Ilustrasi persahabatan (Pexels)

Seiring bertambahnya usia, setiap orang biasanya memiliki sahabat dekat dalam kehidupannya. Sosok sahabat dapat menjadi seseorang yang selalu mengerti dan bersedia menjadi tempat bersandar ketika kita membutuhkan. Namun, mencari sahabat yang setia bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan usaha dari masing-masing orang untuk menjaga hubungan persahabatan. Nah, supaya persahabatan kamu bisa awet sampai tua, lakukan 5 cara ini.

1. Saling mengenal lebih dekat

Ilustrasi persahabatan (Pexels)

Seperti halnya hubungan cinta, persahabatan juga memiliki proses mengenal dan memahami karakter masing-masing orang. Seiring berjalannya waktu, seseorang akan mengenal segala hal tentang sahabatnya mulai dari sifat, watak, kelebihan, hingga kekurangan yang dimiliki mereka.

2. Menjadi pendengar yang baik

Ilustrasi persahabatan (Publicdomainpictures)

Sahabat juga menjadi salah satu wadah untuk menceritakan keresahan dan masalah yang sedang dihadapi seseorang. Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik untuk sahabat kamu. Hal ini tentu akan membuat hubungan persahabatan yang kamu miliki semakin dalam dan membangun kepercayaan satu sama lain.

3. Saling membantu tanpa pamrih

Ilustrasi persahabatan (Pixabay)

Ketika berada dalam keadaan sulit, jangan ragu untuk meminta bantuan pada para sahabat. Begitu pula saat sahabatmu dalam keadaan sulit, maka kamu harus membantunya. Lakukan hal tersebut tanpa pamrih atau mengharapkan imbalan tertentu. Ketahuilah bahwa saling membantu satu sama lain akan menumbuhkan ikatan yang lebih baik dalam hubungan persahabatan kamu.

4. Jangan egois

Ilustrasi persahabatan (Pexels)

Sifat egois menjadi salah satu sifat yang membahayakan sebuah hubungan persahabatan. Cobalah untuk menghilangkan sifat egois dari masing-masing diri. Hal ini berarti egois dalam berbagai macam hal, mulai dari memaksakan kehendak sendiri, kurang menghargai pendapat orang lain, hingga tidak mau mengakui kesalahan yang sudah dilakukan.

5. Jaga komitmen bersama

Ilustrasi persahabatan (Pexels)

Hal terakhir yang dibutuhkan untuk membuat hubungan persahabatan selalu berjalan lancar adalah komitmen dari masing-masing orang. Jagalah tali persahabatan kamu dengan menjaga komunikasi dengan baik, menyisihkan waktu bersama, dan bersikap jujur satu sama lain. Ketika hal ini sudah tercapai, persahabatan kamu tentunya akan selalu berjalan lancar hingga tumbuh dewasa nanti.

Itulah 5 cara menjaga persahabatan kamu agar awet sampai tua. Jangan sampai persahabtan kamu terputus hanya karena hal sepele ya JB’ers. (tom)