Ilustrasi makan (Pexels)

Mendapatkan kerjaan yang tak kunjung selesai dan menumpuk jelas bisa bikin kamu stres. Stres yang kamu alami dapat meningkatkan kadar kortisol di dalam tubuh kita. Kortisol sendiri merupakan hormon yang bisa membuat kamu jadi ingin makan yang banyak. Jika kamu ingin menekan tingkat stres dalam diri kamu, maka kamu harus pandai dalam memilih makanan yang akan kamu makan. Berikut adalah 5 makanan yang bisa hilangkan stres.

1. Jeruk

Jeruk (Pixabay)

Vitamin C yang ada dalam jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, studi menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk mampu menurunkan kadar kortisol yang akan menurunkan kadar stres. Aroma jeruk juga memiliki efek yang mampu menenangkan pikiran kita, sehingga bikin kita jadi rileks.

2. Mangga

Mangga (Pixabay)

Selain jeruk, buah yang bisa menghilangkan stres dalam diri kamu adalah mangga. Mengkonsumsi mangga akan membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah masalah mata. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam mangga mampu melawan penyakit jantung dan menjaga kesehatan kulit kamu.

3. Ikan

Ikan tuna (Pixabay)

Dalam daging ikan tertentu, terdapat kandungan Omega 3, yang berfungsi untuk membantukamu  meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin tersebut akan membantu menurunkan tingkat stres sekaligus melawan penyakit jantung.

4. Dark Chocolate

Dark chocolate (Wikimedia)

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi dark chocolate jauh lebih sehat dibandingkan dengan susu. Tingkat kortisol dalam tubuh dapat ditekan saat kamu mengkonsumsi makanan ini. Jadi, jika kamu sedang stres, maka jangan meminum susu, tapi makanlah dark chocolate.

5. Oatmeal

Oatmeal (Flickr)

Oatmeal adalah pilihan makanan sehat yang akan membuatmu lebih kenyang, sekaligus mampu menurunkan tekanan darah. Saat kamu memakan oatmeal, dalam tubuh kamu akan melepaskan hormon serotonin. Hormon serotonin yang dilepaskan ini akan membuat stresmu berkurang.

Itulah 5 makanan yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan stres yang ada dalam diri kamu. Jangan lupa untuk membawa makanan-makanan tersebut ke kantor, siapa tahu dibutuhkan. (tom)