Lee Se-young (Wikimedia)

Mungkin kamu suka merasa sebel, ketika lagi asyik nonton drama Kora, ternyata subtitle-nya kurang bagus dan malah menghancurkan mood untuk lanjut menonton. Atau ketika grup idol kesayangan kita sedang live di Instagram tapi sayangnya kita nggak tahu apa yang mereka ucapkan. Masalah-masalah semacam ini bisa diatasi dengan cara belajar bahasa yang sama dengan mereka, yaitu Korea.

Buat kamu yang mau belajar bahasa Korea, nggak perlu ikut kursus, yang tentu saja memakan biaya yang nggak sedikit. Kamu bisa belajar bahasa Korea dengan cara meng-install aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Duolingo

Duolingo (Makemac)

Aplikasi Duolingo sudah populer di kalangan pembelajar bahasa. Berbagai bahasa dapat kita pelajari lewat aplikasi ini, terutama Bahasa Korea. Pembelajaran bahasa dari Duolingo dilakukan seperti sedang bermain game saja. Namun nggak sembarang game, tapi game yang dapat membantu kita untuk bisa belajar Bahasa Korea. Di waktu luang ketika sedang berada di KRL atau menunggu teman di mal, kita bisa memainkan game dari Duolingo. Meskipun gratis, kita enggak akan menjumpai iklan, in-app purchases, dan biaya tambahan lainnya.

2. Mango

Aplikasi Mango (Library)

Belajar Bahasa Korea di aplikasi ini nggak menggunakan buku teks yang berat-berat. Lewat Mango, kita bisa belajar Bahasa Korea dengan mendengarkan percakapan sehari-hari yang nyata. Aplikasi ini juga membedah setiap kata dalam kalimat dan tanpa kita sadari, kita jadi mengingat percakapan dari dua orang penutur asli tentang Istana Gyeongbokgung di Seoul. Aplikasi berbayar ini bisa menjadi gratis kalau kita mendaftar melalui perpustakaan umum di tempatmu.

3. HelloTalk

HelloTalk (Igeeksblog)

Dengan Hellotalk, kita bisa membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa yang ingin kita pelajari. Cara pembelajaran pun dilakukan dengan interaksi antar penggunanya. Misalnya kita menuliskan atau berbicara Bahasa Korea, maka pengguna yang lain akan membantu membenarkan apabila kita melakukan kesalahan. Kita juga bisa melakukan hal yang sama kepada pengguna yang lain.

4. Parrot

Parrot (Google Play)

Aplikasi Parrot memungkinkan kita untuk berpasangan dengan orang lain yang menjadi penutur Bahasa Korea dan Bahasa Inggris dan berbicara dengan audio maupun video. Aturan mainnya, 7 menit berbicara dalam Bahasa Korea dan 7 menit membantu pasangan kita berlatih Bahasa Inggris. Setelah waktu habis, maka pasangan berbicara kita akan berganti.

5. MEEFF

MEEFF (Facebook)

Yang menjadi nilai lebih dari aplikasi ini adalah kamu bisa berteman dengan orang Korea dan belajar langsung dari teman kamu itu. Aplikasi ini tersedia dalam versi premium dan gratis. Saat menjalankan versi premium kamu bisa menikmati fitur terjemahan otomatis dan mengirim foto ke ruang obrolan. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat yang menggunakan Android versi 4.1 atau versi yang lebih baru lagi. Di samping itu, kamu bisa menemukan teman yang sama-sama menyukai Korea dan mengobrol via chat yang ada di aplikasi ini.

Belajar bahasa Korea nggak harus ribet dan mahal. Cukup install aplikasi-aplikasi di atas, kamu sudah bisa belajar bahasa Korea. (tom)