Suvenir pernikahan (Travelvita)

Sebagian orang menganggap suvenir itu tidak begitu penting, makanya mengandalkan pedagang di luaran sana yang banyak menjual suvenir pernikahan dengan harga miring. Kalau dipikir-pikir lagi, suvenir pernikahan meskipun berharga miring tetap bisa terbuang sia-sia jika barangnya sendiri nggak berguna bagi pengunjung. Hal itu secara nggak langsung juga membuat budget untuk suvenir terbuang sia-sia. Nah, biar budgetmu nggak sia-sia, berikut beberapa referensi suvenir undangan dengan budget bersahabat namun sangat berguna buat tamumu.

1. Pouch

Pouch (Pixabay)

Untuk perempuan ataupun laki-laki, pouch itu berguna banget untuk kegiatan sehari-hari. Bagi perempuan, bisa jadi tempat alat make up biar lebih rapih sebelum dimasukkan ke dalam tas. Untuk laki-laki, pouch bisa jadi tempat power bank sekaligus kabelnya. Untuk pouch ini, kamu bisa custom di tukang jait dengan membeli bahan meteran atau bikin sendiri. Pouch juga bisa didapatkan dengan harga yang beragam, tergantung kepada orientasimu. Biasanya pouch ini bisa didapat dengan harga sekitar Rp 5 ribu.

2. Mini candle

Mini candle (Pinterest)

Buat tamu kamu yang sudah menikah, mini candle jadi suvenir yang berguna banget. Pasalnya, bukan hanya bisa menjadi pajangan yang cantik, tapi mini candle ini bisa menghiasi malam romantis mereka. Yang perlu kamu lakukan adalah mencairkan lilin besar dan memasukannya ke dalam botol yang cantik, tambah sumbu dan berikan pita lucu untuk menghiasinya. Harga dari lilin hias juga tidak terlalu mahal dan kamu bisa dengan mudah mendapatkannya.

3. Pembuka tutup botol

Pembuka tutup botol (Sutarsouvenir)

Siapa sih yang nggak butuh pembuka tutup botol? Meski jarang minum sirup, tapi paling tidak, satu tahun sekali saat Lebaran ataupun Natal, sirup pasti jadi minuman andalan saat kumpul keluarga. Nah, oleh karena itu, pembuka tutup botol bisa jadi referensi suvenir pernikahanmu. Ganti saja gagangnya dengan dekorasi yang unik, dengan potongan kayu dengan ukiran inisial namamu dan pasangan misalnya.

4. Tatakan gelas

Tatakan gelas (Pinterest)

Tatakan gelas memang biasanya digunakan di restoran saja. Tapi, kalau disediakan, pasti akan berguna untuk mereka. Harganya mulai dari Rp 3 ribu per buah, tergantung dari bahan yang dipakai. Atau kamu bisa bikin sendiri. Coba beli lembaran karton tebal yang kamu potong dengan bentuk yang kamu inginkan, bisa bulat, berbentuk hati atau bahkan kotak. Kalau kamu punya engraver pen atau pulpen otomatis untuk mengukir, kamu bisa mengukir sesuatu di dalamnya, misalnya sebuah quotes singkat yang inspirasional.

5. Pembatas buku

Pembatas buku (Flickr)

Minat baca orang Indonesia memang masih di bawah standar. Siapa tahu pernikahanmu dengan suvenir pembatas buku bisa mengajak tamu-tamumu untuk mulai membaca buku. Coba cari desain pembatas buku di internet yang enak dilihat, atau kamu juga bisa menyelipkan beberapa quotes mengenai membaca buku di dalam pembatas buku itu.

Sayang kan, kalau budget pernikahanmu dikeluarkan hanya untuk formalitas namun nggak berguna. Ide-ide suvenir di atas dijamin akan berguna untuk tamu undanganmu. (tom)