Bertambah Umur, Semakin Sedikit Teman (cosmopolitanfm.com)

Apa arti teman bagi JB’ers? Teman memiliki arti dan definisi tersendiri bagi masing-masing orang. Ada yang mengatakan sebagai tempat berbagi suka dan duka, orang yang bisa diajak mengobrol dan curhat, hingga orang yang bisa membuat kamu jadi lebih bahagia. Beberapa di antara kamu pastinya menyadari setelah lulus dari sekolah dan sudah memasuki masa kuliah dan dunia kerja, teman yang kamu miliki tak lagi sebanyak saat masih sekolah. Ketika kamu SD, SMP, dan SMA, jumlah teman yang kamu miliki tidak bisa terhitung dengan jari. Tapi ketika sudah kuliah, satu persatu teman akan mulai berguguran dan mulai berkurang hingga kamu memasuki dunia kerja. Banyak yang bertanya-tanya tentang hal ini. Sebenarnya apa alasannya kita tak bisa memiliki teman sebanyak masa sekolah. Menurut JadiBerita, ternyata ada lima faktor atau alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu:

1. Seiring Waktu yang Berjalan, Manusia Pasti Berubah

Seiring Berjalannya Waktu, Manusia Bisa Berubah (ismail17januari.blogspot.co.id)

Seiring dengan berjalannya waktu, sifat manusia pasti bisa berubah. Jika awalnya temanmu adalah orang yang tidak pemarah, setelah beberapa tahun berlalu dan dia mengalami banyak kejadian tak mengenakkan dalam hidupnya yang membuat dirinya lebih sensitif, tak menutup kemungkinan kalau teman kamu jadi lebih mudah marah dan tersinggung. Saat hal ini terjadi, kamu akan merasa kalau temanmu sudah menjadi orang asing. Inilah yang membuat kamu menjauh. Kasus yang sama bisa juga terjadi sebaliknya pada dirimu.

2. Semakin Bertambah Umur, Prioritas Jadi Bertambah

Prioritas Semakin Bertambah (klimg.com)

Ketika kamu masih sekolah, tanggung jawab yang kamu miliki hanyalah belajar dan mendapatkan nilai yang bagus agar bisa naik kelas. Tapi ketika sudah kuliah, kamu tak hanya memikirkan tentang nilai, tapi juga karir dan pekerjaan apa yang akan diambil. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang menjadi freelancer atau pegawai kontrak untuk menambah pengalaman agar nantinya ketika lulus bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Tak jauh berbeda dengan orang yang sudah bekerja, kamu akan dipusingkan dengan pekerjaan kantor sehingga prioritas kamu adalah kantor dan mencari nafkah untuk hidup karena sudah tidak lagi dibiayai orang tua seperti masih sekolah dulu. Lama kelamaan prioritas teman kamu akan menurun dan berada di tingkat paling bawah.

3. Waktu Bertemu Tak Sesering Dulu

Waktu Bertemu Tak Sesering Dulu (www.inovasee.com)

Jika dulu saat pulang sekolah, biasanya kamu dan teman-teman bisa menonton pertandingan futsal atau basket, datang ke pensi, main ke mall, nongkrong di warung dekat sekolah, atau mampir ke rumah salah satu teman. Tapi ketika kamu sudah bertambah usia dan semakin banyak hal yang harus kamu lakukan setiap harinya, waktu untuk bertemu teman tak lagi sesering dulu. Ini adalah realitanya, setelah lelah bekerja dari Senin hingga Jumat dan diajak untuk meet up saat weekend oleh teman-teman. Sebenarnya kamu ingin datang, tapi cucian baju menumpuk dan badan juga terasa lelah sehingga akhirnya kamu tidak datang dan memilih untuk menghabiskan weekend di rumah saja.

4. Tidak Mau Menjalin Pertemanan dengan Orang Baru

Tak Mau Menjalin Pertemanan dengan Teman Baru (www.thebalance.com)

Pernahkah terpikir olehmu kalau saat sekolah dulu, kamu cenderung lebih suka mencari teman baru. Teman yang kamu miliki saat sekolah tak hanya teman sekelas saja, tapi juga teman beda kelas, beda sekolah, teman les, teman eskul, hingga temannya pacar. Hal ini dikarenakan pada masa tersebut, kamu merasa kalau semakin banyak teman, maka kamu bisa dianggap eksis dan terkenal. Tak hanya itu saja, semakin banyak teman, maka orang yang bisa kamu ajak jalan akan semakin banyak dan lebih seru. Tapi ketika sudah dewasa, apalagi sudah memasuki dunia kerja, kamu cenderung malas menjalin pertemanan yang erat dengan orang baru di sekitar dan memilih untuk tetap mempertahankan teman lama semasa sekolah atau kuliah dulu.

5. Seleksi Alam Juga Berlaku untuk Pertemanan

Seleksi Alam Berlaku untuk Teman (IG @emmaltfh )

Seleksi alam ternyata juga berlaku dalam dunia pertemanan. Alasan kenapa teman kamu semakin sedikit setelah bertambah umur, bisa jadi karena adanya seleksi alam. Teman sejati atau yang bisa dikatakan sahabat tak akan lekang oleh waktu. Meski kamu atau dia berubah karakter dan sifatnya, yang namanya teman sejati pasti akan selalu mengingat kamu dan berusaha untuk tetap menjalin tali silaturahmi. Meski kamu atau dia sedang sibuk, sesibuk apapun, teman sejati pasti akan selalu ada saat temannya sedang susah dan sedih. Oleh karena itu, jika sekarang kamu hanya memiliki satu atau dua orang teman, jangan khawatir JB’ers karena mereka adalah teman sejatimu yang menerimamu apa adanya.

Sekarang sudah paham khan kenapa semakin bertambah umur, teman yang kamu miliki semakin sedikit. JB’ers setuju tidak dengan alasan-alasan di atas? (jow)