Danau Kaolin (Chezabelll)

Eksploitasi alam secara besar-besaran oleh manusia menyebabkan banyak kerusakan di berbagai belahan bumi ini, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, banyak tempat yang dijadikan lokasi penambangan, dan kemudian ditinggalkan begitu sudah nggak produktif. Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, bekas ‘luka’ ini justru kemudian menjadi tempat wisata yang unik dan mengundang wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Buat kamu yang penasaran, berikut adalah 5 lokasi yang dulunya merupakan lokasi tambang yang kemudian jadi destinasi wisata favorit.

1. Brown Canyon

Brown Canyon (Instagram)

Brown Canyon yang tadinya merupakan lokasi penambangan dan berlokasi di perbatasan Semarang-Demak ini sering dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia. Bedanya, Brown Canyon ini ukurannya nggak sebesar Grand Canyon. Para anak muda banyak yang mengunjungi Brown Canyon yang tepatnya berada di Rowosari, Tembang, Semarang ini. Bukan hanya menarik untuk dipandang, akan tetapi lokasi inipun sangat cocok untuk mereka yang hobi berfoto.

2. Bukit Jamur

Bukit Jamur (Instagram)

Meski bernama Bukit Jamur, namun di daerah ini kamu nggak akan menemukan jamur, yang kamu temukan hanyalah bebatuan yang bentuknya menyerupai jamur. Bukit Jamur ini berlokasi di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur. Lokasi yang sering digunakan untuk pre-wedding ini memang terbentuk dari galian tambang yang dulu beroperasi pada tahun 1992. Dengan ditutupnya kegiatan penambangan pada tahun 2008 ini menjadikan Bukit Jamur sebagai lokasi berwisata yang dibuka untuk umum sejak tahun 2010.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin (Instagram)

Selain pantai, Belitung punya pesona alam lainnya, yaitu Danau Kaolin. Danau nan elok dengan air berwarna biru toska ini merupakan bekas tambang Kaolin di Perawas, Tanjungpandan, Belitung. Lokasi ini cocok buat yang suka foto-foto, karena pemandangannya yang mengagumkan. Jika ingin mendapatkan foto yang keren, kamu bisa berkunjung pada pagi hari saat matahari terbit atau sore hari saat matahari tenggelam, dijamin kamu bakal mendapatkan momen yang nggak bakal kamu lupakan.

4. Telaga Biru Cigaru

Telaga Biru Cigaru (Instagram)

Buat yang tinggal di Jakarta, nggak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati pemandangan menakjubkan meskipun lokasinya merupakan bekas tempat penambangan. Telaga Biru Cigaru ini berlokasi di Tangerang. Di balik warna telaganya yang indah ini tersimpan satu mitos. Mitosnya, danau ini dihuni oleh Ratu Pelangi yang menjadikan warna danau menjadi sedemikian rupa. Namun hal tersebut tidak menjadikan Telaga Cigaru sepi pengunjung. Mereka yang penasaran nyatanya tetap berwisata kemari.

5. Danau Quarry

Danau Quarry (Instagram)

Bogor memang memiliki beragam destinasi wisata yang ciamik, termasuk pula lokasi bekas pertambangan ini. Warna danau yang berada di lokasi ini bakal bikin kamu jatuh cinta dan betah berada di sana. Nggak heran, banyak anak muda khususnya yang tinggal di Bogor penasaran lantas mengunjungi panorama danau hijau di daerah Rumpin, Kabupaten Bogor ini. Pas banget nih buat kamu yang suka selfie-selfie ria.

Keren-keren kan lokasinya? Dari kelimanya, mana yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggalmu? (tom)