Menikmati udara segar khas pegunungan dan dikelilingi dengan pepohonan dan tumbuhan asri nan hijau, tentu akan membuat siapapun menyukainya dan sangat cocok sebagai pilihan untuk melepaskan penat selama bekerja dan mengembalikan kesegaran otak dan juga semangat. Selain itu, tempat-tempat wisata alam memang akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan wisatawan karena layak untuk diabadikan di dalam foto dan para pengguna sosial banyak yang menyukai foto-foto dengan latar belakang alam tersebut.

Salah satu kota yang juga menyimpan banyak wisata alam adalah Jogja. Bila Anda sedang berada di Jogja atau akan merencanakan travel ke Jogja pada hari libur nanti, ada beberapa lokasi yang pasti menenangkan pikiran dan menyegarkan badan Anda. Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata alam Jogja yang dapat Anda kunjungi saat weekend atau libur panjang nanti.

1. Puncak Becici

Puncak Becici

Rekomendasi pertama Tempat wisata alam di Jogja yang juga menjadi destinasi wisata Jogja paling populer di berbagai media sosial adalah Puncak Becici. Disini Anda dapat melihat pemandangan perkotaan dari jauh dengan pepohonan hijau di sekitar kawasan bukit. Selain itu, sebelum menuju ke puncak Becici, Anda harus melewati pepohonan pinus yang tentunya akan menambah suasana sejuk dan segar serta tak jarang dijadikan tempat berfoto. Tempat ini terkenal di kalangan pengguna media sosial, terutama untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset). Untuk menuju ke sini, diperlukan perjalanan selama 1 jam dari pusat kota Jogja, dan sebaiknya Anda menggunakan panduan arah dari Google Maps jika Anda baru pertama kali ke tempat ini. Selain itu cek terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda, karena jalan menuju tempat ini sangat terjal. Tidak ada biaya masuk ke tempat wisata ini alias gratis bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari puncak Becici, hanya biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk roda dua, dan Rp 8.000 untuk roda empat.

2. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi

Terletak di kawasan Dusun Widodomartani, Desa Dalem, kecamatan Ngemplak, Sleman, rekomendasi selanjutnya ini sangat sesuai bagi Anda yang ingin merasakan kesegaran pemandian alami. Sebuah aliran sungai dengan kolam alami yang ada di pemandian tirta budi ini menjadi daya tarik utama para wisatawan yang ingin mencari Tempat wisata alam di Jogja dan sekitarnya. Bermain air sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya merupakan aktivitas yang paling disukai banyak traveler yang mengunjungi tempat ini. Kesejukan air serta banyaknya tanaman rindang yang mengitari tempat wisata dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat kota. Karena objek wisata ini juga termasuk dalam berbagai paket wisata Jogja yang ditawarkan banyak travel agen, maka jangan heran jika Anda menemukan suasana ramai di tempat ini. Harga tiket per orangnya adalah Rp 2.000 dengan jam buka mulai pukul 7.00 di pagi hari dan ditutup pada waktu maghrib tiba.

3. Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Dlingo

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya juga termasuk dalam tempat wisata Jogja terpopuler di sosial media adalah Hutan Pinus yang berada di kawasan Mangunan, Dlingo. Hutan pinus Dlingo merupakan tempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin berekreasi dengan keluarga di bawah pepohonan pinus sehingga tak jarang objek wisata ini juga termasuk dalam destinasi wisata anak di Jogja terfavorit. Tempat ini juga menjadi sering digunakan oleh traveler sebagai spot foto apik karena lokasinya yang sejuk serta pepohonan pinus yang rapat sangat indah untuk diabadikan. Fasilitas yang ada di tempat ini cukup komplit mulai dari kedai makanan, toilet, serta tempat sholat sudah ada di tempat ini. Biaya masuk per orang hanya sebesar Rp 5.000 dan di tempat ini Anda dapat menikmati rumah Hobbit yang terbuat dari kayu, serta beberapa atraksi buatan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

4. Kalibiru

Kalibiru

Di Kalibiru ini Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan, kemudian juga ada danau, serta pemandangan alam nan hijau yang mengelilinginya. Ada satu spot yakni sebuah tempat yang disediakan menempel pada pohon, sehingga pengunjung dapat bersantai di ujung tempat duduk tersebut, dan di bawah Anda sudah ada pemandangan alam yang tinggi yang menyambut. Anda tidak perlu khawatir karena pengunjung yang ingin duduk di tempat tersebut diwajibkan untuk menggunakan tali pengaman, dan tentunya pengunjung yang memiliki fobia ketinggian dilarang untuk memanjat tempat ini. Saat matahari tenggelam adalah saat yang ditunggu oleh para pengunjung untuk menikmati pemandangan sambil berfoto. Berlokasi di Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 3.000 untuk masuk ke kawasan ini, dan tambahan biaya Rp 10.000 untuk menaiki pohon.

5. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo yang terletak di desa Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo ini merupakan gardu pandang untuk di kawasan pegunungan Menoreh. Ada di ketinggian 1.019 mdpl, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan Candi Borobudur di kejauhan yang terlihat berukuran mini, dan juga pemandangan 4 gunung yang mengelilingi: Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, serta Sindoro. Tempat wisata ini juga termasuk destinasi wisata Jogja yang populer dan trending di berbagai media sosial saat ini. Untuk menuju ke tempat ini, diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja, dan harga tiket per orangnya hanya Rp 2.000 saja, dan Anda sudah dapat menikmati pemAndangan alam dari ketinggian yang luar biasa ini.

6. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Berada di Dlingo, Bantul, air Terjun Lepo merupakan sebuah tempat wisata yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam sambil bersantai dan berenang di kolam di bawah air terjun. Bila Anda datang di hari biasa, bahkan tempat ini akan serasa seperti milih Anda sendiri, dan Anda bebas untuk berenang di aliran air sungai yang jernih kehijauan tersebut. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya, namun boleh menyumbang seikhlasnya di kotak sumbangan yang disediakan sebagai perawatan tempat tersebut.

7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Untuk menuju ke kawasan air terjun Sri Gethuk ini, pengunjung perlu menaiki sampan dari tempat tempat parkir menuju ke air terjun yang mengalir. Saat menyusuri sungai menuju air terjun, Anda akan diperlihatkan pemandangan tebing tinggi dengan berbagai tumbuhan di sekitarnya. Tempat wisata Jogja ini sangat mirip seperti kawasan tebing karst yang ada di Thailand. Sesampainya di aliran air terjun, pengunjung bisa berenang dan melompat dari ketinggian untuk melakukan penyelaman. Biaya retribusi atau tiket masuk ke air terjun adalah Rp 5.000 per orang, dan untuk menaiki sampan pulang pergi, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orangnya. Air terjun Sri Gethuk ini berlokasi di Playen, Gunungkidul, Jogja.

8. Gunung Purba Nglanggeran

Gunung Purba Nglanggeran

Satu lagi tempat wisata alam yang termasuk dalam wisata hits Jogja bagi kalangan traveler remaja adalah Gunung Purba Nglanggeran. Karena disini, di puncak gunung purba ada spot foto apik yang sudah disiapkan berupa batu lima jari (karena bentuknya seperti jari tangan berjumlah lima) ditambah dengan background alam hijau dibawahnya. Sungguh pemandangan yang indah.  Untuk menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung harus mendaki ke puncak gunung Purba Nglanggeran. Namun sudah disediakan tangga yang membantu para pengunjung untuk mendaki ke puncak. Untuk menuju ke tempat ini, dibutuhkan perjalanan yang menempuh waktu 1,5 jam dari pusat kota Jogja, dan harga tiket per orangnya adalah Rp 7.000.

9. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten yang berada di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul ini merupakan sebuah danau buatan, yang berada di ketinggian, dengan pemandangan alam perbukitan dari ketinggian. Tempat ini juga disebut sebagai danau buatan tertinggi yang ada di Jogja. Saat yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah di sore hari ketika suasana teduh karena pemandangan alam disini sangat indah, terutama saat melihat matahari terbenam. Dari pusat kota Jogja, Anda perlu  menempuh perjalanan selama 1,5 jam dan juga Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 3.000 per orang sebagai tiket masuk ke dalam objek wisata ini.

10. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Jika mencari pemandangan kebun teh saat berada di Jogja maka sebaiknya Anda pergi ke dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Disini, ada sebuah kebun teh yang dinamakan kebun teh Nglinggo yang menjadi tempat wisata alam Jogja satu-satunya yang memiliki kebun teh di perbukitan Menoreh, Kulonprogo. Suasana alam yang sejuk dan segar akan menyambut kedatangan Anda. Pemandangan alam dari perbukitan tinggi dijamin akan membuat rasa lelah menempuh perjalanan panjang terbayarkan. Butuh waktu sekitar 2 jam memang untuk menuju ke lokasi ini, dan pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja per orangnya. (jow)