Pulau Bahuluang (Instagram)

Nggak akan ada habisnya jika kita berbicara potensi pariwisata dan keindahan Kabupaten Kepulauan Selayar. Keindahan wisata bahari pulau yang berjuluk Tanadoang ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu destinasi wisata di Kepulauan Selayar yang bisa dibilang sebagai surga tersembunyi adalah Pulau Bahuluang.

Pulau Bahuluang terletak di Kecamatan Desa Bahuluang Kecamatan Bontosikuyu. Pulau Bahuluang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putihnya dan pesona Makam Karang serta keindahan bawah laut yang masih terjaga.

Pulau Bahuluang (Instagram)

Makam Karang sendiri adalah pulau yang terbentuk oleh patahan karang yang mati dan terbawa arus sungai sehingga membentuk pulau kecil ditengah lautan. Kalau dilihat dari jauh, pulau ini sepertinya hanya tumpukan dari pasir putih saja. Anggapan itu tak sepenuhnya salah. Sebab di atas pasir putih itu, ribuan karang-karang mati bertumpuk menjadi satu, kemudian membukit.

Uniknya lagi bentuk pulau Makam Karang ini akan berubah setiap musim. Orang lokal mempercayai bahwa pulau ini dibentuk oleh seekor gurita raksasa penunggu laut Pulau Bahuluang.

Makam Karang (Instagram)

Di pulau Karangan ini kita bisa merasakan sensasi berjalan di atas patahan patahan karang dan kita juga bisa menikmati kendahan bawah laut pulau ini dengan diving maupun snorkeling. Selain itu kita juga bisa menyaksikan keindahan sunset Kepulauan Selayar.

Sayangnya, karena belum ada fasilitas apapun, pelancong mesti mempersiapkan segalanya, seperti membawa bekal makan dan minuman. Namun, makanan dan minuman ini harus kamu makan di Pulau Bahuluang. Hal ini dilakukan agar Makam Karang nggak kotor oleh sampah.

Pulau Bahuluang (Instagram)

Selain Makam Karang, Pulau Bahuluang juga menawarkan keindahan panorama alam dengan air lautnya yang sangat jernih. Gugusan batu karang serta beningnya air laut selalu menggoda pengunjung untuk berenang dan berjemur.

Satu tips ketika ingin berkunjung ke pulau ini adalah sebaiknya kamu pergi secara rombongan agar biaya lebih hemat dan disarankan pula membawa Hammock serta alat-alat snorkeling. Selain itu kamu bisa juga membawa tenda dan peralatan kemah ketika ingin camping di lokasi ini.

Bagaimana menurut JB’ers? Apakah keindahan Pulau Bahuluang ini juga berhasil membuat kamu tertarik untuk mengunjungi surga yang tersembunyi ini? (tom)