Yogyakarta atau sering juga disebut dengan Jogja, merupakan kota yang terkenal dengan kearifan budayanya yang sangat kental. Saat Kamu datang berkunjung ke Jogja, Kamu akan merasakan keramahan penduduk lokalnya serta melihat secara langsung kearifan budaya yang masih sangat dijaga hingga saat ini. Selain itu, sudah banyak orang yang mengetahui bahwa Jogja juga menawarkan berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam, pantai, air terjun hingga wisata kuliner. Jika Kamu datang bersama keluarga, Kamu juga bisa memilih berbagai tempat wisata anak di Jogja yang sudah disiapkan untuk liburan dan rekreasi anak.

Namun, jika Kamu tidak memiliki waktu banyak berada disini, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Jogja yang berada di pusat kota dan berdekatan dengan tempat wisata lainnya. Tentu dengan begitu, waktu liburan Kamu akan jauh lebih efisien dan berkesan.

1.Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Dimulai dengan tempat wisata Jogja yang paling terkenal, yakni jalan Malioboro. Selain sebagai surga bagi para penggemar belanja oleh-oleh khas Jogja, Malioboro juga menawarkan kebudayaan lokal seperti pada bangunan yang berdiri di sekitarnya, dan adanya beberapa dokar yang masih dapat dijumpai di sepanjang jalan ini. Di sore hari, jalan Malioboro juga menampilkan pertunjukan seniman jalanan berupa band musik angklung dengan lagu dangdut atau lagu-lagu lainnya. Tak jarang banyak para wisatawan yang sering ikut memeriahkan acara ini dengan menari bersama saat mendengarkan alunan lagu-lagu yang dibawakan oleh para seniman jalanan tersebut. Sangat mudah untuk menuju ke jalan Malioboro, terutama bila Kamu baru datang di stasiun Tugu Jogja. Cukup berjalan dari pintu keluar stasiun Tugu di Jalan Pasar Kembang ke arah selatan, dan dalam 200 meter Kamu sudah akan melihat plang jalan bertuliskan jalan Malioboro menyambut Kamu.

2.Museum Vrederburg

Museum Vrederburg

Dari jalan Malioboro, cobalah berjalan lurus ke arah selatan, bila Kamu tidak tahu arah, maka ikuti saja arah para motor yang sedang lewat karena jalan ini merupakan sebuah jalan searah. Sebelum di ujung perempatan, tepatnya di sebelah kiri, Kamu akan melihat sebuah gapura ala bangunan belanda bertuliskan “Museum Vredeberg.” Tempat wisata di Jogja yang masih terjaga ini menyimpan benda-benda bersejarah dari jaman kerajaan Mataram dan penjajahan Belanda, serta ada diorama yang menggambarkan situasi perang. Harga tiket masuk per orangnya hanya Rp 3.000 saja. Tempat ini juga sangat cocok bagi pecinta fotografi karena bangunan yang klasik khas arsitektur Belanda.

3.0 KM

0 KM

Keluar dari Museum Vredeburg, coba berjalan lagi ke selatan hanya sejarak 100 meter saja. Maka Kamu akan melihat sebuah perempatan, dimana ada bangunan dengan arsitektur unik di sebelah selatannya. Perempatan ini adalah yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai kawasan 0 KM yang telah menjadi tempat wisata Jogja yang ramai dikunjungi saat malam hari bahkan hingga terkesan tidak pernah sepi. Para wisatawan selalu datang ke tempat ini untuk sekedar berfoto dengan latar belakang bangunan dengan arsitektur unik yang sekarang menjadi sebuah bank, dan juga kantor Pos Indonesia yang ada di seberangnya. Ada banyak atraksi yang bisa Kamu saksikan di kawasan 0 km terutama di malam hari, mulai dari komunitas sepatu roda yang beraksi, melihat pertunjukan sulap oleh seniman jalanan, dan lain sebagainya.

4.Taman Pintar

Taman Pintar

Dari kawasan 0 km, coba jalan menuju ke arah timur, atau tepatnya dari perempatan belok ke kiri. Jalan selama 200 meter dan Kamu akan melihat pintu masuk menuju ke Taman Pintar. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata Jogja untuk edukasi anak yang lengkap dengan aneka atraksi seperti planetarium, peragaan pengolahan susu dan aneka industri lain, dan masih banyak wisata edukasi lainnya. Tiket utama untuk masuk ke Taman Pintar adalah Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa, dan untuk masuk planetarium sebesar Rp 15.000. Untuk masuk ke teater 3D akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 20.000 per orang.

5.Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat wisata Jogja selanjutnya yang juga masih berdekatan dan termasuk pusat kota adalah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kembali dari arah 0km, coba berjalan lurus ke selatan dan Kamu akan menemukan sebuah tanah lapang yang luas dan sebuah bangunan di belakangnya. Bangunan tersebut merupakan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tempat Sultan Jogja dan keluarganya berada. Wisatawan diperbolehkan memasuki tempat ini dan akan melihat aneka koleksi milik keraton berupa keris, serta peninggalan pusaka lainnya. Sudah banyak sekali paket wisata Jogja yang menawarkan para wisatawan untuk melihat langsung tempat bersejarah ini. Harga tiket sekali masuknya adalah Rp 15.000 per orang.

6.Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Sebelum menuju ke Keraton dari arah 0 Km, Kamu akan melihat sebuah museum di sebelah Barat, yang bernama museum Sonobudoyo. Bangunan museum yang dibuat seperti rumah Jawa tradisional ini menyimpan peninggalan bersejarah sejak jaman kerajaan, bahkan hingga Al-Qur’an lama. Untuk masuk ke museum ini, setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 saja. Bagi pecinta fotografi yang sedang menjelajah tempat wisata di Jogja, tempat ini juga sangat cocok untuk untuk menambah hasil foto dengan background arsitektur bangunan yang klasik dan tradisional.

7.Kawasan Gudheg Wijilan

Kawasan Gudheg Wijilan

Setelah puas melihat keindahan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, silahkan menuju ke arah timur. Setelah 200 meter, Kamu akan menjumpai pertigaan ke selatan, dimana ada gerbang melengkung berwarna putih. Tempat wisata Jogja yang satu ini sangat terkenal sebagai sentra oleh-oleh Gudheg khas Jogja. Kawasan ini dinamakan kawasan Wijilan. Rasanya kurang lengkap bila Kamu berkunjung ke Jogja belum mencoba kuliner manis satu ini. Kamu juga dapat membeli gudheg dalam kaleng untuk oleh-oleh yang dapat disimpan dalam jangka panjang. Harga satu porsi gudheg berkisar mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 90.000 untuk porsi komplitnya.

8.Alkid

Alkid

Alkid atau merupakan kependekan dari Alun-Alun Kidul adalah salah satu destinasi wisata Jogja lainnya yang tidak boleh untuk Kamu lewatkan. Tempat ini sangat dekat dengan kawasan Wijilan, dimana Kamu tinggal menyusuri ke arah selatan, lalu berbelok ke barat (untuk panduan lengkapnya silahkan melihat ke Google Maps). Di siang hari, ada beberapa orang yang berteduh di pinggir alkid, hanya sekedar duduk-duduk dan menikmati pemandangan lalu lalang orang Jogja atau sambil menikmati es kelapa muda atau aneka kudapan yang tersedia di sana. Alkid juga termasuk salah satu rekomendasi tempat wisata malam Jogja. Karena disini keramaian pengunjung akan semakin terlihat saat malam tiba, terutama para pemuda-pemudi yang menaiki mobil-mobilan berwarna-warni untuk berkeliling di kawasan Alkid. Satu lagi hal yang tidak boleh untuk Kamu lewatkan saat berada di Alkid adalah mencoba permainan berjalan melewati dua pohon beringin di tengah alun-alun sambil menutup mata. Bila Kamu berhasil melewatinya, mitos mengatakan bahwa itu berarti hati Kamu tulus dan lurus.

9.Taman Sari

Taman Sari

Taman Sari adalah destinasi wisata Jogja yang berada di sebelah barat daya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Untuk menemukannya, silahkan mengikuti panduan dari Google Maps untuk lebih lengkapnya. Tempat ini dulunya adalah kolam tempat raja dan keluarganya mandi, namun saat ini sudah tidak digunakan lagi. Namun masih ada kolam peninggalan sejarah dan bangunannya yang unik akan membuat Kamu tertarik untuk dapat berfoto di tempat ini. Tak jarang banyak juga pasangan yang menjadikan kawasan Taman Sari sebagai tempat untuk melakukan foto selfie, bahkan pre-wedding. Tempat ini memang terkenal menjadi satu tempat wisata hits di Jogja bagi para traveler yang memburu spot-spot foto bagus. Harga tiket masuknya per orang hanyalah Rp  4.000 saja. (jow)