Pulau Pagang (Instagram)

Selain terkenal akan kulinernya, Sumatera Barat, atau lebih tepatnya Padang, juga punya wisata pantai dan pulau dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Salah satunya adalah Pulau Pagang.

Nama Pulau Pagang ini memang sepertinya belum banyak dikenal oleh para traveler. Pagang atau Pulau Pagang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Lokasinya tak jauh dari Pulau Sikuai yang cukup familiar di kalangan para traveler.

Untuk bisa ke sini, kamu bisa memilih satu dari dua jalur. Pertama, dari Kota Padang. Carilah angkot jurusan Pelabuhan Muaro, trus sampai di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor untuk membawamu ke Pulau Pagang. Durasi penyeberangan juga nggak lama, hanya sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Pulau Pagang (Instagram)

Kedua, lewat Kabupaten Pesisir Selatan. Dari pusat kota naik angkot atau taksi ke Pelabuhan Carocok Tarusan, trus di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor bapak-bapak nelayan yang akan mengantarmu ke Pulau Pagang dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Tarif sewa perahu motor, baik di Pelabuhan Muaro maupun Pelabuhan Carocok cukup bervariasi dan amat tergantung dari keahlianmu bernegosiasi alias menawar. Jika ingin lebih urah, kamu bisa gabung dengan rombongan lain yang kebetulan juga ingin menyebrang ke Pulau Pagang.

Pulau seluas 10 hektar ini punya pantai berpasir putih yang empuk dan hangat, pohon nyiur melambai mendominasi hutan kecil yang masih alami. Alam yang dikelilingi perairan berwarna biru jernih nan tenang dan gugusan terumbu karang yang terpelihara, membuat Pulau Pagang menjadi incaran mereka penghobi snorkeling, atau sekedar ingin merasakan sensasi berenang di laut lepas.

Pulau Pagang (Instagram)

Pulau Pagang yang cantik dan lengang ini cocok banget buat kamu yang hobi jalan-jalan tapi nggak suka keramaian. Atau jika kamu pengen seru-seruan sama teman-teman satu geng tanpa diganggu dan mengganggu siapapun.

Dijamin kamu nggak akan lupa rasanya hidup di Pulau Pagang, pulau dengan perkampungan terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota. Kamu mungkin hanya akan mendengar suara debur ombak sepanjang hari, dan jangan harap bisa nonton TV atau mengutak-atik gadget karena listrik di Pulau Pagang sangat terbatas, apalagi internet, jangan harap kamu bisa akses medsos kamu. Air bersih cukup melimpah meski rasanya sedikit asin atau payau.

Meski minim fasilitas, ada kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini yang nggak kalah seru, yaitu berkenalan dengan warga penghuni Pulau Pagang. Dari situ, siapa tahu kamu akan diajak menangkap ikan atau bersedia mengantarmu trekking ke bukit kecil di tengah pulau.

Pulau Pagang (Instagram)

Penduduk yang tinggal di Pulau Pagang memang nggak banyak, tapi mereka cukup ramah kok sama wisatawan. Jika kamu pandai mengambil hati, mungkin mereka akan mengundangmu makan bersama menikmati kuliner khas Pulau Pagang, yaitu ikan laut bakar plus nasi hangat dan sambal. Semua itu bisa kamu dapat dengan gratis, namun jangan terlalu berharap untuk bisa mendapatkannya dengan mudah.

Kesimpulannya, jika kamu ingin mencari destinasi wisata yang tenang dan nggak banyak pengunjung lainnya, Pulau Pagang bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib masuk daftar tujuan wisata kamu. (tom)