Gili Labak (Instagram)

Madura semakin mudah diakses karena adanya Jembatan Suramadu. Dengan adanya jembatan tersebut, transportasi dari Surabaya semakin lancar. Efeknya, ada banyak tempat indah dan menarik berupa objek wisata di Madura yang semakin populer dan semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar Pulau Madura, seperti dari Surabaya maupun dari beberapa daerah di Jawa Timur, bahkan dari Jakarta. Jika kamu berkunjung ke Madura, jangan lupa untuk mendatangi 5 lokasi wisata dengan pemandangan alam menakjubkan ini.

1. Telaga Kermata

Telaga Kermata (Instagram)

Objek wisata Telaga Kermata ini merupakan sebuah telaga yang dibangun untuk menjadi sarana irigasi bagi masyarakat sekitar. Tetapi semakin berkembangnya waktu, Telaga Kermata ini dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain sepeda air, speed boat, perahu wisata, perahu karet, uji ketangkasan, serta pengunjung juga dapat memberikan makan ikan secara langsung. Selain itu, jernihnya air di telaga menambah nilai tambah untuk tempat wisata ini karena pengunjung dapat dengan jelas melihat ikan-ikan kecil yang berkeliaran saat mereka menaiki salah satu permainan tersebut. Kamu juga bisa foto-foto di berbagai spot yang disediakan di telaga ini, seperti background hati atau bulan yang ada di dermaganya.

2. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng (Instagram)

Pantai Slopeng menawarkan pesona pantai yang indah dan mempesona, hamparan pasir putihnya yang bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Pantai Slopeng memang nggak kalah dengan pantai-pantai yang ada di tanah air, seperti pantai yang ada di Bali. Selain karena kebersihannya, hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 6 km dengan volume pasir yang sangat melimpah juga menjadi daya tarik pantai ini. Nggak jarang pengunjung yang datang ke pantai ini menyebut pasir di pantai ini dengan gunung pasir. Laut di pantai ini juga tergolong jernih.

3. Gili Labak

Gili Labak (Instagram)

Gili Labak memang tengah hits sebagai salah satu destinasi perawan nan tersembunyi. Keindahan Gili Labak tak lain dan tak bukan adalah karena pasir putihnya yang bersih dan halus. Apalagi tipikal pantai di Madura tidak terlalu berbahaya dengan ombak yang besar seperti di pantai Selatan. Kamu bisa dengan aman bermain seharian di Gili Labak atau menyelami keindahan pesona terumbu karang di Gili Labak. Pulau indah ini tidak terlalu luas, hanya seluas lapangan sepak bola saja. Tak heran jika pesonanya baru diketahui beberapa tahun belakangan ini sebagai salah satu destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan saat kalian berwisata ke Sumenep, Madura.

4. Pantai Lombang

Pantai Lombang (Instagram)

Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang paling sering dikunjungi dan termasuk pantai yang paling favorit bagi masyarakat Madura. Pantai Lombang memiliki pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 km di sepanjang pantai. Pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara udang dengan tinggi rata rata 4 m. Pohon tersebut mengelilingi hampir di seluruh tepi pantai. Dengan adanya pepohonan ini membuat suasana di pantai semakin sejuk dengan semilir angin dan udara yang segar. Ombak yang berada di Pantai Lombang ini nggak begitu besar, sehingga aman untuk berenang maupun aktivitas lain seperti snorkeling. Apabila ingin berenang, di lokasi pantai sudah disediakan tempat untuk menyewa perlengkapan renang seperti ban pelampung.

5. Pantai Nepa

Pantai Nepa (Instagram)

Pantai Nepa adalah pantai yang terletak di Desa , Madura. Pantai ini juga menjadi satu dengan destinasi wisata menarik lainnya yaitu Hutan Kera Nepa. Meskipun letaknya yang sedikit terpencil dan agak jauh dari pusat kota, banyak wisatawan yang mulai tertarik untuk mengunjungi tempat ini dikarenakan pantai ini masih terbilang jarang tersentuh tangan-tangan jahil manusia. Pemandangan yang apik dan elok senantiasa menyambut kedatangan kamu saat berhasil melalui perjalanan untuk sampai ke lokasi ini. Memang nggak mudah untuk mencapai ke Pantai Nepa, namun segala lelah dan rasa capek seketika akan hilang setelah melihat birunya air laut yang sangat kontras dengan warna pasirnya yang putih dan halus.

Jika kamu butuh liburan atau refreshing tapi nggak mau jauh-jauh, kamu bisa kunjungi 5 lokasi wisata Madura di atas, dijamin pikiran langsung segar. (tom)