Pasangan (Pixabay)

Menikah itu memang butuh berbagai persiapan. Nggak hanya persiapan acara nikah saja, namun kamu dan pasangan kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi apa yang bakal terjadi setelah kamu berdua menikah. Berikut adalah 5 hal yang harus dibicarakan dan dibahas sejak awal sebelum kamu berdua nikah, agar pernikahan kamu tetap langgeng.

1. Komitmen pernikahan

Pasangan menikah (Pixabay)

Pernikahan tentu harus diawali dengan tujuan yang jelas sehingga sangat tepat bagi kamu dan pasangan untuk membahas hal ini sejak awal. Jangan sampai kamu merencanakan pernikahan tanpa adanya tujuan. Pernikahan seperti ini akan sangat rapuh dan tidak memiliki fondasi kuat yang akan menjadi tumpuan kamu dan pasangan pada masa-masa sulit nanti.

Pastikan juga bahwa kamu dan pasangan memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Hal ini akan menjadi pilar penting di dalam membangun rumah tangga yang sedang coba kamu dirikan bersama dengan pasangan.

2. Prioritas pribadi masing-masing

Pasangan anak motor (Pixabay)

Jangan salah, setiap orang tentu akan memiliki berbagai hal yang menjadi prioritas pribadi mereka di dalam kehidupannya. Sekalipun mereka telah memutuskan untuk merencanakan pernikahan. Hal seperti ini wajib kamu bahas dengan pasangan. Sebab bagaimana pun juga kamu dan pasangan tentu memiliki kehidupan pribadi masing-masing, termasuk berbagai prioritas di dalamnya. Mungkin saja berbagai prioritas ini masih tetap ingin dijalankan setelah menikah nanti. Jadi, sangat penting bagi kamu dan pasangan untuk mengetahui prioritas masing-masing sejak awal.

3. Kondisi keuangan setelah pernikahan

Pasangan (Pixabay)

Masalah keuangan bisa dibilang menjadi salah satu yang terpenting dalam pernikahan, karena itu haruslah dibahas sejak dini. Sebelum melangsungkan pernikahan, kamu dan pasangan harus mengetahui kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana mengelolanya selama ini. Selain itu, kamu dan pasangan juga wajib membahas mengenai pengelolaan keuangan rumah tanggamu nanti setelah pernikahan. Jangan sampai kamu tidak memiliki gambaran keuangan rumah tangga kamu dan pasangan nantinya.

Kamu juga perlu memikirkan target keuangan kamu setelah menikah. Nggak perlu memikirkannya terlalu jauh dan panjang. Paling nggak, kamu perlu memiliki target keuangan selama lima tahun ke depan setelah pernikahan. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan untuk membuat gambaran keuangan rumah tangga kamu berdua pada masa yang akan datang, termasuk mempermudah untuk mencapai berbagai tujuan keuangan keluarga.

4. Kondisi keluarga masing-masing

Ilustrasi keluarga besar (Husinonline)

Menikah tentu akan mempersatukan kamu dan pasangan beserta keluarga besar masing-masing sekaligus. Hubungan ini akan menjadi kuat kalau kamu mengenal keluarga besar pasangan dan sebaliknya. Hubungan keluarga besar yang baik akan membuat hubungan kamu dan pasangan juga semakin kuat sehingga sangat penting untuk mulai saling mendekatkan diri antara satu dan yang lainnya. Jangan sampai kamu menikah tanpa mengenal atau bahkan mengetahui kondisi keluarga besar masing-masing. Hal seperti ini akan membuat hubungan menjadi kaku dan tidak hangat.

5. Pembagian tugas rumah tangga

Pasangan (Pixabay)

Bukan hanya istri saja, melainkan suami juga wajib ikut serta dalam mengurus rumah tangga. Ada banyak tugas rumah tangga yang harus diselesaikan. Itulah mengapa akan sangat dibutuhkan kerja sama antara kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan akan menjadi tim kerja dalam menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga tersebut. Hal ini juga wajib kamu bahas sejak awal bersama dengan pasangan, tentunya dengan mempertimbangkan kondisi pekerjaan utama dan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan kamu dan pasangan.

Itulah 5 hal yang harus dibahas sebelum menikah dengan pasangan kamu. Setelah membahas kelima hal tersebut, kehidupan rumah tangga kamu bakal lebih langgeng dan terbebas dari masalah. (tom)