Ilustrasi menyegarkan pikiran (Pexels)

Rutinitas dan aktivitas kita sehari-hari terkadang membuat kita merasa bosan dan jenuh. Rasa bosan dan jenuh inilah jika dibiarkan lama-lama bisa melebar menjadi salah satu penyebab stres. Obat untuk menghilangkan rasa jenuh ini salah satunya adalah traveling. Namun, nggak semua bisa dan mau untuk traveling. Salah satu kendalanya adalah keterbatasan dana. Nah, buat kamu yang ingin refreshing tapi nggak mau traveling, 5 cara ini bisa kamu lakukan.

1. Matikan gadget dan jalan ke taman dekat rumah

Gadget (Pixabay)

Untuk menenangkan pikiran kamu, sebaiknya matikan semua gadget yang kamu punya jika selama ini kamu sering menggunakannya. Setelah itu, kamu bisa jalan-jalan ke taman dekat rumah kamu, atau sekadar jogging atau jalan-jalan santai dekat rumah. Mungkin biasanya kamu nggak terlalu perhatian dengan lingkungan sekitar rumah kamu karena harus berangkat pagi dan pulang malam. Jika ada waktu senggang, cobalah kamu nikmati jalan-jalan sekitar rumah kamu, mungkin saja pikiran kamu akan segar kembali.

2. Belanja makanan sehat

Pasar ikan (Pixabay)

Kamu bisa bangun lebih pagi dan pergi ke pasar terdekat untuk membeli bahan makanan sehat. Nikmati masa-masa kamu berbelanja itu. Setelah itu, bawa pulang bahan-bahannya dan buat menu masakan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Lalu kamu bisa menikmati makanan itu sendiri atau mungkin hubungi teman-teman kamu dan ajak mereka untuk makan bersama. Hal ini mungkin bisa menjadi suasana baru, dan menghilangkan kejenuhan kamu.

3. Tidur lebih awal

Tidur (Tribunnews)

Untuk bisa mendapatkan pikiran yang lebih tenang dan pastinya membuat kamu merasa lebih berenergi di pagi hari, cobalah untuk tidur lebih awal. Jika biasanya kamu tidur larut malam, dan harus bangun pagi di hari berikutnya, hal itu akan membuatmu kurang tidur, sehingga akan berpengaruh juga pada kesehatan, baik itu kesehatan tubuh maupun pikiran. Buat ruang kamar tidur senyaman mungkin dan nikmati waktu tidur kamu. Dengan waktu tidur yang cukup, kamu pasti akan lebih segar hari berikutnya.

4. Dengarkan musik jazz

Ilustrasi mendengarkan musik (Pixnio)

Musik jazz bisa membantu kamu untuk bersantai saraf dan pikiran. Sediakan alat bantu pendengar musik lalu dengarkan musik melalui perangkat gadget kamu. Mendengar musik untuk sementara waktu di siang hari dipercaya mampu menghilangkan rasa jenuh. Ketegangan dan depresi juga bisa mereda dengan menggunakan terapi musik ini. Jika kamu kurang suka musik jazz, carilah musik lain yang bisa menenangkan, jangan musik yang keras.

5. Gunakan teknik pernapasan yoga

Yoga (Pixnio)

Cara terakhir untuk menyegarkan pikiran kita kembali adalah dengan melakukan teknik pernapasan yoga. Hirup nafas dalam-dalam menggunakan hidung dan buang secara perlahan menggunakan mulut kita. Buang sementara pikiran-pikiran yang menganggu dan membuat mood kamu turun. Dibuang bukan berarti dihilangkan. Setelah pikiran terisi ulang dengan teknik pernafasan ini, lakukan aktivitas kamu seperti biasa dan yakinlah bahwa semua masalah yang menganggu pikiran bisa kamu atasi.

Itulah 5 cara untuk menyegarkan pikiran tanpa harus traveling. Selain jadi lebih produktif, kamu juga bisa menghemat biaya liburan, dan mungkin biaya itu bisa ditabung untuk keperluan di masa depan. (tom)