Gita Savitri Devi (Instagram)

Nggak sedikit anak muda di Indonesia ini yang berkeinginan untuk kuliah di luar negeri. Bahkan ada juga yang kini sudah kuliah di luar negeri. Mereka menganggap bahwa universitas di luar negeri memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang ada di Indonesia, meskipun faktanya belum tentu demikian. Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri, lebih baik kepoin dulu 5 vlogger Indonesia ini, yang sudah lebih dulu kuliah di luar negeri, agar kamu bisa tahu gambarannya.

1. Gita Savitri Devi

Mahasiswa S1 Universitas Frei Berlin ini juga salah satu vlogger yang cukup populer sebagai sumber informasi teman yang ingin kuliah di Jerman khususnya. Gita menceritakan proses awal saat akan mendaftar kuliah di Jerman, proses seleksi, termasuk kemampuan apa yang harus dikuasai. Yang jelas salah satu pelajaran wajib yang harus kita kuasai adalah Bahasa Jerman tingkat lanjut dan konsep matematika. Gita juga menceritakan secara detil tentang kehidupan kuliahnya yang sangat demanding, kesulitan yang dia hadapi, tips mengatur biaya hidup, dan tentunya pengalaman culture shock.

2. Turah Parthayana

Turah adalah mahasiswa S1 di Universitas Tomsk, Rusia. Dari banyak vlog yang bertebaran di YouTube, video Turah mendapat banyak perhatian sebab jarang orang Indonesia yang menceritakan pengalaman kuliah di Rusia. Dari videonya Turah, kita jadi tahu beberapa hal yang berbeda dari perkuliahan di Rusia, seperti jam kuliahnya yang cukup panjang, kuliah mulai hari Senin hingga Sabtu, serta ada mata kuliah olahraga yang ternyata wajib diikuti.

3. Syarif Zapata

Syarif bisa dibilang cukup baru di dunia vlogging, tetapi dia berhasil meraih banyak subscriber melalui kontennya yang cukup informatif dan menarik. Selain memberikan informasi tentang kuliah di luar negeri, vlogger yang satu ini juga membuat konten original membahas tentang komunitas Indonesia di Eropa, perbedaan budaya tertentu yang menurutnya penting untuk dipahami. Berbeda dengan mahasiswa biasanya yang sejak lulus SMA langsung berkuliah di luar negeri, Syarif memulai petualangannya di Eropa menjadi seorang au pair (seperti home stay) di Jerman selama beberapa tahun. Saat itu, ia sudah berstatus sebagai mahasiswa di Indonesia. Namun, akhirnya ia menemukan jalan untuk melanjutkan kuliah S1 di Jerman dan Swiss.

4. Febrina Du

Cewek pemilik akun Febrina Du di YouTube ini mengunggah sebuah video Question and Answer tentang pengalaman kuliahnya di Korea pada tahun 2016 lalu. Di-subscribe oleh lebih dari 4 ribu orang saat tulisan ini dibuat, Febrina juga cukup sering membagi video tentang pengalamannya tinggal di Korea. Meski video yang diunggahnya belum terbilang banyak, namun videonya bisa kamu tonton untuk bisa tahu gambaran mengenai kuliah di Korea.

5. The Mademoiselle Corner

Selain berbagi soal pengalamannya kuliah di Prancis, cewek yang diketahui bernama Ester ini juga sering mengunggah videonya jalan-jalan ke Belanda dan Spanyol, atau video yang berkaitan dengan kuliner di Prancis. Subscribers-nya di YouTube lumayan banyak, yakni 3.500 orang. Dalam video-video yang dihasilkannya, jelas bakalan bermanfaat banget buat kamu yang pengen ke Prancis untuk kuliah.

Bagaimana? Sudah dapat pencerahan dari vlog ini? Semoga keinginan kamu untuk kuliah di luar negeri bisa tercapai ya. (tom)