Captain America (Gizmodo)

Bicara tentang superhero Marvel, atau Avengers, pasti nama Captain America bakal muncul di pikiran kamu. Selain Captain America, kamu mungkin juga tahu tentang Captain Marvel, superhero cewek yang bakal dibuatkan film layar lebarnya. Rupanya, selain dua Captain itu, Marvel punya kapten-kapten lainnya, yang mungkin belum kamu tahu. Penasaran? Berikut 5 di antaranya.

1. Captain Britain

Captain Britain (Smash)

Jika Captain America berasal dari Amerika Serikat, maka sesuai namanya, Captain Britain ini berasal dari Inggris. Sosok di balik Captain Britain ini adalah cowok bernama Brian Braddock. Brian sebenarnya merupakan mahasiswa biasa, sampai suatu ketika diserang oleh sekelompok penjahat bernama Reaver. Saat berusaha kabur, Brian mengalami kecelakaan dan hampir meninggal. Saat itulah, nyawa Brian diselamatkan oleh penyihir Merlyin dan putrinya Roma. Dengan memilih Amulet of Right, Brian pun berubah menjadi Captain Britain, lengkap dengan kostum dan kekuatan supernya.

2. Captain Midlands

Captain Midlands (Comicvine)

Captain Midlands bisa dibilang identik dengan Captain America. Bahkan, eranya pun nggak berjauhan. Bedanya, Captain Midlands nggak membeku seperti Captain America. Karena itulah, Captain Midlands memiliki fisik orang tua berumur 80 tahunan, namun dengan kekuatan super. “Rambling” Sid Ridley adalah sosok di balik Captain Midlands. Dalam program Super Soldier pada awal tahun 1940-an, kekuatan, stamina dan ketangkasan fisiknya berubah drastis hingga puncak kapasitas manusia. Hal tersebut memungkinkan dirinya untuk bertempur sebagai British Super Soldier selama Perang Dunia II.

3. Captain Universe

Captain Universe (Worldofblackheroes)

Berbeda dengan tokoh Marvel lainnya, Captain Universe ini bisa dibilang nggak memiliki identitas asli. Captain Universe sebenarnya merupakan kekuatan yang berasal dari luar angkasa bernama The Uni-Power, yang kemudian bisa merasuki tubuh seseorang, dan mengubahnya jadi Captain Universe. Captain Universe sendiri telah merasuki beberapa tokoh Marvel, di antaranya adalah Doctor Strange dan Bruce Banner alias Hulk.

4. Captain Canuck

Captain Canuck (YouTube)

Layaknya Captain America yang berasal dari Amerika Serikat dan Captain Britain yang berasal dari Inggris, Captain Canuck ini berasal dari Kanada. Hal ini terlihat dari gambar daun merah bendera Kanada, yang terdapat di kostumnya. Identitas asli dari Captain Canuck ini adalah Tom Evans, yang terpilih melalui CISO (the Canadian International Security Organization) untuk menjaga perdamaian. Hal ini dikarenakan Tom memiliki kekuatan fisik dan mental yang nggak tertandingi. Dari situ, Tom pun dilatih untuk menjadi agen super.

5. Captain Spain

Captain Spain (Comicvine)

Sesuai namanya, Captain Spain ini berasal dari Spanyol. Identitas asli dari Captain Spain ini adalah Carlos Fraile. Carlos Fraile adalah salah satu anggota E.D.I. Excalibur-Class Super-Soldiers selain dua Captain Britain, Brian dan Jamie Braddock, Captain Italy dan Captain France. Meski terlihat lemah, namun kekuatan Carlos melebihi manusia biasa, bahkan hingga ke kekuatan yang nggak terbatas. Diketahui tulang dan otot Carlos lebih padat dan lebih keras dari manusia biasa.

Itulah 5 kapten lain selain Captain America dan Captain Marvel. Jika nanti salah satunya bakal dibuatkan film layar lebar, mana yang akan kamu pilih? (tom)