58 juta. Lagu “Akad” Payung Teduh ini sempat booming ketika dinyanyikan kembali oleh Hanin Dhya, seorang musisi yang sering mengcover lagu-lagu milik penyanyi atau band Indonesia lainnya.

Itu tadi 5 lagu teratas yang paling populer sepanjang tahun 2017. Apakah ada lagu favoritmu yang masuk kedalam 5 besar lagu yang paling dicari di Google tersebut? (tom)