Ilustrasi berangkat kerja (Pxhere)

Siapa yang masih terbawa suasana liburan tahun baru? Mungkin di antara kamu masih ada yang libur hari ini, atau bahkan sudah mulai bekerja lagi. Jika masih terbawa suasana libur panjang, bisa jadi kamu kerjanya malas-malasan. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk bisa mengembalikan semangat kamu untuk bekerja di tahun yang baru ini.

1. Bikin catatan kecil

Ilustrasi catatan kecil (Pexels)

Di hari pertama kerja, ritme tubuh kamu masih ritme yang kamu pakai saat santai-santai di rumah. Akibatnya, kemampuan konsentrasimu pun menurun. Siasati ini dengan bikin catatan berisi tugas-tugas yang mesti kamu selesaikan dalam satu hari dan satu minggu ke depan. Jika hingga Jumat pun pekerjaanmu masih numpuk, bikin catatan lagi tentang tugas yang harus diselesaikan di hari Senin berikutnya. Tempel catatan ini di tempat yang terlihat, seperti layar komputer.

2. Bawa kenangan saat liburan ke tempat kerja

Foto liburan (Pixabay)

Jika menurutmu foto-foto atau suvenir dari kampung halaman kamu saat berlibur kemarin memang bisa membuat kamu tambah fokus bekerja, nggak ada salahnya jika kamu bawa benda-benda itu ke kantor. Kenangan itu juga nggak harus berupa barang, bisa juga kenangan yang tertempel di benakmu, yang bisa kamu ceritakan ke rekan-rekan kerja kamu. Jika suasana tempat kerja kamu menyenangkan, kamu juga akan jadi semangat untuk kerja.

3. Jangan lihat jam

Jam dinding di kantor (Pixabay)

Jika kamu sering bekerja sambil melihat jam, lebih baik hilangkan kebiasaan kamu itu. Menunggu-nunggu waktu pulang kantor akan bikin kamu tambah stres. Daripada lihat jam terus, lebih baik kamu ambil waktu istirahat tiap beberapa jam sekali. Jangan gampang marah atau hilang semangat ketika kamu nggak bisa sepenuhnya konsentrasi di hari pertama kerjamu ini. Semua penyesuaian butuh waktu. Tunggu saja 2-3 hari lagi, dan kamu bakal tancap gas seperti biasanya.

4. Jangan langsung kerjakan semua kerjaan

Ilustrasi kerjaan numpuk (Pixabay)

Walaupun tugas kamu sangat mendesak dan harus diselesaikan hari itu juga, usahakan tetap meluangkan waktu untuk break. Entah itu sekedar mencuci muka, berjalan sebentar ke pantry, atau menyeruput kopi. Dengan beristirahat sebentar, kamu bisa mencegah rasa bosan atau lelah karena kerjaan. Kamu pun bakal tetap semangat menyelesaikan tugasmu.

5. Rencanakan liburan berikutnya

Ilustrasi rencana liburan (Pxhere)

Kamu nggak perlu nunggu Natal atau Tahun Baru 2019 untuk melakukan liburan. Coba rencanakan wisata di hari libur terdekat seperti momen 17-an, Idul Adha, atau bahkan Idul Fitri. Bikin rencana seperti ini akan bikin kamu lebih termotivasi, karena kamu memiliki sesuatu yang kamu tunggu-tunggu di masa depan nanti. Dengan begitu kamu jadi lebih semangat bekerja.

Itulah 5 cara untuk mengembalikan semangat kerja kamu di hari pertama. Baru masuk kerja setelah liburan bukanlah alasan untuk malas-malasan. Tetap semangat! (tom)