Nagita dan ibu Raffi Ahmad (Instagram)

Nggak seperti ekstrovert yang bisa langsung akrab dengan orang asing dalam waktu singkat, orang yang introvert lebih sulit untuk cepat akrab dengan orang lain, apalagi orang yang baru ditemuinya. Mereka membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dan bisa terbuka. Begitu pula halnya jika bertemu dengan orangtua dari pacar alias calon mertua, orang introvert akan sulit untuk bisa mendekat atau akrab ke camer. Lalu, cara apa yang bisa digunakan jika introvert ingin mendekatkan diri ke calon mertua? Berikut 5 caranya.

1. Buka percakapan dengan orang yang bikin kamu nyaman

Donna Harun dan Herfiza (Instagram)

Meskipun kamu lebih nyaman untuk sendiri, tapi kurangi kebiasaan ini saat kamu sedang ada di rumah pasangan. Beri kesan baik dengan mencoba untuk membaur. Coba dekati salah satu keluarganya yang membuatmu paling nyaman. Kamu bisa mengajak ngobrol adiknya, sepupunya, keponakan, atau tantenya. Cari topik percakapan yang ringan saja dahulu supaya kamu bisa mengakrabkan diri dengan mereka.

2. Usahakan selalu ramah

Hamish Daud dan ayah serta kakak Raisa (Instagram)

Mungkin kamu nggak terbiasa untuk selalu mengajak bicara dan cepat akrab dengan anggota keluarganya. Tapi kamu bisa selalu membiasakan diri untuk tersenyum ramah. Hal ini akan membuat keluarganya merasa dihargai.

3. Bayangkan jika camer adalah keluargamu sendiri

Keluarga Gading Marten (Serumpi)

Untuk membantumu mengakrabkan diri dengan ayah dan ibu pasangan, bayangkan saja bahwa mereka adalah anggota keluarga dekatmu. Hal ini bakal membantumu untuk meminimalisir rasa malu atau sungkan.

4. Niatkan dalam hati untuk membuat progress begitu bertemu camer

Teuku Wisnu dan mertua (Instagram)

Memang nggak mudah untuk introvert yang pendiam supaya cepat akrab dengan orang lain. Namun, kamu bisa melakukannya dengan perlahan. Pertama buatlah komitmen pada diri sendiri dan buat kemajuan kecil yang harus kamu capai setiap kali bertemu dengan mereka, misalnya ngobrol dengan mereka jadi makin lama tiap pertemuan. Cara sederhana ini ampuh untuk menuntunmu keluar dari zona nyaman dan berani mengakrabkan diri dengan mereka.

5. Minta bantuan pacar

Keluarga Rinni Wulandari dan Vanesha Prescilla (Instagram)

Kamu juga bisa meminta pasangan untuk ikut ambil peran supaya kamu cepat akrab dengan orangtuanya. Misalnya saja ikut memasukanmu ke dalam obrolan dan menceritakan kebaikanmu di depan ayah dan ibunya. Selain memberikan image baik, hal ini akan membantumu cepat dekat dengan mereka.

Buat kamu yang introvert, dengan mengikuti cara di atas, cepat atau lambat kamu pasti akan akrab dengan calon mertua kamu. Tetap semangat dan jangan putus asa. (tom)