Ilustrasi usaha sendiri (Pxhere)

Menjadi seorang mahasiswa, mungkin kamu bakal kepikiran bagaimana caranya untuk bisa membayar kuliah kamu sendiri tanpa membebani orangtua. Caranya nggak lain adalah dengan membuka usaha sendiri. Biasanya, yang menjadi perhatian utama dalam membuka usaha sendiri adalah soal modal. Buat kamu mahasiswa, nggak usah khawatir, karena usaha-usaha berikut ini hanya butuh modal di bawah Rp 1 juta.

1. Jualan pulsa

Ilustrasi menelepon (Pixabay)

Mungkin ini sudah menjadi andalan banyak kalangan karena modalnya yang cukup rendah dan cara menjalankannya juga mudah. Terlebih saat ini semua orang memiliki smartphone dan banyak yang membutuhkan pulsa untuk paket internet. Usaha ini bisa menjadi pilihan kamu untuk langkah awal membangun usaha. Untuk deposit pulsanya juga nggak mahal, dengan modal Rp 300 ribu, maksimal Rp 500 ribu sudah cukup.

2. Buka warung kopi

Warung kopi (Minumkopi)

Jika membuka kafe masih terlalu tinggi buat kamu, kamu bisa membuka warung kopi sederhana. Kamu bisa membuka warkop ini di rumah kamu sendiri. Modal awal untuk membuka ini nggak lebih dari Rp 1 juta. Kamu cuma butuh bikin spanduk dengan tulisan warung kamu, tikar, kompor, dan perlengkapan dapur lain yang harganya sangat murah. Lumayan kan kamu masih bisa tetap kuliah, lalu buka warung kopi saat sore atau malam hari.

3. Dropshipper

Ilustrasi dropship (Pixabay)

Zaman sekarang sudah semakin banyak orang yang belanja secara online. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menjadi dropshipper. Kamu juga nggak perlu memiliki stok barang di rumah karena kamu akan memesan order dari pembeli ke pihak ketiga. Kemudian pihak ketiga juga yang akan mengirim pesanan ke pembeli kamu. Banyak jenis banyak yang biasa jadi pilihan dropshipper, seperti baju, aksesori, elektronik, dan lainnya.

4. Buka les privat

Ilustrasi les privat (Wikimedia)

Usaha ini cocok bagi kamu yang mahasiswa yang kuliah jurusan keguruan maupun bahasa asing. Caranya adalah kamu tinggal promosikan diri ke orang sekitar atau media sosial. Kemudian murid bisa datang ke rumah kamu, atau kamu yang datang ke rumahnya. Untuk harga kamu bisa mencari standar di wilayah kamu. Modal pun juga nggak sampai Rp 1 juta, yang perlu kamu beli adalah buku pelajaran, alat tulis, dan lainnya.

5. Buka pesanan kue

Kue Lebaran (Maydaysur)

Buat kamu yang suka masak bisa membuka usaha ini. Kue-kue ini banyak dicari saat momen Idul Fitri atau Natal. Kamu juga nggak perlu sewa tempat untuk awal memulainya, kamu bisa membuka di rumah dulu. Kemudian nanti kue bisa diantar ke rumah yang memesan. Selain belanja kebutuhan memasak kue, modal yang cukup besar hanya untuk membeli oven. Namun tenang, banyak oven yang harganya di bawah Rp 1 juta, bahkan Rp 300 ribuan juga ada.

Itulah tadi beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Usaha apa pun yang kamu pilih, jika kamu menjalaninya dengan tekun, maka kamu pasti bisa sukses. (tom)