Taman Kardus (IG @femmypermatasari)

Inovasi di dunia kuliner memang tak ada matinya. Jika kamu pernah mendengar kafe di dalam kolam, kafe boneka, kafe sosmed, hingga kafe bertema vintage, kali ini ada kafe bertema kardus yang terbilang antimainstream, yakni Taman Kardus. Banyak orang yang terkecoh dengan nama Taman Kardus karena mereka pikir tempat ini adalah sebuah taman dengan kardus-kardus yang menjadi penghiasnya. Tapi ternyata mereka salah. Taman Kardus merupakan sebuah kafe bertema kardus yang baru dibuka pada bulan September 2017. Lalu kardus seperti apa yang digunakan?

Taman Kardus (IG @edgina.portrait)

Ketika kamu memasuki area dalam kafe, kamu akan dibuat takjub oleh pemandangan yang ada di dalamnya karena  hampir sebagian besar interior di bagian dalam kafe ini berbahan material kardus daur ulang, mulai dari dinding, kursi, hingga mejanya. Semua barang-barang yang terbuat dari kardus ini tak hanya pajangan semata loh JB’ers tapi bisa difungsikan dengan baik alias kamu bisa menggunakan kursi dan meja dari kardus ini tanpa perlu takut rusak atau penyok. Hal ini dikarekan bahan yang digunakan terbuat dari kardus tebal berkualitas yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga bisa menahan beban hingga 180 kg.

Taman Kardus (IG @desymutias)

Ide pencetus kafe serba kardus ini berasal dari anak muda asal Bandung bernama Michael Fernando, Nidiya Valencia, dan Osca Dewi yang merupakan lulusan dari desain interior Universitas Maranatha. Mereka ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan memanfaatkan bahan daur ulang agar ramah lingkungan dan bisa memberikan contoh kepada anak muda kalau untuk membuat sesuatu yang unik dan menarik, kamu bisa memanfaatkan barang-barang tidak terpakai yang ada di sekitarmu.

Taman Kardus (IG @wida_risman)

Di Taman Kardus ini ada beberapa spot menarik yang instagramable sehingga dijadikan tempat berfoto oleh banyak orang. Beberapa di antaranya adalah dinding yang memuat miniatur bianglala atau kincir angin, lalu ada figura-figura foto tokoh terkenal di Indonesia, replika rumah hingga Gedung Merdeka Bandung yang bisa kamu masuki bagian dalamnya. Sementara di bagian luar kafe atau area outdoor, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang hijau dan sejuk karena lokasi kafe ini berada di dalam area Green Forest Resort. Tepatnya berada di Jalan Sersan Bajuri No.102, Parompong, Green Forest Resort, Bandung.

Taman Kardus Kafe di Bandung (IG @me_ass_me)

Untuk menu kuliner yang disajikan, ada berbagai macam kuliner lokal khas Sunda seperti ayam goreng sebeuh, seblak, nasi goeng kesang, cireng, tahu jablay, tahu pabalatak, dan masih banyak lagi. Sementara untuk menu minumannya, kamu bisa mencoba bandrek, bajigur, wedang jahe, hingga aneka kopi mulai dari kopi luwak, kopi joss, hingga Vietnam Drip. Kamu tak perlu khawatir dengan harga makanan dan minuman di sini karena kisaran harganya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 40.000 saja kok. Bagi JB’ers yang ingin datang ke sini, Taman Kardus buka mulai dari pukul 11.00 hingga 22.00 malam setiap harinya. Selamat mencoba kulineran seru ya di Taman Kardus!

(rei)