Yogyakarta atau Jogja biasa dikenal dengan sebutan kota pelajar, budaya dan wisata. Jogja memiliki banyak sekali tempat atau lokasi wisata yang menawarkan berbagai macam kegiatan yang menunjang para remaja misalnya edukasi, hiburan, hingga menilik sejarah Indonesia. Saat ini, banyak sekali bermunculan tempat wisata di Jogja yang baru, unik dan menarik. Keunikan tempat-tempat wisata tersebut telah menjadi sorotan para remaja pengguna media sosial untuk dibagikan dalam bentuk jepretan gambar yang diunggah ke media sosial. Bermula dari media sosial ini , semakin banyak destinasi wisata Jogja yang ditemukan dan semakin banyak pula wisatawan dari berbagai daerah datang atau bahkan menyewa paket travel ke Jogja.

Tempat-tempat wisata yang terkenal dan popular di berbagai sosial media telah kami rangkum menjadi 10 destinasi wisata Jogja yang wajib Kamu kunjungi saat berlibur ke kota Gudeg ini. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Puncak Becici, Dlingo

Puncak Becici, Dlingo

Tempat wisata Jogja pertama yang bisa kami rekomendasikan adalah Puncak Becici Dlingo. Karena disini, pengunjung dapat melihat keindahan alam yang disajikan di pinggir bukit, dan memanjat pohon dengan tangga yang disediakan kemudian berfoto dengan latar belakang alam. Keindahan tempat ini akan semakin nampak saat matahari terbenam atau saat pagi hari saat kombinasi antara warna matahari, langit dan keindahan alam bersatu menjadi satu hasil gambar. Untuk menuju ke tempat ini ada dua rute yang dapat dipilih, pertama dari arah imogiri timur, yakni dari terminal Giwangan ke selatan, atau melalui jalan Bantul yang sedikit lebih berliku. Butuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari pusat kota menuju tempat wisata yang berada di balik hutan pinus ini, dengan harga tiket Rp 5.000 per orangnya.

2. Grand Canon ala Jogja

Grand Canon Ala Jogja

Rekomendasi kedua merupakan sebuah air terjun bernama Luweng sampang yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Objek wisata ini juga termasuk destinasi wisata hits di Jogja terfavorit dan bahkan sering disebut-sebut sebagai Grand Canon-nya Jogja karena keindahan disini hampir mirip dengan keindahan Grand Canon di Amerika. Untuk menuju ke tempat ini diperlukan perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat kota Jogja dengan rute melalui jalan Wonosari menuju ke arah bukit Bintang dan menuku ke Balai Desa Berbah. Harga tiket masuknya adalah Rp 7.000 per orang.

3. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin

Rekomendasi ketiga yang juga termasuk dalam wisata alam Jogja paling populer ini berlokasi  di Dusun Ngentak, desa Candirejo, Semin, Gunungkidul. Telaga Biru Semin terkenal sekali dikalangan wisatawan bahkan sering disebut-sebut sebagai Kelimutu-nya Jogja. Hal tersebut karena warna air danau yang biru kehijuan dengan dikelilingi oleh bebatuan kapur putih kecoklatan di sekitarnya, dengan beberapa tanaman hijau kekuningan yang mengitari. Jalan menuju ke tempat ini lumayan berliku, dan dibutuhkan panduan Google Maps agar memudahkan perjalanan. Pastikan kendaraan Kamu dalam kondisi prima karena jalanan menanjak dan dibutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Jogja. Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 7.000 per orang saat memasuki area wisata ini.

4. Rumah Hobbit, Dlingo

Rumah Hobbit, Dlingo

Kini Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Selandia Baru hanya untuk berfoto dengan latar belakang rumah Hobbit. Cukup pergi ke Jogja, tepatnya di kawasan hutan Pinus Kecamatan Dlingo, Bantul, Kamu sudah mampu berfoto dengan rumah Hobbit yang terbuat dari kayu, ditambah lagi dengan latar belakang hutan pinus yang tinggi menjulang serta sangat rindang. Tempat ini juga termasuk destinasi wisata anak di Jogja saat libur sekolah tiba. Jadi jangan heran saat menemui banyak sekali keluarga yang datang kesini saat liburan sekolah. Untuk menuju tempat ini, ada dua jalur menuju ke kawasan Dlingo yakni dari jalan Imogiri Timur atau dari arah jalan Bantul. Jalanan menuju tempat ini sangat menanjak sehingga pastikan kendaraan Kamu dalam kondisi prima. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 dan sudah bebas untuk mengeksplor Rumah Hobbit, hutan Pinus, serta spot foto unik lainnya yang ada di kawasan tersebut.

5. Foto di Atas Bunga Sepatu Goa Jepang

Foto Di Atas Bunga Sepatu Goa Jepang

Berfoto di ketinggian dengan latar belakang alam lepas nampaknya tengah menjadi tren di kalangan pecinta traveling. Pasalnya pemandangan alam nan indah seperti itu tidak mudah untuk didapatkan dimanapun juga, dan hanya di wilayah tertentu. Kali ini di sekitar kawasan Parangtritis tepatnya masih di lokasi wisata Goa Jepang Pundong terdapat spot foto menarik dari ketinggian, dengan menaiki replika bunga sepatu besar. Jadi berfoto di tempat ini akan menampakkan seakan Kamu sedang keluar dari bunga sepatu yang mekar. Kawasan ini sangat mudah untuk dicapai, cukup mengikuti jalan Parangtritis, dan berbelok ke timur di papan petunjuk arah menuju Goa Jepang. Untuk berfoto di tempat ini pengunjung dapat menikmatinya secara cuma-cuma, atau membayar dengan sukarela di kotak sumbangan yang disediakan.

6. Air Terjun Kembang Soka, Kulonprogo

Air Terjun Kembang Soka, Kulonprogo

Destinasi wisata Jogja selanjutnya yang juga termasuk dalam wisata air terjun ini sering sekali menjadi trending di instagram dan media sosial lainnya. Meski air terjun Kembang Soka memiliki lebar kurang lebih hanya 3 meter saja, namun keindahan alam di sekitarnya yang membuat tempat ini populer di kalangan pengguna media sosial. Warna air yang jernih kebiru-biruan dan sedikit hijau, ditambah dengan bebatuan karst yang berbentuk unik karena mengikuti aliran air terjun, membuat semua kombinasi tempat ini menjadi sebuah pemandangan indah. Terletak di Dusun Gunungkelir, Jatimulyo, Kulonprogo, pengunjung bisa menikmati keindahan ini dengan membayar Rp 3.000 saja per orangnya.

7. The World Landmark, Taman Merapi

The World Landmark, Taman Merapi

Jika Kamu menggunakan jasa travel Jogja atau menyewa paket wisata Jogja maka tempat ini harusnya menjadi salah satu tujuan Kamu. Terletak di pelataran Museum Gunung Merapi di Jalan Kaliurang, the World Landmark merupakan sebuah destinasi wisata baru yang menawarkan pemandangan dunia mini. Disebut demikian karena disini Kamu bisa melihat Menara Eiffel, Patung Liberty, Kincir Air, serta taman bunga yang bermekaran di satu tempat. Keindahan tempat ini akan memberikan sensasi berasa di luar negeri, dan sangat cocok bagi pecinta selfie. Kamu hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk dapat berfoto dengan seluruh miniatur landmark dari berbagai negara, serta pemandangan gunung Merapi sebagai latar belakang.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Kembali di kawasan Kulonprogo, Kamu dapat merasakan santainya bersantai sambil berendam di dalam kolam air terjun Kedung Pedut, dan menikmati keindahan alam nan eksotis. Di sebelah kiri air terjun terdapat batuan tebing yang terbentuk balok-balok unik, sedangkan di sebelah kanan ada batu yang ditumbuhi oleh tanaman hijau nan asri. Lokasi tempat ini ada di desa Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Dari kawasan pusat kota Jogja diperlukan waktu selana 1,5 jam untuk menuju ke tempat ini, dengan harga tiket sebesar Rp 4.000 saja per orangnya.

9. Watu Goyang, Bantul

Watu Goyang, Bantul

Satu lagi tempat wisata Jogja untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian di kawasan Mangunan, Bantu. Di watu Goyang ini, ada spot yang disediakan untuk menikmati pemandangan alam sekaligus pemandangan matahari terbenam di kala senja. Untuk menikmati keindahan ala mini pengunjung harus membayar Rp 7.000 per orang. Rute menuju tempat ini lumayan berliku karena berada di kawasan pegunungan, dan petunjuk arah dapat diakses dari Google Maps.

10. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Destinasi wisata Jogja terakhir yang bisa kami rekomendasikan untuk spot foto apik Kamu adalah Bukit Bintang. Seperti namanya, tempat ini memang lebih cocok dikunjungi pada malam hari saat pemandangan lampu-lampu perkotaan dari atas bukit, layaknya bintang di langit. Kawasan bukit bintang sudah sangat dikenal luas oleh para wisatawan dan sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh anak muda. Untuk menuju ke kawasan bukit bintang Kamu dapat melintasi jalan Imogiri timur di selatan Terminal Giwangan, dan mengikuti jalan menuju ke perbatasan Gunungkidul. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan saat memasuki tempat wisata di Jogja yang satu ini karena memang tempat ini merupakan sebuah kedai makanan dan restauran. Jadi Kamu hanya perlu memesan beberapa set makanan dan minuman untuk menemani waktu Kamu berada disini. (jow)