Masih Sepi dan Asri, Telaga Rawa Gede Bogor Cocok Buat Kamu yang Ingin Santai dan Menikmati Alam


Telaga Rawa Gede (Instagram)

Berwisata akhir pekan di Bogor jangan hanya berkutat di kotanya saja. Cobalah menjelajahi daerah-daerah perbatasan yang menyimpan pesona alam luar biasa. Masih banyak keindahan alam yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya cobalah datang ke Telaga Rawa Gede yang penuh ketenangan.

Telaga Rawa Gede adalah danau alami besar yang berlokasi di Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keindahannya dikelilingi perbukitan, sawah, juga curug di kawasan Sukamakmur.

Telaga Rawa Gede (Instagram)

Berkunjung ke sini memang lebih sulit dijangkau ketimbang wisata di kota, seperti Kebun Raya Bogor ataupun Istananya. Namun, kamu akan dapat kesan tersendiri mengenai indahnya alam Kabupaten Bogor.

Sejauh mata memandang, di sekeliling telaga, kamu akan disajikan pepohonan hijau, sesekali terdapat sawah yang ditanami sayuran, lalu air terjun kecil, dan warna warni pepohonan yang ditanam warga. Suasana yang tersaji amat sejuk, mirip di kawasan Puncak dengan dinginnya angin yang berhembus kencang. Bunyi kolecer di puncak-puncak bukit pun menghiasi pendengaran akibat hembusan angin sejuk yang terus berhembus.

Telaga Rawa Gede (Instagram)

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, salah satunya adalah memberi makan ikan. Danau alami ini memiliki banyak ikan, sehingga kamu bisa memancingnya dengan pancingan yang kamu bawa sendiri, karena warung-warung warga sekitar belum menyewakan fasilitas pancingan. Kamu juga bisa berendam, tetapi bukan di danaunya melainkan di kolam bawah air terjun kecil alias curug yang ada di sisi telaga. Airnya amat segar dan dingin karena langsung dari pegunungan Puncak, Bogor.

Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah mengarungi danau dengan menyewa kapal dengan harga Rp 10 ribu per orang untuk sekitar 25 menit perjalanan. Setelah puas mengarungi danau, kamu bisa foto-foto di beberaa spot, seperti di sekitar curug kecil, berupa taman-taman bunga. Selain itu juga banyak sudut-sudut menarik untuk dijadikan latar berfoto, seperti pesawahan sayuran, spot jembatan air mancur, hingga di kapal-kapal warga.

Telaga Rawa Gede (Kompas)

Jika kamu nggak ingin memancing atau berendam, kamu juga bisa sekadar bersantai di tempat ini. Menikmati keheningan di tengah keindahan alam Telaga Rawa Gede merupakan hal yang paling nikmat dilakukan di sini. Karena selain keindahan alamnya, wisata ini amat tenang dan wisatawannya pun nggak membeludak seperti destinasi wisata Bogor lainnya seperti Kebun Raya Bogor.

Jika kamu ingin ke sini dari Jakarta menggunakan mobil, kamu bisa melewati tol Jagorawi. Keluar tol, masuk Citereup, lalu ambil arah Kecamatan Sukamakmur. Setelah melewati kantor kecamatan, maka kamu tinggal menanjaki perbukitan sebelum sampai di telaganya.

Telaga Rawa Gede (Kompas)

Bagi yang ingin menggunakan motor dari Jakarta, bisa melalui kawasan Cibubur dan Jonggol, Kabupaten Bogor. Setelah itu masuk jalur alternatif menuju Cipanas Puncak, dan nggak lama sampai di desa Sirna Jaya, Kabupaten Bogor.

Buat kamu yang ingin mencari ketenangan, nggak usah jauh-jauh ke luar pulau, cukup ke Bogor saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak