Padang Pasir Busung (IG @egaayuandira)

Di mata dunia, Indonesia terkenal akan wisata lautnya yang sangat menawan karena ada banyak sekali pantai yang indah serta pemandangan bawah lautnya yang cantik. Tapi kekayaan alam Indonesia tak hanya terbatas pada itu saja, masih ada hutan, gunung, bukit, dan juga gurun pasir yang tak kalah bagusnya. Banyak orang yang tidak percaya kalau Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa ini memiliki gurun pasir. Gurun pasir yang ada di Indonesia ini merupakan sebuah fenomena alam yang terbentuk oleh pergerakan angin.

Jadi, angin membawa pasir dan material vulkanis dari gunung dan terbang ke arah laut. Proses ini berlangsung selama ribuan tahun hingga pada akhirnya bisa membentuk bukit pasir yang menyerupai gurun. Gurun pasir atau gumuk pasir di Indonesia memiliki keunikan lain, yakni perubahan temperatur yang ekstrem karena saat siang hari, pasir akan terasa panas dan ketika malam, pasir justru terasa sangat dingin. Buat JB’ers yang kepengen traveling ke gurun pasir, kamu bisa mendatangi gurun pasir-gurun pasir tercantik yang ada di Indonesia ini, yaitu:

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo (IG @dhionys_)

Gurun pasir paling terkenal di Indonesia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang terketak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Karakteristik pasir yang ada di sini sangat mirip dengan pasir yang terdapat di gurun pasir yang terdapat di negara Meksiko. Konon, pasir-pasir di sini terbawa dari material Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo. Selain menikmati pemandangan, kamu bisa melakukan sand boarding di sini. Buat kamu yang ingin datang ke sini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 saja, tapi belum termasuk parker kendaraan. Untuk motor Rp 3.000 dan mobil Rp 10.000. Tempat wisata ini buka setiap harinya mulai dari 07.30-18.00.

2. Pasir Berbisik Bromo

Padang Pasir Berbisik (IG @meidysalsabilla)

Pasir Berbisik merupakan salah satu tempat wisata yang letaknya di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di sebelah timur kawah Bromo yang berada di ketinggian 2000 m dari atas permukaan laut. Dinamakan Pasir Berbisik karena pada tahun 2001 terdapat sebuah film berjudul sama yang di filmkan di sini. Mengapa dikatakan pasir berbisik? Karena saat angin sedang bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran pasir yang terdengar seperti sedang membisikkan sesuatu di telinga kamu. Suara bisikan ini akan terdengar dengan jelas pada musim kemarau. Buat kamu yang ingin datang ke Pasir Berbisik disarankan untuk mengikuti paket tour Bromo agar memudahkan akomodasi ke tempat ini.

3. Bukit Pasir Busung

Padang Pasir Busung (IG @@andiintanm)

Bukit Pasir Busung merupakan gurun pasir yang berada di Bintan, Kepulauan Riau. Di sini warna pasirnya lebih cerah dibanding gurun pasir lainnya di Indonesia. Bukit Pasir Busung aslinya adalah peninggalan bekas penambangan bauksit yang dulunya diekspor ke luar negeri. Tapi penambangan ini dihentikan oleh warga setempat dan akhirnya terbengkalai dan dibiarkan begitu saka sehingga lama kelamaan membentuk gundukan-gundukan dari pasir secara alami. Bukit Pasir Busung ini dengan cepat terkenal dan viral di instagram karena tempatnya yang sangat cantik untuk berfoto. Kamu tidak akan dikenakan biaya masuk, hanya saja harus membayar untuk biaya parkir sebesar Rp 3.000-Rp 5.000.

4. Gumuk Pasir Rantebua

Gumuk Pasir Rantebua (IG @umrah_mawaddah)

Tana Toraja selalu membuat kita takjub akan kekayaan alam dan budayanya. Salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Tana Toraja adalah Gumuk Pasir Rantebua. Gumuk Pasir Rantebua juga sering disebut dengan nama Gumuk Pasir Sumalu karena letaknya berada di Kota Rantepao, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara. Gurun pasir yang ada di sini terlihat sangat eksotis karena warna pasirnya cenderung hitam gelap. Hamparan pasirnya bergelombang layaknya perbukitan yang tinggi sehingga kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk berjalan naik turun di sini. Tekstur pasir di sini cukup padat sehingga saat kamu menginjakkan kaki, pasirnya tidak akan mudah turun ke bawah.

5. Padang Pasir Oetune

Padang Pasir Oetune (IG @lensa_ntt)

Terakhir ada Padang Pasir Oetune yang berada di dekat Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur. Jadi nantinya kamu akan merasakan sensasi padang pasir dengan pemandangan latar lautan luas. Jika eksotisnya pasir di Gumuk Pasir Rantebua cenderung berwarna hitam gelap, pasir di Padang Pasir Oetune berwarna cokelat gelap. Sekilas warna padang pasir di sini mirip dengan padang pasir yang ada di Mesir. Untuk sampai ke kawasan ini, kamu harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan selama kurang lebih 2,5-3 jam dari Kupang, NTT. Tiket masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki kawasan wisata ini hanya Rp 3.000 saja.

Dari kelima gurun pasir yang ada di atas, kamu lebih tertarik ingin datang ke lokasi yang mana?

(rei)