Ollon Bonggakaradeng (Ruangbaca)

Jika membahas destinasi wisata dalam negeri, nggak bakal ada habisnya. Pasalnya, di Indonesia ini banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, dari wisata alam hingga wisata religi. Dari semua wisata alam yang ada di Indonesia, wisata alam di Sulawesi Selatan juga nggak bisa kamu lewatkan begitu saja. Dengan panorama alam yang indah, beberapa di antaranya disebut sebagai surga dunia. Di mana saja? Berikut 5 spot surga dunia di Sulawesi Selatan.

1. Air Terjun Bantimurung Gallang, Kabupaten Gowa

Air Terjun Bantimurung Gallang (Instagram)

Air Terjun Bantimurung Gallang berada tepat di bawah kaki Gunung Buhung Langit yang berarti Puncak Langit. Air terjun ini terdapat di pedalaman Desa Pao, Kecamatan Tombolopao, Gowa. Jaraknya yang nggak jauh dari kota Malino membuat air terjun ini selalu ramai oleh para pengunjung baik dari masyarakat sekitar maupun dari perkotaan. Air terjun ini nggak hanya memiliki udara sejuk dan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki posisi yang cukup unik karena menghadap langsung ke arah terbitnya matahari, sehingga selalu membiaskan pelangi di pagi hari.

2. Rammang-rammang, Maros

Rammang-rammang (Instagram)

Objek Wisata Desa Rammang Rammang Maros saat ini mulai dikenal oleh khalayak luas sehingga dilirik sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Maros, Makassar. Rammang-rammang merupakan kawasan pegunungan kars (batu kapur) yang konon dikatakan sebagai gunung kars terluas di dunia setelah Tsingy di Madagaskar serta Shilin di Tiongkok. Oleh sebab itulah maka Rammang-rammang ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia terhitung sejak 2001.

3. Bendungan Pannampu, Kabupaten Maros

Bendungan Pannampu (Instagram)

Masih dari Maros, kali ini ada bendungan yang dikelilingi oleh batuan kars. Bendungan ini bernama Bendungan Pannampu. Tempat ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga wajar jika tempat ini lebih sepi dibandingkan tempat wisata lainnya. Sisi positifnya, kamu bisa berfoto-foto sebebas mungkin di kawasan ini. Banyak spot foto yang kece untuk memperindah feed Instagram kamu, misalnya seperti foto di atas.

4. Gunung Pasir, Toraja Utara

Gunung Pasir di Toraja Utara (Instagram)

Gunung Pasir, atau disebut juga Gumuk Pasir, terletak di sebuah daerah terpencil Sumalu di Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara. Setibanya di Gumuk Pasir ini, kamu akan disapa dengan hamparan pasir yang bergelombang layaknya perbukitan. Saat kaki berpijak di padang pasir, kamu akan mendengar bisikan angin dari setiap celah lembahnya. Keindahan tempat ini ditambah dengan hijaunya pemandangan alam serta hamparan sawah di sekitar gumuk pasir tersebut. Yang istimewa dari Gumuk Pasir Toraja adalah bentuknya yang sangat padat. Gumuk pasir seperti ini cuma ada empat di dunia lho. Dua di antaranya ada di Indonesia, yakni di Yogyakarta dan di Toraja Utara ini.

5. Ollon Bonggakaradeng, Toraja

Ollon Bonggakaradeng (Instagram)

Secara administrasi, Ollon terletak di Kecamatan Bonggakaradeng yang memiliki kontur wilayah berliku-liku. Sebelum mendadak berubah jadi destinasi wisata yang digandrungi oleh banyak orang. Kawasan Ollon adalah lokasi peternakan dan perkebunan. Warga setempat banyak mengelola lahannya untuk dijadikan kebun dan memanfaatkan tanah lapangnya untuk angon sapi dan juga kuda. Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan yang indah, bermain di sungai yang mengalir di bawah, atau mengunjungi peternakan kuda.

Itu tadi daftar pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi saat berencana berlibur ke Sulawesi Selatan. Yang perlu diingat, jangan membuang sampah sembarangan saat kamu berkunjung ke 5 tempat di atas, atau di mana pun, karena itu bisa mengurangi keindahan alam yang sudah Tuhan berikan untuk kita. (tom)