Film Posesif (Duniaku)

Namanya manusia, pasti memiliki sifat atau watak yang berbeda-beda. Pacar kamu pun jelas memiliki sifat yang berbeda dengan kamu. Kamu beruntung jika memiliki pacar dengan sifat yang membuat kamu nyaman, namun bagaimana jika pacar kamu memiliki sifat posesif? Sifat posesif ini bisa jadi merupakan sumber pertengkaran kamu. Nah, biar nggak bertengkar terus, berikut 5 cara ampuh mengatasi pacar kamu yang posesif.

1. Yakinkan padanya bahwa dia cuma satu-satunya di hatimu

Adipati Dolken dan Putri Marino (Grid)

Sikap posesif yang dimiliki pacar kamu itu dikarenakan dia merasa insecure, alias ragu apakah kamu benar-benar mencintainya atau nggak. Dari sini, dia pun jadi cemburuan jika kamu dekat dengan orang lain, takut kamu akan berpaling darinya. Nah, untuk meminimalisir hal ini kamu bisa meyakinkannya bahwa dia adalah satu-satunya yang ada di hatimu. Dengan begini, hati pacar kamu akan lega dan tenang, dan dia bisa mengurangi rasa cemburunya yang berlebihan itu.

2. Wajib mengenalkan semua teman-temanmu

Ilustrasi teman-teman (Pixabay)

Kenalkan dan masukkan dia ke dalam lingkup pergaulanmu bisa jadi langkah selanjutnya. Biarkan dia tahu seperti apa teman-temanmu, jadi jika suatu saat kamu bakal pergi dengan teman-temanmu tanpa kehadiran pacarmu, pacarmu sudah tahu kamu pergi dengan siapa, sehingga dia bisa menghilangkan kecurigaan dan kekhawatirannya yang berlebihan.

3. Hati-hati dengan apa yang kamu ceritakan

Ilustrasi pasangan (Flickr)

Memang kejujuran perlu diutamakan di dalam hubungan. Namun, biasanya pasangan yang punya sikap protektif dan cemburu berlebihan bakal negative thinking duluan. Dalam hal ini, kamu harus mem-filter tentang apa yang ingin kamu ceritakan ke pacar kamu. Bukan bermaksud berbohong, hanya saja supaya nggak memperkeruh suasana.

4. Sedikit menyindir

Adegan film Posesif (Kanal247)

Kamu juga bisa menyindir pasangan secara halus. Caranya, ceritakan kepadanya bahwa kamu memiliki teman atau pacarnya teman yang memiliki sikap cemburuan, posesif dan selalu mengekang pasangannya. Ceritakan bagaimana menderitanya pasangan dari orang yang memiliki sikap posesif berlebihan. Sedikit demi sedikit pasti pasanganmu bakal merasa dan akan sadar bahwa sikapnya selama ini sudah berlebihan.

5. Tegas katakan bahwa sikapnya ini membuatmu nggak bahagia

Ilustrasi pasangan berpisah (Pixabay)

Kamu perlu mengambil sikap tegas untuk membuatnya tahu bahwa sikapnya ini kekanak-kanakan. Katakan padanya bahwa membatasi gerak-gerikmu nggak akan membuatmu merasa bahagia. Justru harusnya ada rasa saling percaya di antara kalian berdua agar hubungan tetap harmonis.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi pacar kamu yang posesif. Jika masih belum berhasil, ada baiknya kalian sementara mengambil waktu untuk tak saling berkomunikasi. Hal ini dilakukan agar kamu dan dia bisa saling introspeksi diri. (tom)