Cobain Solo Traveling yang Anti-Mainstream, Ini Manfaat yang Kamu Dapat


Ilustrasi solo traveling (Flickr)

Kamu biasanya liburan dengan siapa? Pernah terbayang nggak untuk liburan sendirian di kota atau negara tertentu? Kalau belum pernah, kamu harus mencobanya, minimal sekali dalam seumur hidup. Mungkin bagi orang yang nggak terbiasa solo traveling, bepergian ke mana-mana sendirian akan jadi hal yang mengerikan. Namun, semua itu hanya ketakutan kamu yang berlebihan. Padahal, ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dengan solo traveling ini. Inilah 5 manfaatnya.

1. Melatih diri jadi lebih mandiri

Ilustrasi solo traveling (Pixabay)

Dengan solo traveling, kamu akan belajar untuk lebih mandiri. Kamu akan belajar untuk nggak bergantung dengan orang lain, melawan kemalasan, rasa takut, dan sebagainya. Misalnya harus mencari makan sendiri, mencari lokasi wisata sendiri, bertanya kepada warga lokal tentang segala hal, hingga memutuskan apa pun dengan keyakinan sendiri. Dengan begini, kamu juga bisa menjadi pribadi yang mampu untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

2. Jadi lebih percaya diri

Ilustrasi solo traveling (Flickr)

Masih berhubungan dengan poin di atas, dengan berwisata sendiri, kita terbiasa mengambil keputusan sendiri. Bergantung pada rasional, insting, dan konteks tertentu. Mau nggak mau, kita lagi-lagi “dipaksa” percaya diri dengan segala hal yang kita lakukan. Kita harus bertanya kepada orang lain saat tersesat, tentang kuliner halal atau enak, termasuk menghadapi masalah selama liburan. Percaya dirimu akan langsung terasah dengan sendirinya selama perjalananmu.

3. Nggak akan merasa kesepian

Ilustrasi solo traveling (Pexels)

Biasanya kalau kita traveling bersama teman, kita bisa tertawa bersama, ngobrol apa pun, ke mana-mana bersama. Tapi, jangan salah, bukan berarti solo traveling akan membuat kita kesepian. Solo traveling bakal membuat kita jadi lebih “kaya”. Kita bakal bertemu dengan orang-orang baru, termasuk menyapa warga lokal dan mengenali budayanya. Makin banyak orang yang akan membantu karena kita sendirian. Nggak jarang pula solo traveler menemukan tambatan hatinya saat liburan di tanah orang.

4. Menyembuhkan patah hati

Ilustrasi solo traveling (Pxhere)

Biasanya kita bercerita kepada sahabat kalau kita sedang patah hati dan galau. Saat solo traveling, kita justru bisa bercerita dengan alam bahwa hati kita sedang risau. Percayalah, akan banyak hal menarik yang akan kamu temukan selama traveling sendirian. Menemukan orang baru misalnya. Kamu pun tak akan merasa paling sedih sendirian karena masih banyak orang yang tak seberuntung kita.

5. Lebih mensyukuri hidup

Ilustrasi solo traveling (Pixabay)

Alam mengajarkan kita banyak hal, begitu pula dengan perjalanan. Hanya dengan bersolo traveling, kita akan mendapatkan pelajaran berharga dari keduanya. Kamu belajar tentang budaya lokal setempat, membaca pertanda alam, hingga bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang. Sebab, sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan berbagai kondisi masyarakat yang nggak seberuntung kamu.

Setelah tahu manfaat dari solo traveling di atas, apakah kamu jadi nggak takut lagi untuk jalan-jalan sendirian? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak