Ilustrasi gempa di gedung (Tribunnews)

Hari Selasa lalu, Jakarta dan sekitarnya dilanda gempa bumi. Gempa yang berpusat di Lebak, Banten ini terjadi pada pukul 13.34 WIB.  Efek dari gempa ini akan lebih kuat jika kita berada di dalam gedung tinggi seperti di kantor atau di pusat perbelanjaan. Kamu nggak usah panik jika gempa terjadi saat kamu berada dalam gedung tinggi. Berikut ini 5 tips menyelamatkan diri saat gempa ketika berada dalam gedung.

1. Jangan langsung jalan atau berlari keluar gedung

Keluar gedung saat gempa (Okezone)

Langsung berjalan atau berlari saat gempa bumi terjadi sangatlah berbahaya. Lantai atau tanah sedang berguncang. Sejumlah studi di Jepang menunjukkan, berjalan atau berlari, bahkan hanya tiga meter saat gempa bumi secara signifikan akan meningkatkan risiko cedera. Sebaiknya kamu diam dulu di satu tempat sejenak.

2. Cari tempat berlindung

Berlindung di bawah meja (Klikpositif)

Saat gempa terjadi dan kamu masih berada dalam gedung, coba kamu cari benda yang bisa melindungi kamu, seperti berlindung di bawah meja. Selain itu kamu juga harus berpegangan pada sesuatu yang kuat. Jika nggak ada tempat berlindung, maka kamu harus jongkok dan ambil posisi meringkuk sambil melindungi kepala kamu.

3. Jangan dekat-dekat jendela

Kaca pecah akibat gempa (Detik)

Kamu disarankan untuk menjauhi benda seperti kaca, jendela, atau benda-benda ringan lain yang mudah jatuh seperti lampu di langit-langit, karena bisa saja saat terjadi gempa, benda atau kaca itu malah jatuh dan menimpa kamu, dan malah membuat kamu jadi terluka.

4. Duduk dan berpegangan saat di tangga

Di tangga saat gempa (Tribunnews)

Jika kamu kebetulan sedang berada di tangga, sebaiknya duduklah sebentar dan berpegangan. Pertahankan posisi kamu itu sampai gempa benar-benar berhenti, baru kamu boleh menuruni tangga untuk keluar dari gedung.

5. Jauhi lift atau elevator

Tombol alarm di lift (Wikimedia)

Menaiki lift saat gempa adalah hal yang keliru untuk dilakukan, karena bisa menambah risiko bahaya lift-nya terjatuh. Namun ketika kamu lagi apes berada di lift ketika merasakan getaran gempa, tekanlah semua tombol. Tekan pula tombol alarm atau tombol darurat jika ada. Saat lift berhenti dan pintu terbuka, langsung keluar, lihat keamanannya dan mengungsilah.

Itulah 5 tips untuk menyelamatkan diri saat gempa ketika kamu berada di dalam gedung tinggi. Yang perlu diingat, jangan panik. Semoga JB’ers semua selalu diberikan keselamatan. (tom)