Tips Mencari Kuliner yang Murah Saat Traveling

Cari Kuliner Murah Saat Traveling (www.betterhealth.vic.gov.au)

Saat traveling, budget yang banyak dikeluarkan selain untuk transportasi dan penginapan adalah makan. Budget untuk makan memang tak sedikit karena biasanya orang yang traveling cenderung mudah tergiur untuk mencicip aneka kuliner di tempat mereka traveling. Apalagi saat ini kita cenderung mencari tempat makan yang instagramable sehingga terlihat apik saat difoto dan diupload.

Padahal, belum tentu tempat makan yang instagramable ini memiliki kuliner yang enak dan murah. Tempat kuliner yang instagramable cenderung terdiri dari kafe dan restoran ternama yang bisa menguras isi kantong kamu. Lalu bagaimana caranya jika ingin mencari kuliner yang enak dan murah selama traveling? JB’ers harus menyimak dulu tips-tips di bawah ini!

1. Cari Referensi Kuliner dan Sesuaikan dengan Budget

Cari Referensi Kuliner (printure.de)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi kuliner setempat yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Dengan menentukan budget makan per harinya, otomatis budget untuk makan akan lebih terkontrol. Kamu bisa mencari referensi kuliner lewat blog kuliner atau bertanya langsung pada teman atau keluarga yang sudah pernah ke tempat tersebut. Cari lokasi yang tidak terlalu jauh dari penginapan tempat kamu menginap agar tidak keluar biaya tambahan untuk transportasi.

2. Santap Kuliner di Pasar Tradisional

Kuliner di Pasar Tradisional Jogja (pinterest.com)

Untuk sarapan, kamu bisa bangun lebih pagi untuk sarapan di pasar tradisional karena biasanya saat pagi ada banyak makanan tradisional yang bisa kamu santap di pasar tradisional, mulai dari makanan yang mengenyangkan, minuman, hingga kue atau jajanan khas daerah tersebut. Tapi sebelumnya tanyakan terlebih dahulu kisaran harga yang biasanya ditawarkan kepada warga lokal agar nantinya kamu bisa menawar harga yang diberikan penjual kuliner.

3. Cari Food Court

Makan di Food Court (chasingaplate.com)

Ketika jam makan siang sudah tiba, carilah food court terdekat seperti food court yang berlokasi di stasiun, terminal, pusat perbelanjaan, hingga kantor. Rata-rata harga food court jauh lebih murah dibanding kamu bersantap di restoran. Pilihan menu makanannya juga jauh lebih bervariasi. Jika kamu traveling ke luar negeri, carilah food court yang didatangi warga lokal dan pilih menu paket agar lebih murah. Menu paket biasanya sudah terdiri dari makanan, dessert atau buah, dan minuman.

4. Street Food Punya Harga Murah Tapi Rasanya Mewah

Makan Kuliner Kaki Lima (www.restaurants-in-vietnam.com)

Tak menemukan food court? Tenang JB’ers, masih ada street food yang bisa kamu santap untuk makan siang. Meski sebagian besar street food kebanyakan menjual jajanan, tapi ada juga yang menjual kuliner yang mengenyangkan. Ketika kamu mencari street food, usahakan untuk melihat terlebih dahulu kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya, pedagangnya, serta alat-alat makanannya. Bukan karena sok bersih, tapi hal ini hanya untuk berjaga-jaga agar kamu tidak sakit perut, apalagi sampai keracunan makanan. Selain itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu harga yang ditawarkan karena banyak pedagang street food yang menaikkan harga kulinernya karena mereka tahu kalau kamu adalah wisatawan.

5. Kuliner di Night Market Juga Tak Kalah Enaknya

Night Market di Korea Selatan (photoshelter.com)

Untuk makan malam, datangi night market yang ada di daerah setempat. Biasanya night market dibuka mulai pukul 17.00 hingga tengah malam. Kekurangan dari night market ini adalah kamu tidak bisa makan dengan tenang karena suasana yang terlalu ramai. Jadi lebih baik kamu take away makanan yang kamu pesan dan menyantapnya sambil jalan-jalan menikmati suasana malam hari di daerah tersebut. Night market tak hanya bisa membuat perut kamu kenyang, tapi kamu juga bisa berburu oleh-oleh murah karena harga oleh-oleh di night market jauh lebih murah jika dibandingkan di toko souvenir.

Itulah tips-tips yang harus kamu terapkan saat akan mencari kuliner yang murah meriah saat traveling. Tapi jangan lupa ya JB’ers untuk selalu membudayakan bertanya harga terlebih dahulu sebelum memesan agar nantinya kamu bisa makan dengan tenang setelah memastikan berapa harga yang harus kamu bayar. Selamat traveling JB’ers! (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

Kreatif dan Kocak, Cover Lagu Jaran Goyang Ini Sebut 100 Snack yang Ada di Indonesia

Cuma di 7 Kafe Jakarta Ini Kamu Bisa Cobain Mie Instan Paling Beda Banget!