Ilustrasi bertengkar dengan pacar (Kitamuda)

Kebanyakan orang menyangka bahwa pasangan yang sering bertengkar hubungannya nggak akan bertahan lama. Padahal, yang ada justru sebaliknya. Bertengkar malah bisa mempererat hubungan kalian lho. Berikut ini adalah 5 alasan bertengkar dengan pacar justru bisa membuat hubungan kalian makin awet, sehingga kamu nggak usah khawatir kalau kamu terjebak dalam pertengkaran dengan pacarmu.

1. Kamu jadi tahu sifat asli pacarmu

Ilustrasi pasangan (Pixnio)

Selama bertengkar, kamu bisa melihat bagaimana sifat sebenarnya dari pacarmu itu. Siapapun pasti ingin tahu bagaimana sifat pacarnya luar dan dalam. Dengan bertengkar, secara nggak sadar itu juga menolong hubunganmu karena kalian saling mengungkapkan bagaimana ‘the true self’ kalian. Jika kalian masih terus berhubungan meski bertengkar, itu tandanya kalian sudah bisa menerima pasangan kalian masing-masing apa adanya.

2. Kamu jadi tahu betapa pentingnya komunikasi

Ilustrasi pasangan (Pixnio)

Pertengkaran bisa terjadi jika salah satu ada yang salah ngomong. Karena itu kamu jadi menghargai komunikasi yang berkualitas dengan pasanganmu. Kamu menghargai waktu-waktu dimana kalian bisa tertawa lepas akibat percakapan konyol dan waktu berkualitas ketika kalian membicarakan kehidupan. Kamu juga jadi belajar betapa pentingnya untuk berhenti bicara dan mendengarkan apa kata pasanganmu itu.

3. Kamu jadi bisa melihat sesuatu dari sudut pandang lain

Ilustrasi pasangan (Pxhere)

Kebanyakan alasan bertengkar itu karena kamu memaksakan pendapat dari satu perspektif saja, yaitu pendapatmu sendiri. Dengan bertengkar, kamu belajar kalau satu permasalahan bisa dilihat dari banyak perspektif. Banyaknya sudut pandang bisa membuatmu lebih mudah menemukan jalan keluar. Kamu juga sadar, bahwa kamu nggak bisa menjadi manusia sempurna karena pertengkaran itu.

4. Kamu jadi bisa menghilangkan rasa dendam

Ilustrasi pasangan (Pxhere)

Bertengkar adalah saat-saat untuk melampiaskan semua perasaanmu. Bertengkar juga saatnya untuk melegakan perasaanmu dan meninggalkan yang namanya dendam. Dengan membuat perasaanmu lega, kamu bisa lupa apa yang namanya dendam, yang mungkin bisa menyakiti pasanganmu.

5. Pertanda jodoh

Ilustrasi pasangan (Pxhere)

Kadang hubunganmu dengan sang pacar akan diuji dalam suatu pertengkaran besar. Akankah kamu bisa melanjutkan hubungan dengan pasanganmu atau memutuskan untuk berhenti menemui satu sama lain. Tapi kalau dia tetap bertahan di sampingmu setelah melalui pertengkaran super besar, yakinlah, bahwa dia adalah jodohmu.

Itulah 5 alasan bertengkar justru bisa mempererat hubungan kamu dan pacar kamu. Jadi, jika kamu sering bertengkar dengan pacar kamu, jangan putus asa, karena bisa jadi ini merupakan ujian untuk bisa membuat hubungan kamu kekal selamanya. (tom)